Perawatan Kulit Berjerawat

Perawatan Kulit Berjerawat

Kalian Pernah ngalamin jerawat ga? Jerawat sebenarnya akan hilang dengan sendirinya beberapa hari hingga beberapa minggu. Jerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara untuk Perawatan Kulit Berjerawat, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter. Berikut Langkah-langkah Perawatan Kulit Berjerawat:

1. Cuci muka secara rutin

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin. Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. 

2. Oleskan toner ke wajah

Toner bisa membantu membersihkan kotoran dan sisa make-up yang masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Hal ini akan membantu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat yang Anda alami.

3. Oleskan pelembap ke wajah

Menjaga kelembapan kulit wajah, dan salah satunya dengan mengoleskan pelembap. Kondisi wajah yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak. Hal ini akan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Untuk kulit berjerawat, pilih pelembap wajah berlabel noncomedogenic dan bebas minyak.

Baca juga:
Cara Merawat Rambut Tetap Sehat

4. Gunakan tabir surya

Setelah mengoleskan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan juga tabir surya. Hal ini karena pada sebagian orang, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat.

Namun karena umumnya tabir surya bersifat comedogenic, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat.

5. Berhenti lakukan scrub wajah

Jika kulit terasa berminyak, berdebu, atau kotor, mungkin tergoda untuk melakukan scrub wajah guna membersihkannya. Meski dapat menghilangkan noda bekas jerawat, scrub wajah sebagai cara merawat kulit berjerawat justru dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi jerawat.

6. Jangan memencet jerawat

Menyentuh atau memencet jerawat seringkali dilakukan oleh banyak orang dengan kulit berjerawat. Klaim cara merawat kulit berjerawat ini dianggap dapat membuat jerawat mengecil atau menghilang. Faktanya, memencet jerawat justru hanya akan membuat jerawat semakin meradang. 

 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Terimakasih

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Comments

Leave a Reply