Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya yang Lezat

Makanan khas Surabaya yang Lezat bisa dinikmati di siang hari maupun malam hari. Berbagai makanan khas dengan bumbu yang unik bisa menjadi pilihan saat berwisata kuliner di kota terbesar kedua di Indonesia ini.

Selain memiliki cita rasa yang menggugah selera, kuliner Surabaya juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

Makanan khas Surabaya Yang Lezat, sehingga wajib saat berkunjung. Berbagai jenis makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat kuliner.

Makanan Khas Surabaya Yang Lezat

1.Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Makanan ini menjadi salah satu menu khas Jawa Timur yang sudah terkenal seantero negeri. Rujak cingur terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah melalui proses perebusan lama sehingga empuk dan kenyal. cingur tersebut akan dicampur dengan sayur rebus dan irisan lontong.

2. Rawon Setan

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon di sini cukup besar dan juga empuk.

3. Pecel Semanggi Suroboyo

Makanan khas Surabaya ini menghidangkan kukusan semanggi, sejenis tanaman paku yang kemudian dicampur dengan daun papaya serta tauge lalu disiram bumbu kacang yang gurih, manis, juga pedas.

Baca juga: Kuliner Nasi Padang

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang juga salah satu makanan khas Surabaya. Kupang sendiri adalah sejenis kerang kecil-kecil yang direbus kemudian diberi siraman kuah kaldu gurih bersama perasan jeruk nipis dan sambal petis.

5. Sate Lisidu

Makanan khas Surabaya yang berupa sate adalah Sate Lisidu. Sate ini sate terbuat dari ayam kampung dan dibentuk pipih. Bentuk pipih ini membuat bumbu kacang lumuran bumbu kacang semakin meresap ke dalam daging dan membuat rasa satenya lebih sedap.

Terimakasih
Liputan.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply