Perekonomian Indonesia Diera Pandemi

👁️2x   💬0 🕗00:32 menit

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Sudah lebih dari satu tahun virus corona atau covid-19 bersinggah di Indonesia. Kasus yang telah tercetak dalam sejarah pun kini dengan total kasus 1,61 juta kasus Covid di Indonesia.

Bagaimana dampak covid ini?

Covid-19 sangat berdampak buruk dalam segala aspek. Terutama kondisi ekonomi di Indonesia. Sejak pertama covid-19 masuk ke Indonesia, perekonomian Indonesia langsung merosot drastis.

Banyak buruh, karyawan, pekerja yang harus dipulangkan karena adanya aturan pembatasan jarak, sehingga banyak pekerja yang diseleksi untuk mengurangi jumlah pekerja.

Perekonomian Indonesia Di Era Pandemi

Selain dibidang usaha pekerjaan, covid-19 ini sangat berdampak buruk pada pendidikan, dimana pelajaran tidak boleh belajar disekolah seperti biasanya. Maka diadakan sekolah daring (online) atau belajar dari rumah.

Hal tersebut tidak efektif, dimana tidak semua siswa dapat menerima pelajaran secara jarak jauh, banyaknya hal yang dapat menghalangi semangat belajar, dan tidak semua siswa memiliki fasilitas yang memadai seperti handphone & laptop.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Laju pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2020 diperkirakan mengalami pertumbuhan negatif. Pada kuartal I 2020, pertumbuhan ekonomi masih tumbuh 2,97 persen (yoy), tetapi memasuki kuartal II terkontraksi hingga 5,32 persen (yoy).

Kuartal II merupakan puncak dari semua kelesuan ekonomi karena hampir seluruh sektor usaha ditutup untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. PSBB sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19 yang diterapkan pada sejumlah daerah di Indonesia merupakan faktor yang menyebabkan kontraksi pertumbuhan ekonomi pada pada triwulan II 2020.

Memasuki kuartal III, saat PSBB mulai dilonggarkan, kegiatan ekonomi mulai menggeliat. Kontraksi ekonomi mulai berkurang menjadi 3,49 persen. Dengan catatan dua kuartal berturut-turut kontraksi, maka ekonomi Indonesia secara teknis masuk dalam resesi. Pada kuartal IV.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan, ekonomi masih akan minus di kisaran minus 2,9 persen hingga minus 0,9 persen. Itu artinya, Indonesia diperkirakan menutup tahun 2020 pada angka pertumbuhan ekonomi minus.

Selama tahun 2020, pemerintah tercatat tiga kali mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi. Pada Maret-April, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kisaran minus 0,4 persen hingga minus 2,3 persen.

Pada Mei-Juni, perkiraan lebih pesimistis di angka minus 0,4 persen hingga minus 1 persen. Setelah melihat berbagai perkembangan, pada September-Oktober, proyeksi pertumbuhan kembali direvisi menjadi kontraksi 1,7 persen hingga 0,6 persen.

Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mencatat, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada triwulan III dan IV 2020 adalah sebesar minus 5,97 dan 2,21 persen, meningkat dibandingkan kondisi pada triwulan II yang mencapai minus 35,7 persen.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Berdasarkan hasil data survei, perbaikan kegiatan dunia usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi terutama pada sektor industri pengolahan, perdagangan hotel dan restoran, sektor pengangkutan, serta komunikasi. (sumber: kompaspedia.com)

Dalam kondisi pandemi ini, yang paling merasakan dampaknya adalah masyarakat kecil UMKM, banyaknya karyawan yang dipulangkan menjadikan mereka memilih usaha berjualan untuk menyambung hidup.

Hal tersebut membuat kompetitor bertambah banyak pada wirausahawan sebelumnya. Tidak sedikit yang kehilangan konsumen dan harus gulung tikar.

Namun ada beberapa perusahaan yang berkembang baik di era pandemi ini. Salah satunya adalah perusahaan pengelola masker kesehatan dan obat penambah imunitas tubuh.

Diera pandemi yang harus selalu bersih, menggunakan masker adalah hal wajib sehingga hal tersebut menjadi peluang bisnis yang sangat bagus, selain masker ada juga handsanitizer dan obat herbal lainnya.

Covid-19 ini sangat merugikan berbagai pihak, semoga artikel diatas membantu. Semoga covid-19 cepat musnah dari bumi ini.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN,
Rabu, 21 April 2021, Rabu 21 April 2021, Karya Siswa SMK Wikrama Bogor & Garut,
Perekonomian Indonesia Direa Pandemi, Perekonomian Indonesia, Era Pandemi,

 

Comments

Leave a Reply