Site icon #MENULISdapatuang

Mengintip Makanan Khas Sunda

Intip yuk makanan khas Sunda yang bisa kamu nikmatin saat liburan ke kawasan Jawa Barat.

Mungkin kalian sudah mengetahui beberapa keindahan khas Sunda. Mulai dari tari daerah, alat musih, atau mungkin juga adatnya. Namun apakah kalian sudah pernah mencoba makanan khas Sunda? Atau kalian bahkan belum tau makanan khasnya?

Berikut makanan Khas Sunda yang bisa kalian cicipi…

1. Karedok 

Hidangan selanjutnya yang tak asing lagi ditelinga Anda yaitu Karedok. Makanan ini terbuat dari campuran sayur sayuran, seperti tauge, kacang kacangan, kubis, kemangi, terong kecil, dan timun mentah. Sebagai penambah rasa, makanan ini akan disiram menggunakan bumbu kacang.

2. Lotek 

Makanan khas selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Lotek. Hidangan ini sebenarnya mirip dengan gado gado, tetapi ada tambahan kencur dalam bumbunya. Biasanya Lotek akan dihidangkan bersama lontong dan kerupuk udang. 

3. Doclang

Jika Anda penasaran dengan cita rasa makanan khas Sunda, maka sebaiknya mencoba Doclang. Menu ini sepintas mirip dengan kupat tahu yang ada di daerah lainnya. 

Hal yang membedakan kuliner ini yaitu lontongnya dibungkus dengan daun pata. Sebagai pelengkapnya, satu porsi makanan ini akan disajikan dengan telur rebus, tahu goreng, dan kerupuk. 

Setelah itu, bahan tersebut akan disiram dengan bumbu kacang yang memiliki rasa pedas, manis dan gurih. 

Baca Juga : Rekomendasi Wisata di Bogor

4. Nasi Liwet 

Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan kuliner yang masuk ke dalam 20 makanan khas Sunda ini yaitu Nasi Liwet. 

Nasi ini dimasak dengan beberapa rempah pilihan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jambal roti dan serai. Umumnya hidangan ini disantap dengan ikan asin sebagai pelengkapnya. 

5. Nasi Timbel

Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa kuat dan unik. Sebab, Nasi Timbel memiliki banyak versi yang bisa dipilih untuk disantap. 

Ada beberapa lauk pendamping yang menambah kelezatan mulai dari pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawes, japuh, dan ikan asin.