LENGSER DARI JABATAN, NETANYAHU DIGANTIKAN NAFTALI BENNETT!!!

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh.

Usai 12 tahun menjadi Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu lengser dan digantikan oleh Naftali Bennett yang dianggap menjadi tokoh kontroversial.

APA YANG TERJADI?

Dilansir dari AFP, Senin (14/3/2021), Israel memasuki era baru usai parlemen Israel memberikan suara dalam koalisi beraneka ragam dan mengangkat Naftali Bennett sebagai Perdana Menteri. 60 anggota parlemen Israel atau Knesset memilih mendukung pemerintahan baru, 59 menolak, dan 1 suara abstain.

Bennett disebut bakal menjabat sebagai Perdana Menteri Israel selama 2 tahun. Setelah itu, jabatannya bakal diambil alih oleh arsitek koalisi yang melengserkan Netanyahu, Yair Lapid.

 

A. Bennett Tak Akui Palestina

Setelah dipilih oleh Parlemen, Bennett dilantik pada Minggu (13/6/2021) waktu setempat sebagai PM baru Israel. Seperti diberitakan Associated Press, Bennett merupakan seorang Yahudi religius yang menghasilkan jutaan dolar lewat sektor hi-tech.

Pria berumur 49 tahun itu disebut merupakan salah satu pendukung keras gerakan permukiman Yahudi. Bennett merupakan mantan sekutu Netanyahu yang telah bermitra dengan partai-partai sayap kiri dan tengah untuk mengakhiri kekuasaan Netanyahu selama 12 tahun.

Partainya yang ultranasionalis, Yamina, sebenarnya hanya memenangkan tujuh kursi di parlemen atau Knesset yang beranggotakan 120 orang dalam pemilihan umum Maret lalu. Namun, dia menolak untuk berkomitmen pada Netanyahu.

Bennett merupakan penentang kemerdekaan Palestina dan sangat mendukung permukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat dan Yerusalem timur. Dua wilayah itu dipandang oleh Palestina dan sebagian besar masyarakat internasional sebagai hambatan utama bagi perdamaian.

Bennett dengan keras mengkritik Netanyahu setelah setuju memperlambat pembangunan permukiman di bawah tekanan dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sebelum menjadi anggota parlemen hingga terpilih menjadi PM Israel, ada sejumlah jabatan yang pernah diduduki Bennett.

Salah satunya adalah kepala dewan pemukim Tepi Barat, Yesha. Bennett kemudian menjabat sebagai menteri kabinet urusan diaspora, pendidikan dan pertahanan di berbagai pemerintahan yang dipimpin Netanyahu.

“Dia adalah pemimpin sayap kanan, garis keras keamanan, tetapi pada saat yang sama sangat pragmatis,” kata kepala Institut Demokrasi Israel, Yohanan Plesner, yang juga mengenal Bennett selama beberapa dekade serta bertugas bersama di militer.

Keduanya sama-sama memiliki pendekatan keras terhadap konflik Timur Tengah. Meski demikian, Bennett dan Netanyahu memiliki hubungan yang tegang selama bertahun-tahun.

Bennett sebenarnya pernah menjabat sebagai kepala staf Netanyahu selama 2 tahun. Tetapi, mereka berpisah setelah perselisihan misterius yang oleh media Israel dikaitkan dengan istri Netanyahu, Sara, yang memiliki pengaruh besar atas lingkaran dalam suaminya.

Bennett kemudian berkampanye sebagai pendukung sayap kanan menjelang pemilihan Maret 2021. Dia juga menandatangani janji di TV nasional yang mengatakan dia tidak akan pernah membiarkan Yair Lapid, seorang sentris dan saingan utama Netanyahu, menjadi perdana menteri.

Para pendukung Netanyahu telah mencap Bennett sebagai pengkhianat dengan mengatakan Bennett menipu pemilih. Tapi, Bennett membela keputusannya sebagai langkah pragmatis untuk menyatukan negara dan menghindari pemilihan putaran kelima.

Dari sisi penampilan, Bennett merupakan Yahudi Ortodoks modern yang secara teratur mengenakan kippa atau kopiah orang-orang Yahudi taat. Dia tinggal di pinggiran kota Tel Aviv yang mewah di Raanana.

Selain di dunia politik, Bennett juga pernah bertugas sebagai militer di unit komando elit Sayeret Matkal. Setelah itu, dia melanjutkan ke sekolah hukum di Universitas Ibrani.

Pada tahun 1999, dia ikut mendirikan Cyota yang merupakan perusahaan perangkat lunak anti-penipuan yang dijual pada tahun 2005 ke RSA Security yang berbasis di Amerika Serikat seharga USD 145 juta.

Bennett mengatakan pengalaman pahit perang Israel pada 2006 melawan kelompok militan Lebanon, Hizbullah, mendorongnya terjun ke politik. Perang selama sebulan itu berakhir tanpa kepastian dan kepemimpinan militer serta politik Israel secara luas dikritik karena ceroboh dalam kampanye.

Dia juga pernah menyebut Tepi Barat tidak berada dalam pendudukan Israel karena “tidak pernah ada negara Palestina di sini”. Dia juga menilai konflik Israel-Palestina harus dilanggengkan.

 

B. Respons Pemerintah Palestina

Dilansir dari Reuters dan Associated Press, kantor Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, tidak memberikan banyak komentar soal pemerintahan baru Israel yang dipimpin Bennett. Palestina menilai Bennett sama saja dengan pemimpin sebelumnya.

“Ini adalah urusan dalam negeri Israel,” ucap juru bicara Abbas, Nabil Abu Rudeineh.

Rudeineh menegaskan posisi Palestina tidak berubah terhadap Israel meski ada pemerintahan baru. Palestina menegaskan tetap menginginkan negara merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967.

“Posisi kami selalu jelas, yang kami inginkan adalah sebuah negara Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” tegasnya.

 

Baca juga:

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Dilansir dari AFP, Senin (14/3/2021), Israel memasuki era baru usai parlemen Israel memberikan suara dalam koalisi beraneka ragam dan mengangkat Naftali Bennett sebagai Perdana Menteri. 60 anggota parlemen Israel atau Knesset memilih mendukung pemerintahan baru, 59 menolak, dan 1 suara abstain.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
detik.com dibuka pukul 12:49 WIB pada Hari Selasa tanggal 15 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Palestina, Israel, Konflik Timur Tengah, Gaza, Al-Aqsa, Islam, Gencatan Senjata, Kemenangan Palestina, Bendera Palestina, Presiden Palestina, Biografi Presiden Palestina, HAMAS, Tepi Barat Palestina

Comments

Leave a Reply