One Piece

One Piece (bahasa Jepang: ワンピース HepburnWan Pīsu) adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 91 volume tankōbon. Ceritanya mengisahkan petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis seperti karet setelah memakan Buah Iblis secara tidak disengaja. Dengan kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai “One Piece” dalam rangka untuk menjadi Raja Bajak Laut yang berikutnya.

Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah animasi video asli (OVA) yang diproduksi oleh Production I.G pada tahun 1998, dan sebuah serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation, yang mulai tayang di Jepang pada tahun 1999. Sebagai tambahan, Toei juga telah memproduksi tiga belas film animasi, satu OVA dan sebelas episode khusus televisi. Beberapa perusahaan telah mengembangkan berbagai jenis pernak-pernik seperti permainan kartu dagang dan beberapa permainan video. Versi manganya telah dilisensi untuk dirilis dalam bahasa Inggris di Amerika Utara dan Britania Raya oleh Viz Media dan di Australia oleh Madman Entertainment. Versi animenya telah dilisensi oleh 4Kids Entertainment untuk perilisan versi bahasa Inggris di Amerika Utara pada tahun 2004, sebelum lisensi tersebut dicabut dan kemudian diakuisisi oleh Funimation pada tahun 2007.

One Piece telah menerima pujian atas alur cerita, gambar, karakterisasi, dan humornya. Beberapa volume dari manga ini telah memecahkan rekor penerbitan, termasuk cetakan awal tertinggi dari buku apa pun di Jepang. Situs web resmi untuk manga One Piece karya Eiichiro Oda mengumumkan bahwa manga ini telah meraih Guinness World Record untuk kategori “salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh seorang penulis tunggal”. Hingga bulan Mei 2018, manga ini telah terjual hingga lebih dari 440 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya seri manga terlaris dalam sejarah. One Piece juga menjadi manga terlaris selama sepuluh tahun berturut-turut pada tahun 2017.

Luffy memiliki cita-cita menjadi Raja Bajak Laut setelah bertemu dengan Shanks Si Rambut Merah yang singgah di pulau kelahirannya, Fusha. Topi jerami yang menjadi ciri khasnya adalah pemberian dari Shanks dan dia berjanji akan memberikan topi itu kembali kepadanya saat mereka bertemu kembali.

Luffy adalah pemakan buah iblis Gomu Gomu no Mi sehingga ia menjadi manusia karet. kemampuan ini membuat tubuhnya memiliki atribut yang sama dengan karet, seperti melar, peredam listrik, dsb.

Ciri khas bertarungnya adalah menyerang dengan memanjangkan bagian tubuhnya. Semua nama jurusnya selalu diawali dengan kata “Gomu-gomu” dan kemudian diikuti dengan nama senjata atau artileri (contoh: ‘Gomu Gomu no Pistol’, ‘Gomu Gomu no Bazooka’, ‘Gomu Gomu no Gatling’, dll).

Gear Second: Teknik mempercepat aliran darah tetapi organ tubuhnya tidak hancur karena atribut karet pada tubuhnya. Efek dari Gear Second ini adalah kecepatan atau agility meningkat. Kata “jet” juga ditambahkan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Jet pistol). Jika ditambah dengan Haki, tinjunya jadi menimbulkan efek ledakan.

Gear Third: Teknik memperbesar tulang dengan meniupnya seperti balon. Efek dari Gear Third adalah kekuatan serangannya meningkat, namun kecepatan serangan menurun. Kata “Gigant” juga ditambahkan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Gigant Pistol). Jika ditambahkan haki, tangannya menjadi hitam dan semakin keras.

Gear Four: Teknik memperbesar badan seukuran gorila, dengan menggabungkan boushuku haki. Kekuatan ini mirip tubuh gorila dengan daya hancur yang sangat kuat. Dan ditambah dengan kekuatan tinjuan yang bisa mental di udara. (kekuatan ini muncul di Dressrosa sewaktu melawan sichibukai Donquixote Doflamingo).

Hybrid: Gabungan dari Gear Second dan Gear Third. Kata “Shell” ditambahkan dalam nama jurusnya.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply