Penyebab Insomnia

Hai #MasBro #MbakBro

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur. Gangguan ini bias menyebabkan penderitanya tidak cukup fit untuk melakukan aktivitasnya di esok hari. Gangguan ini bias berlangsung beberapa hari dan kadang juga berminggu – minggu.

Terdapat dua tipe insomnia yaitu insomnia primer yang berarti insomnia tersebut tidak terkait dengan kondisi medis lain dan insomnia sekunder.yang berarti adanya gangguan kesehatan lain radang, asma, depresi, dan konsumsi obat – obatan atau minuman beralkohol.

So, mari kita simak ya penjelasannya

1. Stress
Yang pertama adalah stress. Sesorang yang dalam kondisi ini biasanya karena memikirkan permasalahan yang sedang dihadapi seperti kehilangan pekerjaan, perceraian, kehilangan seseorang dan lain sebagainya.

2. Penyakit 
Seseorang yang mengalami kondisi ini dikarenakan mempunyai penyakit yang memicu insomnia itu terjadi seperti sakit ginjal, asma, atau penyakit dadakan yang terjadi ketika mau tidur.

3. Pengaruh alkohol
Tidak perlu ditanyakan lagi kenapa ini bisa menyebabkan insomnia, karena pada hakikatnya alcohol dapat mengacaukan pola tidur.

4. Kurang Olahraga
Olahraga juga merupakan factor sulit untuk tidur yang signifikan. Insomnia kronis lebih kompleks lagi dan seringkali diakibatkan faktor gabungan, termasuk yang mendasari fisik atau penyakit mental. Bagaimanapun, insomnia kronis bisa juga karena faktor perilaku, termasuk penyalahgunaan kafein, alkohol, atau obat-obatan terlarang.

5. Pola makan yang buruk
Mengonsumsi makanan berserat sesaat sebelum pergi tidur bisa menyulitkan tidur nyenyak. Sulit tidur di malam hari atau insomnia ternyata bisa juga disebabkan oleh pola makan yang salah. Hasil penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition, mengonfirmasi hal tersebut.

Studi yang baru saja diterbitkan itu menyebutkan bahwa mereka yang kekurangan waktu tidur di malam hari, akan secara otomatis makan lebih banyak di siang hari.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang mengapa insomnia bisa terjadi terhadap diri kita. Oleh karena itu, mari kita semua untuk selalu hidup sehat agar terhindar dari penyakit ataupun gangguan kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat ya informasinya.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply