Site icon #MENULISdapatuang

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Paling Terkenal

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Paling Terkenal

Cari arti kata KBBI? 1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Paling Terkenal

Salam #MasBro #MbakBro

Membahas tentang kuliner di Indonesia, karakteristik makanan khas Jawa Timur Surabaya tentu jangan sampai terlewatkan. Masakan yang menggunakan petis dan terasi sebagai penambah rasa enak, rasanya perlu Kamu cobain sendiri.

Sudah tentu, ciri makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal berbeda dengan makanan khas daerah lain seperti, makanan khas Bali atau makanan khas Sunda. Meskipun mungkin ada beberapa menu masakan yang sama.

Lebih menariknya lagi, setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri dari setiap makanan khas yang disuguhkan.

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Paling Terkenal


1. Rawon


Dimulai dari makanan tradisional khas Jawa Timur yang paling terkenal, yaitu Rawon. Makanan ini identik dengan kuah hitamnya. Warna hitam pada rawon tersebut tidak lain berasal dari bumbu khas yaitu kluwek. Rasa rawon sangat ramah bagi Anda yang tidak suka pedas. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

Baca Juga Cemilan Khas Imlek
Manfaat Air Minum bagi Kesehatan

2. Lontong Kupang


Makanan tradisional khas Jawa Timur berikutnya adalah lontong kupang. Lontong Kupang mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kupang putih, yaitu sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih tersebut dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera.

Suka menulis?

menulis dapat uang

3. Rujak Cingur


Makanan ini berasal dari kota Surabaya. Cingur sebenarnya merupakan daging pada mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis. Mungkin awalnya Anda merasa jijik, namun jangan salah, makanan tradisional khas Jawa Timur ini sangat nikmat dan bikin ketagihan.

4. Pecel Madiun


Makanan tradisional khas Jawa Timur ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambel kacang. Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Juga tidak ketinggalan, salah satu pelengkap dalam makanan ini adalah peyek kacang.

5. Soto Lamongan


Makanan ini secara tampilan hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun, ada satu bahan yang sangat khas di soto ini, yaitu koya. Koya adalah jenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Itulah Makanan Tradisional Khas Jawa Timur yang dapat kamu coba di suatu hari nanti.

Punya cerita tentang lagu ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 22.18 WIB pada hari Sabtu tanggal 24 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Juli, 2021, Juli 2021,
tulisIN, Makanan, Terkenal Tradisional, Khas Jawa Timur