Menuju Palestina Merdeka dan Damai

Hai #MasBro #MbakBro

Perang Gaza selama 11 hari (10-20/5/2021) melahirkan realitas baru dalam bentuk kesadaran masyarakat internasional tentang mendesaknya dimulai kembali perundingan damai Palestina-Israel. Mesir, yang berperan besar dalam gencatan senjata pekan lalu, aktif berkomunikasi dengan kekuatan regional dan internasional guna menghidupkan proses perdamaian Timur Tengah untuk solusi adil dan menyeluruh atas isu Palestina.

Duta Besar Palestina untuk PBB Riad Al Malki menegaskan gencatan senjata saja tak cukup untuk mengakhiri konflik Israel-Pvalestina.

Akar utama konfrontasi adalah pendudukan Israel di Yerusalem. Menurut Al Malki, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (21/5/2021), sekitar 2 juta warga Gaza memang bisa tidur nyenyak setelah gencatan senjata, namun konflik ke depan masih membayangi.

Israel dan Hamas Sepakat Gencatan Senjata  Dia mendesak dunia internasional mengatasi inti masalah di Yerusalem serta mewujudkan berdirinya negara Palestina merdeka.

Salah seorang aktivis Indonesia di Gaza, Muhammd Husein melaporkan sejumlah masjid di Jalur Gaza beramai-ramai mengumandangkan takbir sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan Palestina.

Suara pekik lantunan takbir ‘Allahu Akbar’ menggema dini hari bak menjadi pengganti momen Hari Raya Idul Fitri yang sempat terenggut lantaran beberapa serangan yang dikirim oleh Israel ke wilayah Al-Quds.

“Masjid-masjid di seluruh Gaza kumandangkan takbir, seolah-olah ini adalah Hari Raya Idul Fitri, ya ini seperti pengganti Hari Raya Idul Fitri yang tidak sempat mereka rayakan karena serangan-serangan yang terjadi sebelumnya, ini perasaan yang sangat mengharukan sekali,” ucapnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram @muhammdhusein_gaza, 21 Mei 2021.

Meski belum sepenuhnya merdeka, kemenangan ini patut dirayakan oleh warga Palestina. Mereka berbondong-bondong menggandeng anak-anaknya turun ke jalan menuju masjid terdekat.

“Kita lihat di belakang saya, ratusan warga Gaza di Jalur Gaza bagian tengah tepatnya di sebuah kota Medina Azahara turun ke jalan bersama anak-anaknya, semua turun ke jalanan untuk merayakan kemenangan ini, dan ini terjadi di seluruh wilayah jalur Gaza” kata Muhammd Husein.

Banyak dari warganet Indonesia yang berkomentar dengan penuh rasa syukur atas kemenangan Gaza dalam kesepakatan gencatan senjata tersebut.

Alhamdulillah Allahu Akbar, Jumat berkah,” ucap @melly_goelaw.

Masyaa Allah… Kemenangan mereka kemenangan kita semua, bahagia mereka bahagia kita semua… Allahu Akbar,” ujar warganet lainnya.

Alhamdulillah ya Allah,semoga warga Palestina selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, salam saudaraku di Palestina dr kami warga Indonesia,” ucap warganet lainya.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply