MAKANAN KHAS YOGYAKARTA

Halooo teman teman semuanya okee jadi kali ini kita pindah tempat keee daerah istimewa yogyakarta nihh. aku mau kasih tau beberapa makanan yang wajib kalian cobain nih kalo lagi berkunjung kesana , ets tapi tenang aja walaupun ga berkunjung kesana tapi makanan ini sudah ada di beberapa tempat rumah makan biasanya. cuss kita intip beberapa makanan khas yogya : 

  1. gudeg 

Makanan khas yogyakarta yang pertama ini pasti tidak terdengar asing, bukan? Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja yang ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas jogja ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

2. krecek 

Nah, makanan khas Jogja berikutnya juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg, Toppers. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan. Banyak orang yang suka memakan Krecek bersama Gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

3. bakpia pathuk 

Kalau sedang berada di Jogja dan ingin membawa oleh-oleh khas Jogjakarta untuk keluarga dan teman, tak perlu bingung, Toppers! Hal ini karena ada makanan khas Jogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk! Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Jogja ini paling sering dijadikan oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga oleh para turis.

4. sate klatak 

Wah, jika kamu seorang pecinta sate kambing, kamu wajib mencoba Sate Klatak, Sate Klatak masuk ke dalam daftar makanan khas Jogjakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasa ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera.

5. yangko 

Ada juga makanan khas Jogjakarta yang bernama Yangko. Yangko adalah makanan khas Jogja yang yang terbuat dari tepung ketan. Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Jogja ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Yangko berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan Yangko.

 

6. cenil

Jika kamu mencari makanan khas Jogjkarta yang ringan, maka jawabannya adalah Cenil! Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan khas Jogja ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

7. bakmi yogya

Makanan khas Jogja yang juga patut anda coba adalah Bakmi Jogja. Bakmi Jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas Jawa.

Selain Bakmi Jawa Jogjakarta, kamu juga dapat memesan Bakmi Nyemek yaitu bakmi yang diberi sedikit kuah sehingga teksturnya menjadi kental dan nikmat.

Salah satu penjual Bakmi Jawa Jogjakarta yang legendaris adalah Bakmi Pak Pele yang terletak di dekat Alun-alun Kidul.

8. gatot gunung kidul

Makanan khas Jogja selain Gudeg dan Bakpia yang berasal dari Gunung Kidul adalah Gatot. Gatot terbuat dari sejenis singkong yang dikupas lalu dijemur agar kering. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar singkongnya.

9. mie lethek

Mirip dengan Bakmi Jawa, makanan khas Jogjakarta ini berbahan dasar bihun yang berwarna kecoklatan sehingga terlihat kotor. Itulah mengapa dinamakan Mie Lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela, sehingga Mie Lethek dianggap lebih sehat dibanding jenis bakmi lainnya.

10. kicak

Makanan khas Jogja yang hanya ada di bulan Ramadhan ini banyak dijual di kawasan Kauman setiap sore ketika Pasar Ramadhan mulai.

Kicak adalah jajanan yang terbuat dari jadah, gula, dan parutan kelapa yang dicampur dengan nangka, pandan, dan ditambakan vanili. Kicak memiliki perpaduan rasa manis, asin, dan gurih serta tekstur yang lembut. Yang pasti, oleh-oleh khas Jogja ini wajib kamu coabain.

nah segitu dari aku, gimana ? udah penasaran cobain belom ?? jangan lupa buat di cobain yahh byee see you.

Comments

Leave a Reply