Manfaat dari Tanaman Temulawak

Manfaat dari Tanaman Temulawak

127x   0   02:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Kalian udah pernah liat tanaman temulawak belum?
Apa sih yang kalian tau dari temulawak?
Apa aja sih manfaat dari tanaman temulawak?

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang Manfaat dari tanaman temulawak . Pasti hampir semua orang udah pernah liat tanaman ini kan, aduh kalo gatau manfaat dari tanaman ini tuh sayang banget. Penasaran ga sih saman manfaatnya? kalo gitu yu langsung aja simak artikel berikut ini.

Manfaat dari Tanaman Temulawak

Temulawak adalah salah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung.

Di dalam temulawak terdapat banyak zat yang bermanfaat, mulai dari protein, serat, mineral, dan kurkumin. Selain itu, terdapat tiga zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu:

•Germakron, yang bersifat antiradang dan menghambat pembengkakan;

•P-toluilmetilkarbinoldan seskuiterpen d-kamper, meningkatkan produksi dan empedu.

•Turmeron, antimikroba.Namun, bukan berarti kamu bisa bebas mengonsumsinya, terdapat beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.Temulawak juga Bisa Sebabkan Efek Samping

Meskipun fungsinya sangat banyak, namun bukan serta merta kamu bisa mengonsumsinya berlebihan. Pasalnya,temulawak juga bisa menyebabkan efek samping. Untuk penggunaan dalam jangka waktu singkat, temulawak umumnya aman digunakan. Namun, jika digunakan lebih 18 minggu, temulawak juga bisa sebabkan iritasi perut dan mual.

Selain Mengatasi Osteoarthritis, Ini 7 Manfaat Lain Temulawak

Dosis Aman Konsumsi TemulawakSaat hendak mengonsumsi temulawak, biasanya disesuaikan dengan beberapa faktor.

Mulai dari usia dan kondisi kesehatan seseorang. Jadi, dosis yang tepat konsumsi temulawak tiap orang bisa berbeda-beda.

Selain itu, tidak semua produk alami itu aman. Jadi kamu perlu berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya. Jika kamu menggunakan ekstrak temulawak, pastikan membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu.

Baca Juga
Manfaat dari Ikan Lele

Bukan Pengganti Obat DokterPenting untuk dipahami, temulawak tidak bisa menggantikan obat dan perawatan dokter. Penelitian lanjutan masih perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat herbal tanaman ini. Temulawak umumnya digunakan hanya sebagai terapi penunjang, bukan obat utama untuk menyembuhkan penyakit.

Terlebih, jamu yang terbuat dari tumbuhan herbal juga tidak memiliki standar dosis yang tetap sehingga efeknya bisa berbeda tiap orangnya. Temulawak bisa saja berinteraksi negatif dengan obat-obatan yang sedang kamu konsumsi.

Apabila dokter tidak mengizinkan kamu untuk mengonsumsi temulawak, maka ikuti aturan tersebut dan jangan melanggarnya. Sebaiknya kamu mempercayakan pengobatan pada dokter demi kondisi kesehatan yang lebih baik.

-Manfaat Temulawak untuk KecantikanManfaat TemulawakStudi dari Pharmacognosy Research mengungkapkan, terdapat manfaat utama yang akan didapatkan dari konsumsi temulawak, yaitu:

•Meningkatkan Fungsi Pencernaan. Temulawak merangsang produksi empedu di kantung empedu, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Dengan rutin mengonsumsinya, maka berbagai masalah pencernaan bisa teratasi termasuk kembung, gas dan dispepsia. Rempah juga dapat bermanfaat bagi pengidap kondisi peradangan seperti kolitis ulserativa.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

•Osteoartritis. Temulawak membantu mengurangi peradangan sehingga bermanfaat bagi pengidap osteoarthritis. Studi yang diterbitkan pada tahun 2009 di “Journal of Alternative and Complementary Medicine” meneliti orang yang mengidap artritis lutut. Mereka memberikan ekstrak temulawak atau ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa temulawak bekerja sama baiknya dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi di lutut, tanpa efek samping.

•Anti Kanker. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, tetapi temulawak dan kunyit diduga membantu mencegah, mengendalikan atau membunuh beberapa jenis kanker termasuk payudara, usus besar dan prostat. Temulawak dapat bekerja dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker, dan efek pencegahannya dapat berasal dari aktivitas antioksidannya, yang melindungi sel dari serangan sel kanker. Itulah yang perlu diperhatikan dari temulawak dan segala manfaat untuk kesehatan. Ingat, selalu perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu agar terhindar dari gangguan kesehatan, ya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Temulawak adalah salah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Manfaat dari tanaman temulawak, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Manfaat dari tanaman temulawak, Manfaat Temulawak, Tanaman Temulawak

Comments

Leave a Reply