Site icon #MENULISdapatuang

PII: Bakal Wujudkan RI Mandiri di Bidang Kesehatan

Impor alat kesehatan terbilang cukup besar dan menjadi perhatian banyak pihak, tak terkecuali PII. PII atau Persatuan Insinyur Indonesia bakal wujudkan RI mandiri di bidang kesehatan.

Heru Dewanto sedang menjelaskan tentang perwujudan alat kesehatan dari PII

Halo gays..

Balik lagi nih sama aku di artikel rindiani

Setelah sekian lama tidak bertemu akhirnya kita dapat berjumpa lagi di artikel aku saat ini.

Nah di artikel kali ini aku mau nulis tentang kinerja Persatuan Insinyur Indonesia yaitu perwujudan RI di bidang kesehatan.

Ga usah lama lama langsung aja yuk.

PII: Bakal Wujudkan RI Mandiri di Bidang Kesehatan

Dari data e-katalog 2019 hingga Mei 2020. Diketahui 80% alkes diimpor dari luar negeri, nilainya mencapai Rp 35 triliun. Pada kurun waktu yang sama, belanja produk dalam negeri hanya Rp 5 triliun saja.

“Pandemi ini membuka pentingnya insinyur, dalam mendukung para dokter, sehingga kedua-duanya bisa menjadi pilar utama dalam perang melawan pandemi. Kolaborasi insinyur dengan dokter adalah prasyarat mutlak bagi kemandirian industri Kesehatan nasional”. Ungkap Heru Dewanto pada Jumat, 18 Juni 2021, Jakarta.

Heru sangat menyayangkan sekali akan ketergantungan Indonesia terhadap alkes dari luar negeri. Maka dari itu PII berkomitmen untuk membuat learning center tidak lain yaitu untuk menanggung permasalahan kesehatan saat ini.

“Kami juga sudah melakukan riset dan pengembangan masker kain hibrida dalam negeri, dengan efesiensi filtrasi setara dengan masker N95. Melaksanakan pemasangan teknologi sterilisasi udara dan permukaan, di fasilitasi transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, dan KCI menggunakan teknologi Ozone Nanomist,” ujarnya.

Ia mengakui tidak mudah untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Menurut Heru, targetnya adalah untuk meningkatkan TKDN alkes sebesar 5% setiap tahunnya.

Sementara itu, ketua umum Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Daeng Mohammad Faqih mengatakan, pihaknya akan berupaya menanggulangi ketergantungan Indonesia terhadap alkes luar negeri.

Baca juga

Ketenagakerjaan : Pengertian, Peraturan, Serta Masalahnya

Perekonomian Indonesia

Kesimpulan

Itulah tujuan PII saat ini yaitu mewujudkan negara Indonesia menjadi mandiri di bidang kesehatan dan tidak mengimpor lagi alkes dari luar negeri.

Heru Dewanto adalah sosok manusia yang patut kita contoh karena ia memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat luar biasa dan bisa berdampak baik bagi nusa bangsa.

Sumber: http://industrycoid