Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak

Berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak tentu nggak akan lengkap tanpa mencoba berbagai kuliner Pontianak. 

Kuliner tradisional Pontianak sangat beragam dengan pengaruh budaya lokal dan pendatang menjadikan makanan tradisional dari Pontianak cukup populer dan diburu oleh para pelancong.

Yuk, intip dan cicipi pilihan makanan tradisional khas Pontianak yang populer berikut:

1.bubur pedas

Bubur adalah panganan yang sering jadi pilihan untuk sarapan. Di Pontianak, terdapat satu bubur khas yang bisa Toppers cicipi. Kuliner khas Pontianak ini termasuk makanan yang populer dan digemari banyak masyarakat.

2. pengkang

Makanan khas selanjutnya adalah Pengkang, olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang bersama ebi dan dibakar. Proses pembakaran menggunakan daun pisang membuat kuliner asal Pontianak ini memiliki aroma khas yang menggoda.

3. chai kwe

Chai kwe sendiri merupakan makanan ringan khas Pontianak yang terbuat dari tumisan sayur seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka.

Baca juga: Makanan Khas dari Surabaya

4. jorong jorong

Saat bulan Ramadan tiba, biasanya akan ada makanan khas yang dijajakan. Di Pontianak, ada juga kuliner khas yang muncul pada saat bulan Ramada, yaitu Jorong-jorong.

Panganan khas Ketapang dan tepian Sungai Pontianak ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dikukus menggunakan wadah yang terbuat dari daun pisang.

5. tau swan

Kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa di Pontianak lainnya adalah Tau Swan. Makanan khas Pontianak yang kerap dijajakan pada malam hari ini terbuat dari air gula yang dicampurkan kacang kedelai dan potongan kue manis.

6. Kue bingke

Kue bingke atau kue bingka kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak.

Kue bingke terbuat dari campuran telur, santan, dan terigu. Rasanya manis. Ada juga varian kue bingke rasa durian, kacang hijau, cokelat, susu, dan banyak lagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply