Site icon #MENULISdapatuang

10++ Pertanyaan Tentang Komunikasi ke Om Tante yang Udah Nikah 30 Tahun

10++ Pertanyaan Tentang Komunikasi ke Om Tante yang Udah Nikah 30 Tahun karya cristina gottardi-unsplash

Salam #MasBro #MbakBro

Topik : Komunikasi
Sharing sama Om dan Tante yang udah menikah 30 tahun
1. Dasar
Komunikasi adalah dasar dalam sebuah hubungan
2. Komunikasi akan terus bertumbuh
Mulai dari sesama pasangan, lalu berkembang sama mertua dan besan
3. Pengalaman Dari senior
a. Karna ada anak makanya masih bertahan
b. Satu rumah tapi suami ga tinggal bareng
4. Nikahnya mau dibawa kemana?
a. Pernikahan seperti wine
Makin lama nikahnya ya makin baik
Ga cuma untuk berdua tapi juga untuk orang lain
b. Nikah semakin lama semakin intim

10++ Pertanyaan Tentang Komunikasi ke Om Tante yang Udah Nikah 30 Tahun

1. Gimana caranya biar ada rasa aman saat berkomunikasi?

Komunikasi jangan kek karate ada balas2an pukul
Nikah bukan soal menang dalam komunikasi
Trus kalo udah menang kenapa?
Komunikasi ga bisa dituntut
Cerita dong
Komunikasi justru perlu dibangun
Biar ada kenyamanan untuk cerita

Kalo anak salah, dia berani ga cerita?
Kalo berani bagus
Kalo ga berani, berarti ada yang salah dalam hubungan sama anak.

Bukan apa yang kita katakan yang perlu
Tapi gimana kita mengatakannya?
Isi alkitab tapi caranya salah

2. Cara menciptakaan kenyamanan itu seperti apa?

Contoh kasusnya gimana?
Jangan gunakan pernyataan tapi gunakan pertanyaan
Jangan menghakimi tanya dulu kenapa biar tau pendapat dari lawan komunikasi.
Pelajaran belasan tahun nikah
a. Kita harus setuju untuk mendengar sampe pasangan kita puas. Kita mengerti apa yang mau disampein pasangan.
Bukan berarti dia bener ato ga, bukan setuju ato ga
Tapi soal menghargai gimana didengerin
Ada keterbukaan atas poin masing2
Khususnya saat ada konflik ini penting.
b. Ada kesepakatan untuk segala sesuatu dikembalikan sama kehendak Tuhan.

3. Kalo ga nemu solusi tuh gimana?

Sementara ya agree to disagree dulu
Lalu cari upaya buat dapat kesepakatan
Tapi ada waktu kadang2 ternyata masalah itu ga penting-penting banget.
Pengalaman yang sering bikin masalah
a. Tante bahas Pendidikan anak tapi Om belum bisa respon
Tante malah anggap Om ga peduli
Padahal Om perlu waktu untuk merespon
b. …

4. Apa yang dulu jadi masaah tapi seiring waktu malah dianggap akhirnya ga penting?

Cara komunikasi, saat pendapatnya dipertanyakan
Itu bisa jadi masalah
Sensitif sama cara penyampaiannya
Eh setelah lama baru sadar kalo cara komunikasi itu ga perlu dipermasalahin
Malu mengakui

5. Pengalaman pacaran dulu. Apa kata-kata yang perlu dihindari?

a. Kamu ga pernah
b. Selalu
c. Paling
d. Compare
Jangan membandingkan

6. Pengalaman pacaran dulu. Komunikasi dimasa-masa telepon ga ada?

Pengalaman saat LDR
Swiss – Indonesia
Semarang – Jakarta
Anak2 sekarang beruntung dibantu sama komunikasi

