Site icon #MENULISdapatuang

Motivasi Siswa untuk Belajar

Masa pandemi jangan di jadikan sebuah alasan untuk terus belajar. Dalam masa pandemi yang terjadi saat ini memberikan dampak bagi Pendidikan, yaitu dengan diberlakukannya sistem pembelajaran secara online atau daring.


Haiii..

Masih inget ga nih sama saya??

Amelia Putri Septiawan, akan menuliskan tentang Motivasi Siswa untuk Belajar di masa pandemi ini.

Mau tau apa saja? Yuk ikuti kelanjutannya.

Motivasi Siswa untuk Belajar

Pembelajaran secara online menimbulkan permasalahan dalam pembelajaran yaitu permasalahan dalam penggunaan teknologi dan juga kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Dengan diberlakukanya sistem pembelajaran secara online banyak dari siswa yang tidak terpantau dalam pembelajarannya.

Baca juga: https://tulisin.kekitaan.com/peribahasa-akal-dan-maknanya/

Banyaknya permasalahan yang muncul setelah masa pandemi ini menjadi beban bagi guru agar siswa tetap menjadi semangat untuk melakukan pembelajaran. Guru bukan hanya dituntut untuk memberikan materi, akan tetapi guru juga dituntut untuk memberikan pengarahan agar siswa dapat menerima materi yang disampaikan. Selain itu, guru juga harus memberikan motivasi-motivasi yang dapat mempengaruhi siswa agar siswa menjadi bersemangat dalam belajar walaupun dalam masa pandemic ini. Maka dari itu ada beberapa tips atau cara untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Pertama dengan Proses kegiata pengajaran yang beragam, yaitu materi-materi yang diberikan mempunyai variasi yang banyak dan menarik agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. 

2. Kedua yaitu menjadikan anak yang aktif ketika belajar dengan cara memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dalam setipa materi yang dijelaskan sehgingga materi yang dipelajari tidak menimbulkan banyak pertanyaan yang belum terselesaikan dari siswa. 

3. Ketiga yaitu memberikan sebuah pengakuan dan penghargaan kepada siswa dengan cara memberikan apresiasi kepada siswa yang mendapatkan nilai tinggi atau pun dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran.

Itulah tips/cara untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Akan tetapi, pada masa pandemic ini pembelajaran online dapat membuat peserta didik menjadi kurang aktif dalam menyampaikan sebuah aspirasi dan pemikirannya.

Baca juga: https://tulisin.kekitaan.com/peribahasa-adat-dan-maknanya/

So jangan patah semangat ya untuk terus belajar. See you..