MAKANAN KHAS SURABAYA

Berbicara mengenai kuliner khas nusantara memang tak ada habisnya. Salah satu yang wajib kalian coba adalah makanan Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya. Dengan cita rasa khas, dijamin kuliner tradisional khas Jawa Timur akan membuatmu ketagihan.

Yuk, intip dan cicipi beberapa rekomendasi makanan khas Surabaya, Jawa Timur terbaik berikut:

  1. soto lamongan

Ada banyak sekali resep soto di nusantara salah satu yang bisa kalian cicipi saat singgah ke Jawa Timur adalah Soto Lamongan. Kuliner khas Jawa Timur satu ini terkenal karena adanya Koya, serbuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Rasanya yang lezat membuat makanan khas Jawa Timur ini digemari banyak kalangan.

2. rujak cingur

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah rujak cingur. Cingur sendiri adalah mulut sapi. Selain potongan Cingur, rujak khas Jawa Timur ini juga dilengkapi potongan sayuran dan juga bumbu campuran petis, gula merah, dan kacang tanah yang diulek.

3. rawon

Siapa tak kenal makanan khas Jawa Timur satu ini? Rawon adalah kuliner tradisional Jawa Timur yang memiliki ciri khas warna kehitaman yang dihasilkan oleh bahan kluwek. Makanan berkuah gurih ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat ditemani kerupuk.

4. tahu tek

Tahu tek adalah kuliner Tahu yang dimasak dengan campuran bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng, timun, dan disiram dengan bumbu dari kacang tanah dan petis yang dihaluskan. Dengan cita rasa gurih, kuliner khas Surabaya ini sering jadi pilihan santapan saat berlibur ke Surabaya.

5. bebek sinjay

Untuk pecinta kuliner Bebek, makanan khas Jawa Timur ini wajib dicoba. Bebek Sinjay adalah makanan tradisional asal Bangkalan Madura yang terkenal empuk dan tak berbau amis khas daging bebek. Dilengkapi nasi hangat dan sambal pencit, makanan khas Jawa Timur ini dijamin akan memanjakan lidahmu.

6. brem

Camilan khas Jawa Timur lainnya adalah Brem yang terkenal berasal dari Madiun. Brem sendiri terbuat dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan sehingga menjadi panganan manis dengan teksur renyah.

Comments

Leave a Reply