7. Gimana cara menyampaikan sesuatu biar ga melukai ego pasangan?

Jawaban Tante
Turunkan nada dari pasangan
Meski sulit memulai tapi usahain untuk ngomong atas apapun
Dan ga usah dipikir mudah
Bahkan udah menikah 30an pun bisa aja kebiasaan lama terulang
Jawaban Om
Kasih peringatan
Boleh ga kasih pandangan lain?
Peringatan sama cowok2, Tante cemburu sama Papa Mama Om
Kok cemburu sama orangtua? Kalo sama cewek lain masih masuk akal sih
Kalo sama orangtua bisa ketawa2 bebas
Kalo sama Tante dikit2 udah motong obrolannya
Dan perlu merespon dengan lembut
Om suka ga sabaran
Hormati pendapat dari pasangan
Jawaban Tante
Memang harus disadari yang kuat menindas yang lemah
Pemimpin kan punya kuasa
Tapi kadang2 istri juga punya kesempatan memberikan peringatan
Meski istri kurang pengalaman, kurang ilmu
Jangan sampe istri merasa ga dianggap penting
Jawaban Om
Sebagai kepala keluarga
Kadang2 kan punya keputusan salah
Jangan diomongin rasain lu
Jawaban Tante
Apapun keputusannya
Untung dan rugi jalani sama2
Terima
Ga usah salah2an
Jawaban Tante
Pengalaman rumah tangga Om
Ga punya pengalaman usaha dan kerja
Tapi sering keputusan besar bisnis datang dari Mama
Saya rasa ini …
Jangan pake rasa2 deh, makanan bisa dirasa. Tapi keputusan bisnis.
Eh Si Bapaknya Om ambil keputusan sendiri.
Dan ternyata keputusan Bapaknya Om salah
Jadinya selanjutnya Mamanya Om dapat kepercayaan besar

8. Daritadi kan komunikasi 2 arah. Gimana dengan komunikasi yang libatin pihak ketiga? Misalnya anak ato orangtua

Kalo ada komunikasi dengan orangtua pasangan
Silahkan pasangan yang komunikasi langsung
Begitu pun sebaliknya
Terbukti itu sangat membantu

9. Kalo ada masalah harus buru-buru diselesaiin?

Ga harus
Butuh waktu untuk tenang
Bukan soal waktu
Tapi lebih ke ngerti permasalahan ini perlu untuk diselesaiin
Jangan buru2
Tapi bukan jadi alasan buat lupain masalah

10. Batasan komunikasi orangtua sama relationship anak?

Biasanya Mama yang bertanya
Papa jarang bertanya
Tergantung sama orangtua masing2
Tapi baiknya ga perlu terlibat banyak tapi tetep diawasi

11. Komunikasi kan ada hubungan sama bahasa kasih. Pernah miss komunikasi ga soal bahasa kasih? Contohnya?

Bahasa kasih lebih ke membangun hubungan
Kalo komunikasi ranahnya berbeda
Pernah ada kasus
Om lagi training ke Swiss trus ada main ke jerman, francis
Beli2 post card
Eh cuma diletakin di meja karna bahasa kasihnya bukan gift

12. Kapan itu ambil keputusan salah. Dalam kasus apa? Gimana cara meresponi?

Pesan Om Tante Untuk pasangan muda

1. Tante
Ga ada pasangan dengan sengaja menyakiti
CUma kadang caranya salah
Keduanya saling mengasihi dengan cara masing-masing
Bertumbuh terus
2. Om
a. Lemah lembut (Meekness)
Jangan ada rasa ga dihargai, ga dianggap rendah
Jadiin Yesus contoh, Dia punya kuasa untuk melakukan hal2 besar saat ada yang ga taat sama dia
Tapi dia tetep lemah lembut sama orang lain
b. Rendah hati
Selalu evaluasi diri saat hal apapun
Jangan menghakimi
Apa yang Tuhan lagi mau ajarin ke saya

Google mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya
Disini #MasBro #MbakBro bisa meminta dicariin informasi apapun … hmm yang positif
Silahkan ngobrol sama kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Om Edhi dan Tante Yosephin

Kata kunci yang sering dicari
komunikasi,