MASYARAKAT INDONESIA DALAM BERAGAMA #6

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Gimana kabarnya hari ini? semoga selalu sehat dan semangat terus yaa. Di jurnal sebelumnya kita sempat membahas tentang ajaran-ajaran atau keyakinan-keyakinan yang tidak ada tuntunannya dari Nabi Muhammad ﷺ. Dan gue sempat menuliskan bahwa Nabi Muhammad ﷺ telah mengabarkan bahwa umatnya akan terpecah menjadi 73 golongan, dan hanya satu di antaranya yang selamat.

Siapakah Umat Nabi Muhammad yang akan selamat itu?

Abu Dawud meriwayatkan di dalam kitab Sunan-nya, dari hadits Mu’awiyah bin Abu Sufyan bahwa suatu ketika dia berdiri seraya bertutur: “Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah ﷺ pernah berdiri di hadapan kami, kemudian beliau bersabda:

ألا إنَّ مَن قبلَكم من أهلِ الكتابِ افتَرقوا على ثِنتين وسبعين مِلَّةً ، وإنَّ هذهِ المِلَّةَ ستَفترِقُ على ثلاثٍ وسبعين : ثِنتانِ وسبعونَ في النَّارِ ، وواحدةٌ في الجنَّةِ ، وهيَ الجماعةُ وإنَّهُ سيخرجُ من أُمَّتي أقوامٌ تَجارى بِهم تلكَ الأهواءُ كما يَتَجارى الكَلبُ لصاحِبِه

“Ketahuilah, sungguh umat sebelum kalian dari kalangan Ahlul Kitab telah terpecah belah menjadi 72 golongan. Dan, umat ini (Islam) pun akan terpecah belah menjadi 73 golongan 72 golongan di Neraka, sedangkan satu golongan di Surga, yaitu al-Jama’ah. Dan sungguh, akan keluar dari umatku segolongan manusia yang hawa nafsunya (bid’ah) sudah merasuki diri mereka seperti penyakit anjing gila merasuki pengidapnya’”.

Di dalam hadits tersebut di sebutkan bahwa umat Nabi Muhammad ﷺ yang akan selamat adalah al-Jama’ah. Siapakah al-Jama’ah itu? Penasaran kan?

Next lanjut di jurnal hari Selasa…..


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply