5 Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan Tubuh

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

5 Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan Tubuh

Skipping atau lompat tali adalah olahraga sederhana yang cukup mudah dilakukan. Kita bisa melakukan olahraga ini dimana saja bahkan di dalam rumah dan peralatan yang digunakan pun tidak mahal.

Selain dapat menambah tinggi badan, ada banyak sekali lho manfaat skipping untuk kesehatan. Mau tau apa saja manfaatnya? Simak terus ya!

 

1. Menurunkan Berat Badan

Skipping termasuk dalam jenis olahraga kardio untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar banyak kalori dengan waktu yang singkat. Bahkan, olahraga ini diketahui mampu membakar 10 kalori per menit bagi orang yang memiliki tubuh berukuran sedang, karena seluruh tubuh akan bergerak saat melakukan olahraga ini.

Walaupun begitu, banyaknya jumlah kalori yang terbakar tergantung durasi serta intensitas latihan dan pola makan yang kamu terapkan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah variasi olahraga lain dan mengatur pola makan yang seimbang dengan membatasi asupan kalori.

 

Baca Juga
1. Kenapa Hujan Bisa Bikin Sakit dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
2. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan! Ini Dampaknya Pada Kesehatan

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melakukan olahraga skipping secara rutin dapat meningkatkan detak jantung, yang mana baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, skipping juga bisa membuat jantung menjadi lebih kuat sehingga mengurasi risiko stroke.

 

3. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Kamu memerlukan keseimbangan dan koordinasi tubuh saat melakukan skipping. Melompat secara terus-menerus dan dengan kecepatan yang tinggi bisa melatih tubuh kamu tetap seimbang dan tidak jatuh saat latihan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan lompatan pada tingkat selanjutnya dengan mengayunkan tali sebanyak dua kali dalam sekali lompatan. Hal tersebut dapat mempengaruhi koordinasi beberapa bagian tubuh, terutama kaki dan pergelangan tangan.

 

4. Memperkuat Kepadatan Tulang

Manfaat skipping selanjutnya adalah memperkuat kepadatan tulang terutama untuk orang dewasa. Orang dewasa sangat rentan terjadi pengeroposan tulang karena kualitas kepadatan tulangnya yang sudah menurun, sehingga mereka yang rutin melakukan skipping ini akan mampu memperkuat otot dan menjaga kekuatan serta kepadatan tulang.

 

5. Menambah Tinggi Badan

Skipping menjadi salah satu olahraga yang dapat membantu menambah tinggi badan anak. Saat berolahraga, kelenjar pituitari akan melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan (HGH) yang mendukung pertumbuhan tinggi badan.

Namun, manfaat yang satu ini hanya efektif pada anak-anak dan remaja di masa pertumbuhannya. Dimana pada masa ini pertumbuhan tulang didukung oleh produksi hormon HGH yang masih memuncak dan dapat membantu pembentukan sel-sel tulang baru agar tubuh bertambah tinggi.

 

https://youtu.be/Rkaw6ps6_qo

Kesimpulan

Nah, itu dia manfaat yang bisa kita dapat dari olahraga skipping. Agar lebih maksimal lakukanlah olahraga ini secara rutin dengan menambah beberapa varian olahraga lainnya dan jangan lupa untuk mengatur pola makan yang sehat.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
hellosehat.com dibuka pukul 13:57 WIB pada Hari Kamis tanggal 17 Juni 2021
sehatq.com dibuka pukul 13:57 WIB pada Hari Kamis tanggal 17 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
5 Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan Tubuh, Menurunkan Berat Badan, Meningkatkan Kesehatan Jantung, Melatih Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh, Meningkatkan Kepadatan Tulang, Menambah Tinggi Badan


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply