MAKANAN KHAS TEGAL

Berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Tegal merupakan Kota di lintas pantai utara yang pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945.

Selain itu, belakangan Tegal juga kerap disebut-sebut sebagai Kota Kuliner karena banyaknya sentra kuliner yang mulai bermunculan di kota ini.

Tak cuma ragam makanan kekinian, ada banyak juga makanan khas Tegal yang menarik untuk dicicipi kala bertandang ke Kota Kuliner ini.

  1. rujak teplak 

Kuliner khas Tegal pertama yang bisa Toppers cicipi adalah Rujak Teplak. Diolah dari beragam sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun pepaya, dan berbagai sayuran lainnya, yang menjadi ciri khas dari makanan khas Tegal ini adlaah tambahan “sambal gaul”.

Sambal gaul ini sendiri merupakan olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Dengan keunikan rasanya ini, Rujak Teplak menjadi salah satu kuliner legendaris yang bisa Toppers temui di Tegal.

2. blendung 

Blendung merupakan makanan berbahan dasar jagung yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di Tegal. Makanan khas Tegal ini dibuat dari jagung yang direbus kemudian kemudian disajikan bersama parutan kelapa.

3. kupat glabed 

Makanan khas Tegal yang tak boleh Toppers lewatkan selanjutnya adalah Kupat Glabed. Dibuat dari potongan ketupat yang disirami kuah santan kental yang sangat gurih ini dijamin bisa membuatmu ketagihan. Ditambah dengan renyahnya kerupuk, membuat kuliner Tegal ini semakin sedap disantap.

4. kupat blengong 

Kupat Blengong sebenarnya adalah Kupat Glabeb yang dilengkapi dengan tambahan Sate Blengong. Terbuat dari daging Blengong, sate yang memiliki ukuran relatif lebih panjang daripada sate pada umumnya ini bercita rasa gurih. Soal tekstur, daging blengong sendiri memiliki rasa yang menyerupai daging bebek.

5. glotak 

Makanan khas Tegal lainnya yang tak kalah lezat adalah Glotak yang berbahan dasar gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan berbagai macam bumbu sehingga menghasikan rasa yang gurih.

Gembus ini kemudian dimasakk kembali bersama kaldu dan tambahan cabai untuk memberikan cita rasa pedas. Suara “glotak-glotak” pada proses memasak kuliner inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai Glotak.

6. es lontrong 

Puas menyantap berbagai kuliner legendaris dari Tegal, Toppers bisa menyegarkan diri dengan menyantap Es Lontrong, salah satu minuman es tradisional asal Tegal yang sangat terkenal.

Dibuat dari kacang hijau dan cincau yang diberi siraman gula merah, santan, dan parutan es serut, minuman khas Tegal ini dijamin mampu berikan sensasi rasa segar yang unik dan lezat.

7. sega lengko 

Kuliner satu ini cukup terkenal di kawasan pantai utara, dan tentunya di Tegal. Sega atau Nasi Lengko merupakan sajian nasi bersama lauk tahu dan tempe, kol, tauge, serta sambal kacang dengan kerupuk sebagai pelengkap.

8. soto tauco 

Buat penggemar Soto, Tegal juga menawarkan kuliner Soto namun dengan cita rasa berbeda khas Tegal. Dengan isian daging ayam yang disuwir, irisan babat, tauge, brambang goreng, yang menjadikan kuliner khas Tegal ini berbeda adalah tambahan Tauco didalamnya.

9. olos 

Gorengan yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan isian sayur-sayuran dan cabai ini menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang cukup digemari. Apalagi, kini Olos sudah dimodifikasi dengan beragam isian seperti sosis, ayam, dan juga keju.

10. kemronyos 

Buat Toppers penggemar kuliner berbahan dasar kambing, di Tegal ada kuliner khas yang cocok untukmu. Kemronyos merupakan sate kambing  khas Tegal yang berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Kuliner khas Tegal ini dibakar dan disajikan tanpa bumbu kecap atau bumbu kacang seperti sate kambing yang biasa Toppers temukan di daerah lain.

Comments

Leave a Reply