Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi

Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi

Covid-19 atau virus corona telah memberikan gambaran atau kelangsungan  dunia pendidikan di Indonesia dengan gambaran pendidikan di masa depan melalui teknologi, tapi teknologi tidak bisa menggantikan peran guru, dosen dan interaksi para siswanya, karena pendidikan bukan hanya ilmu saja yang kita dapat tapi bagaimana kita bisa saling kerja sama dan bersosialisasi.

Dengan adanya virus corona ini, pemerintah menetapkan bahwa pendidikan  di Indonesia harus di lakukan secara daring atau online, demi mengurangi resiko terpaparnya covid-19. Dengan adannya peraturan ini kita harus belajar menggunakan teknologi seperti telepon genggam bahkan leptop. Bahkan pembelajaran jarak jauh ini sempat terjadi pro kontra karena masyarakat menilai pembelajaran ini kurang efektif bagi para siswa dan tidak semua murid mempunyai fasilitas pembelajaran online. Dan banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan di masa pandemi ini antara lain

  1. Peran guru

Guru di tuntut untuk berpikir kreatif dan inovatif demi kelangsungan pembelajaran agar siswa merasa tidak jenuh dan mengerti apa yang di sampaikan oleh gurunya. Karena setiap siswa memiliki perbedaan dalam memahami pelajaran dan setiap siswa juga memiliki cara belajar nya masing-masing seperti melalui audio, visual, maupun audio visual, dan guru harus memerhatikan cara belajar mereka tersebut.

2. Peran anak

Dalam pembelajaran online ini peran anak sangat penting, karena anak harus membiasakan diri untuk belajar menggunakan teknologi tanpa ada interaksi antar guru dan teman-teman nya secara langsung. Dan mereka pun harus siap melakukan belajar secara virtual untuk melakukan dialog interaktif antara guru dan murid. Disamping itu fasilitas mereka yang dimiliki pun berbeda-beda seperti jenis handphone, leptop yang digunakan dan jumlah kuota yang dimiliki.

3. Peran orang tua

Peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran online ini, terutama untuk anak yang masih duduk di bangku SD, orang tua di tuntut untuk membantu menjelaskan apa yang di jelaskan oleh guru kepada anak nya dan membantu anaknya dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, dan bukan hanya itu orang tua juga harus memenuhi kebutuhan pembelajaran online anaknya, yang sekarang masih menjadi kendala bagi orang tua karena covid-19 ini bukan hanya berpengaruh pada pendidikan saja melainkan pada ekonomi masyarakat juga.

4. Peran pemerintah

Peran pemerintah pun sangat penting  karena pendidikan adalah kunci keberhasilan suatu negara untuk kedepannya. Pemerintah harus membantu para pelajar untuk melaksanakan pembelajaran online dengan cara memberikan bantuan seperti kuota yang sangat di perlukan untuk pembelajaran online ini khususnya kepada masyarakat kurang  mampu.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply