MAKANAN KHAS RIAU

oke kali ini kita bakal ke riau pekan baru nihhh kalian tau ga disana ada makanan khas apa aja yuk kita simak tulisan di bawah ini berikut beberapa makanan khas riau ;

  1. gulai ikan patin

Gulai ikan patin merupakan makanan asli Riau yang sangat terkenal. Nama makanan tersebut adalah gulai ikan patin.

Di Pekanbaru makanan ini tidak pernah sepi pengunjung. Gulai ikan patin memiliki cita rasa yang sangat lezat sehingga bisa membuat lidah kamu tak henti bergoyang.

2. nasi lemek khas riau

Nasi Lemek banyak disajikan sebagai menu sarapan masyarakat melayu. Nasi Lemek merupakan kuliner dengan menggunakan bahan utama berupa nasi yang diolah bersama campuran santan kelapa serta daun pandan untuk memberikan rasa yang gurih serta aroma yang harum.

3. asam pedas ikan baung riau

Makanan berbahan dasar ikan yang tidak kalah terkenal dengan makanan khas Riau lainnya yaitu ikan baung.

Mendengar namanya kita sudah bisa melihat perbedaan antara ikan asam pedas dengan ikan baung gulai ikan patin.

Untuk mendapatkan olahan asam pedas ikan baung maka masyarakat Riau meramunya dengan menggunakan beragam macam rempah tradisional seperti bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas dan kunyit.

Di sisi lain cita rasa asam didapatkan dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan sebagai rendaman bumbu serta ikan.

4. sup tunjang riau

Dinginnya kota Pekanbaru akan terasa panas dengan kehadiran sup tunjang. Sup tunjang ini adalah jenis makanan dari Riau yang memiliki kuah hangat.

Saat cuaca sedang dingin-dinginnya maka sangat nikmat rasanya menyantap satu porsi nasi hangat dengan sup tunjang.

Sup tunjang memiliki ciri khas yaitu menggunakan bahan dasar berupa tulang kaki sapi yang masih ada dagingnya.

Tulang kaki sapi ini kemudian direndam dalam kuah bening berwarna kuning dan tambahan beberapa bahan pelengkap seperti irisan kentang, tomat, wortel dan daun bawang.

5. mie sagu

Mendengar nama sagu tentu yang terlintas adalah nama Papua yang identik menggunakan sagu sebagai bahan dasarnya.

Karena memang di Papua sagu ini menjadi bahan pokok makanan sehari-hari. Nah ternyata makanan dengan bahan baku sagu bukan hanya ada di papua saja, melainkan juga ada di Riau.


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply