Makanan Wajib Saat Berpuasa

canva

Bulan puasa adalah bulan yang di tunggu umat muslim bukan? Karena ada momentum setelah melaksanakan puasa 30 hari, yaitu momen idul fitri yang dimana ajang silaturahmi dan hari kemenangan setelah melaksanakan puasa. Agar kita sehat sampai menuju hari raya idul fitri kita harus menjada kesehatan kita, dengan cara menjaga pola makan selama berpuasa dan kali ini akan memberikan makanan wajib saat berpuasa yang sehat.

Berikut beberapa makanan wajib untuk berpuasa.

  • Makanan yang  mengandung karbohidrat

Jenis makanan ini wajib dikonsumsi ketika berpuasa , karena kerika berpuasa tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Glokosa digunakan sebagi energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya.

Konsumsi karbohidrat ketika sahur agar tubuh tidak gampang lemas. Makanan sumber karbohidrat,seperti nasi,oatmeal,pata,roti,dan kacang almond.

  • Minuman atau cairan

Saat berpuasa tuuh rentankehilangan cairan atau dahidrasi, selama berpuasa sebaiknya minum 5 gelas air mineral saat sahut, 5 gelas saat berbuka. Dengan begitu tubuh akan tetap fit dan terhinfar dari dahidrasi, jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan merasa leamas, makan perbanyak minum air mineral agar bugar dan fit.

  • Protein

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh karena untuk sistem metabolisme. Mengkonsumsi makanan sumber protein baik dapat menjaga pendorong sistem metabolisme pada tubuh.

Sumber protein adalah daging, ikan, susu,telur,dan kacang-kacangan.

  • Buah buahan

Makanan selanjutnya yang wajib saat berpuasa adalah buah buahan. Buah buahan menjadi sumber gizi dan nutrisi ketika sedang berpuasa. Buah yang identik dengan bulan Ramadhan adalah kurma, kurma sudah menjadi hidangan wajib bagi sebagian orang saat bulan puasa.

Banyak yang sudah tahu juga, kurma memiliki kandungan gula alami. Selain itu, mengkonsumsi kurma dapat dipercaya memberikan atamina serta  enyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup.

  • Sayuran

Sayuran akan memberikan serat larut untuk menjaga kesehatan usus agar bekerja dengan baik. Selain itu mengonsumsi sayur dapat memperlambat peguraian makana menjadi glukosa dalam tubuh.

Sayuran juga dapat menambahkan cairan untuk tubuh. Karena banyak mengandung nutrisi di dalam tubuh, serat larut yang ada di dalam dapat membantu mengontrol kadar kolestrol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

Mungkin hanya ini yang dapat saya beerikan mengenai makanan wajib saat berpuasa, kurang lebih nya mohon di maafkan sekian dan terima kasih.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply