Manfaat Berenang bagi Tubuh

Jika suka dengan kegiatan olahraga di air, maka sudah pasti tidak asing dengan berenang. Renang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular seseorang. Satu jam renang mampu membakar kalori hampir sebanyak berlari.

Renang merupakan kegiatan olahraga air yang tidak membutuhkan banyak usaha, serta tidak berdampak pada tulang dan nyeri persendian. Oleh sebab itu, berenang masih menjadi favorit bagi sebagian besar orang.

Tiga Manfaat Berenang untuk Tubuh

Tidak peduli tingkat berapa tingkat kebugaran seseorang, pasti tetap akan memilih berenang sebagai olahraganya. Pasalnya renang memiliki manfaat terpenting dan paling umum untuk tubuh dan kesehatan yang tak bisa dilewatkan.

Biasanya renang memiliki kekuatan untuk membuat otot berubah, mengubah sistem kardiovaskular menjadi lebih baik dan menenangkan pikiran agar lebih rileks. Sebenarnya manfaat berenang ada banyak sekali, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan suasana hati

Para peneliti mencoba melihat pengaruh renang pada sekelompok kecil orang demensia. Mereka akhirnya menemukan bahwa orang-orang demensia dapat meningkat suasana hatinya hanya dengan berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu.

Latihan akuatik dan renang tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi penderita demensia saja. Namun olahraga renang juga bisa meningkatkan suasana hati pada orang dewasa sekalipun. Inilah manfaat dari renang yang sesungguhnya.

  • Menjaga tubuh tetap bugar dan sehat

Hanya dengan renang selama 30 menit tiap tiga kali seminggu, maka tubuh akan menjadi bugar dan sehat. Tidak hanya itu saja, renang ternyata memiliki dampak yang bagus untuk kesejahteraan umum. Oleh sebab itu, renang sering kali digunakan untuk diet dan gaya hidup.

Cara terbaik untuk menjaga badan tetap bugar dan segar adalah dengan renang. Latihan akuatik ini juga dapat mempertahankan pandangan mental yang positif. Sehingga siapa saja bisa memilih renang sebagai olahraga ringannya.

  • Membakar kalori

Hal yang paling efektif untuk membakar kalori adalah dengan renang. Berenang dapat membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam waktu setengah jam. Jika renang lebih cepat maka mampu membakar kalori melebihi berlari dan bersepeda.

Itulah macam-macam manfaat dari berenang yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Karena renang memiliki dampak bagus untuk badan, maka tak jarang banyak orang yang memilih renang sebagai olahraga terbaiknya.


Terbit

dalam