Site icon #MENULISdapatuang

PII Gandeng IDI untuk wujudkan RI Mandiri di Bidang Kesehatan

PII Gandeng IDI untuk wujudkan RI Mandiri di Bidang Kesehatan. Alkes diimpor dari luar negeri, nilainya mencapai Rp35 triliun. Pada kurun waktu yang sama, belanja produk dalam negri hanya mencapai 12 persennya saja, setara dengan Rp5 triliun. Sementara pada kurun waktu Mei 2020 hingga Mei 2021, nilai impornya mencapai Rp12,5 triliun.

Pandemi ini membuka pentingnya peran insinyur, dalam mendukung para dokter, sehingga kedua-duanya bisa menjadi pilar utama dalam perang melawan pandemi. Kolaborasi Insinyur dengan dokter adalah prasyarat mutlak bagi kemandirian industri Kesehatan nasional

Tidak mudah untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Menurut Heru, target idealnya adalah meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) alkes, sebesar lima persen setiap tahunnya.

Dan Alkes hasil inovasi anak negeri terkadang tidak begitu di butuhkan oleh rumah sakit sehingga tingkat penyerapannya rendah.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih mengatakan, pihaknya akan berupaya menanggulangi ketergantungan indonesia terhadap alkes luar negeri.

Daeng menutur kan alkes hasil inovasi anak negeri terkadang tidak begitu dibutuhkan oleh rumah sakit sehingga tingkat penyerapan nya rendah.

alkes hasil inovasi anak negeri juga memiliki permasalahan di bidang standarisasi, dan harganya tidak bersaing.

Oleh karena itu, PII bekerja sama untuk menanggulangi permasalahan kesehatan di Indonesia, dengan cara menyelenggarakan kegiatan learning center, sebagai upaya membekali para insinyur dalam menghadapi masa pandemi Covid- 19.

Sementara itu riset dan pengembangan masker kain hibrida dalam negeri, dengan efisiensi filtrasi setara dengan masker N95. Melaksanakan pemasangan teknologi sterilisasi udara dan permukaan, di fasilitasi transportasi umum seperti Trans Jakarta, MRT dan KCI menggunakan teknologi Ozone Nanomist

“Kami akan membantu mendampingi, kira-kira alat kedokteran seperti apa yang dibutuhkan,” terangnya.

Nah itu lah sedikit ulasan mengenai PII Gandeng IDI untuk wujudkan RI Mandiri di Bidang Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk para readers. Boleh juga nih catat hal-hal yang pentingnya juga. Jangan lupa bagikan artikel ini guys

Terima kasih

See you guys hehe

https://indonews.id/mobile/artikel/317489/Mengenal-Heru-Dewanto-Alumnus-SMA-Negeri-3-Jakarta-Dipercaya-Jadi-Ketua-PII/