Pendiri Wattpad yang Sukses

Wattpad merupakan situs web yang memungkinkan orang menemukan cerita dari para pengguna yang mencakup berbagai genre. Wattpad juga dijadikan sebagai komunitas bagi para pembaca dan penulis.

Di balik kesuksesan Wattpad, nama Ivan Yuen dikenal sebagai salah satu pendiri dari layanan tersebut. Ia merupakan alumni dari University of Waterloo.

Ivan Yuen lulus dari program Teknik komputer Waterloo pada 2000. Ia mengatakan bahwa program co-op adalah hal terbaik yang pernah dijumpai.

Selama empat program Cooperative Education ia dipekerjakan di sebuah perangkat keras komputer, di masa kerja terakhirnya ia dipekerjakan di sebuah perangkat lunak. Semenjak itu ia merasa lebih bergairah dengan perangkat lunak.

Setelah lulus, Ivan bekerja di berbagai perusahaan hardware dan software sebelum mendirikan Wattpad. Berdirinya Wattpad ini berasal dari kebutuhan pribadi, di mana ia hanya memiliki sedikit pilihan untuk membaca.

Pada 2006, ia mendekati teman kerjanya, Allen Lau dan menemukan ide untuk Wattpad. Sebelumnya, Allen telah mengejakan hal yang serupa yang pada akhirnya membuat Allen dan Ivan mewujudkan Wattpad.

Beberapa tahun pertama, Allen dan Ivan berjuang mendapatkan pengguna karena teknologi yang diluncurkan masih terlalu dini. Hal tersebut tidak membuatnya menyerah sampai akhirnya pada 2007, iPhone dan Kindle telah diluncurkan dan membuka kesempatan orang menggunakan Wattpad.

Kini Wattpad sudah memiliki 15 juta pengguna setiap bulannya, dan Ivan berharap jumlahnya akan mencapai 100 sampai 500 juta pengguna. Ivan dan Allen ditunjuk oleh Financial Times sebagai satu dari tujuh bintang Kanada yang meraih kesuksesan luar biasa dengan Wattpad.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply