Cara Mengatasi Insomnia

Hai #MasBro #MbakBro

Melansir Buku Seri Kesehatan Umum: Pencegahan Dini Gangguan Kesehatan (2005) oleh Dr. dr. Anies M.Kes PKK, ada kecenderungan pada sebagian penderita insomnia atau kesulitan tidur yang membiasakan minum obat-obatan yang mempunyai efek menidurkan.

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur. Gangguan ini bisa menyebabkan penderitanya tidak cukup fit untuk melakukan aktivitasnya di esok hari.  Terdapat dua tipe insomnia yaitu insomnia primer yang berarti insomnia tersebut tidak terkait dengan kondisi medis lain dan insomnia sekunder.yang berarti adanya gangguan kesehatan lain radang, asma, depresi, dan konsumsi obat – obatan atau minuman beralkohol.

So, mari kita bahas cara mengatasinya yaa!! Mari kita simak baik baik ya guys.

1. Tentukan Waktu Tidur Secara Teratur

So, yang pertama itu kalian harus menentukan waktu tidur kalian dengan teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat tubuh dalam kondisi siaga. Akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang. Kalau sudah ditentukan, sebaiknya kalian patuhi. Karena itu demi kesehatan tubuh kalian.

Baca juga : Minuman Peningkat Imun Tubuh

2. Tidak tidur siang

Apabila seseorang sangat susah tidur dimalam hari. Dianjurkan untuk tidak tidur di siang hari. Karena tidur pada siang hari hanya akan mengurangi kebutuhan tidur kita di malam hari, yang berakibat pada malam hari menjadi sulit tidur.

3. Bijak Memanfaatkan Kasur

Tempat tidur atau kasur seyogianya digunakan untuk tidur, bukan untuk kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat dan sebagainya.

4. Hindari Penggunaan Smartphone

Jangan menggunakan peralatan elektronik serta ponsel menjelang tidur.

5. Olahraga Pada Sore Sari

Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga. Latihan olahraga mendekati waktu tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.

Baca juga : 6 Makanan Peningkat Imun Tubuh

6. Hindari Makanan dan Minuman tertentu

Makan makanan kecil yang manis sebaiknya dihindari sebelum berangkat tidur. Demikian juga minuman yang mengandung alkohol, the serta kopi harus dihindari, terutama sore hari.

7. Mandi Hangat

Oke, yang terakhir adalah mandi hangat. Kalian dianjurkan untuk mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padakan lampu penerangan di kamar.

So, itulah beberepa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi insomnia. Semoga bisa bermanfaat.

See you


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply