Site icon #MENULISdapatuang

Menghilangkan Pikiran yang Cemas

Menghilangkan Pikiran Yang Cemas

Pernah Ngalamin pikiran yang cemas? Gimana sih Cara Menghilangkan Pikiran yang Cemas tersebut? Cemas adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa takut, atau gelisah. Bentuk emosi ini wajar terjadi dan merupakan respons normal diri terhadap stres. Umumnya, perasaan cemas akan berlalu setelah kondisi yang memicunya hilang. 

Perasaan cemas bisa membuat sakit, terutama jika terjadi secara terus menerus. HelpGuide menyebut, kondisi ini dapat menjadi penyebab insomnia atau susah tidur, ketegangan otot, sakit kepala, hingga masalah pada pencernaan.

Berikut Cara Menghilangkan Pikiran yang Cemas :

1.Lakukan apa yang Anda sukai

Melakukan hobi atau aktivitas yang disukai juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Cara menyenangkan ini bisa membantu tubuh melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

2. Lakukan hal baru

Selain melakukan hal yang disenangi, juga perlu melakukan hal baru untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan. Mempelajari keterampilan baru dapat mengembangkan kemampuan dan mendapatkan kepuasan setelah menyelesaikannya.

3. Lakukan apa yang kamu sukai

Selain mengurangi rasa sedih, melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Cara menyenangkan ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Baca juga: Manfaat Penting Bangun Pagi

4. Lakukan hal baru

Selain melakukan hal yang Anda senangi, Anda juga perlu melakukan hal baru untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan. Mempelajari keterampilan baru dapat mengembangkan kemampuan Anda dan mendapatkan kepuasan setelah menyelesaikannya.

Adapun perasaan ini dapat menimbulkan rasa senang dan bahagia, sehingga kecemasan yang Anda rasakan bisa berkurang. Untuk mencobanya, Anda bisa memilih mempelajari bahasa baru, kerajinan tangan, atau keterampilan baru lainnya.

5. Olahraga rutin

Olahraga dapat meningkatkan mood atau suasana hati, sehingga cara ini pun diyakini mampu mengurangi perasaan cemas. Pasalnya, olahraga bisa menurunkan hormon stres, seperti kortisol. Selain itu, aktivitas fisik ini juga membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang

Suka menulis?

Mau menulis✍️ dapat uang?🏧
Menulis disini aja.
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Terimakasih
Alodokter.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020