Perekonomian Indonesia Kala Masa Pandemi

👁️6x   💬0 🕗03:24 menit

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Pandemi Covid-19 sudah setahun lebih berasa di Indonesia sejak pemerintah mengonfirmasi kasus virus Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia pada 2 Maret 2020. Tak hanya merugikan Indonesia dalam bidang kesehatan, Covid-19 ini juga sangat mempengaruhi aktivitas ekonomi di Indonesia

Keputusan pemerintah Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020 sangat  berdampak pada proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya sehingga terjadi penurunan kinerja ekonomi Indonesia.

Banyak perusahaan yang mengalami penurunan bahkan kebangkrutan serta banyak pegawai yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga angka pengangguran dan kemiskinan meningkat pada 2020.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Selama ini konsumsi rumah tangga menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada 2019, konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi hingga 57 persen pada pertumbuhan ekonomi. Namun sepenjang 2020 pandemi membuat jutaan pekerja kehilangan pendapatannya sehingga daya beli masyrakat terus menurun selama pandemi.

Salah satu upaya agar ekonomi Indonesia tidak terus menurun ialah masyarakat harus menaati protokol kesehatan yang ada agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir. Serta upaya pemerintah dalam menangani pandemi ialah penyuntikan vaksin. Saat ini pemerintah sedang mengupayakan agar seluruh masyarakat yang di memenuhi syarat melakukan vaksinasi segera selesai.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Secara umum, perekonomian 2021 tampaknya akan lebih baik, jika syarat ketersediaan vaksin terpenuhi dan upaya perataan kurva penularan COVID-19 terus dilakukan.

Namun, ketersediaan vaksin tidak serta merta menyelesaikan persoalan karena pada saat yang sama perekonomian Indonesia tetap dibayangi oleh sejumlah persoalan klasik yang hingga kini belum terselesaikan seperti persoalan ketahanan pangan, perdagangan internasional, pemberdayaan UMKM, dan lain-lain.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN,
Rabu, 21 April 2021, Rabu 21 April 2021, Karya Siswa SMK Wikrama Bogor & Garut,
Perekonomian Indonesia Kala Masa Pandemi, Perekonomian Indonesia, Masa Pandemi, Perekonomian, Indonesia, Pandemi,

Comments

Leave a Reply