MAKANAN KHAS PADANG

Hai hai haiiii duh capenya muter muter koa cari kuliner kuliner yang menggugah selera. nahh sekarang kita lompat ke kota padang dulu yuk.

Padang, Sumatera Barat, memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Bahkan kehadiran kuliner khas Padang ini sudah berada di seluruh nusantara dari sabang hingga merauke.

Kekhasan dari masakan padang yang cukup kuat pada bumbu rempahnya yang membuat masakan khas Padang banyak disukai dan dicari oleh masyarakat luas.

Bumbunya yang kuat membuat masakan padang memiliki rasa khas yang unik.

Selain itu biasanya proses memasaknya yang masih menggunakan tungku tradisional membuat rasa dan aroma masakan khas Padang menjadi lebih nikmat.

berikut beberapa makann khas padang : 

  1. rendang 

Makanan khas Padang Sumatera Barat pertama adalah rendang. Rendang yang terbuat dari daging sapi ini bahkan dinobatkan dalam seratus daftar makanan terenak sedunia versi CNN.

Racikan rempah-rempah yang kuat disertai dengan daging yang lembut membuat rasa rendang ini banyak diburu oleh banyak orang.

2. dendeng 

Makanan khas Padang yang enak berikutnya adalah dendeng. Dendeng biasanya juga dibuat dari daging sapi, sama seperti rendang.

Meskipun sama-sama terbuat dari daging sapi, namun tekstur dendeng lebih cenderung keras jika dibandingkan dengan tektur daging pada rendang.

Dendeng biasanya dimasak hanya dengan digoreng atau ditumis saja. Dendeng dibuat dengan cara menjemur daging sapi hingga benar-benar kering.

Namun sebelumnya daging sapi yang digunakan sebelum dijemur sudah diberi bumbu berupa rempah-rempah yang akan membuat daging sapi menjadi lebih awet.

Selain itu, rempah-rempah ini juga akan memperkuat rasa dari dendeng itu sendiri. Mengolah daging menjadi dendeng tujuan utamanya adalah untuk membuat daging lebih awet.

3. nasi lemak 

Satu lagi makanan khas adat Padang yang satu ini bernama nasi lemak. Nasi lemak ini biasanya disajikan untuk upacara-upacara khusus.

Nasi lemak biasanya dimasak menggunakan kayu bakar. Proses pemasakan yang lama membuat rasa masakan ini menjadi istimewa. Selain itu, nasi lemak biasanya disajikan dengan dialasi daun pisang.

Jika ada keluarga berkunjung, nasi lemak ini menjadi makanan khas yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik rumah untuk disajikan.

Selain itu, bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah yang salah satunya adalah kunyit. Beras dimasak dengan menggunakan kunyit hingga matang. Kunyit yang ditumbuk hingga halus baru dimasak bersamaan dengan beras.

4. soto padang 

Makanan khas Padang Panjang yang berikutnya adalah soto padang. Soto padang tidak berbeda dari soto khas daerah lain di Indonesia.

soto padang ini menggunakan bahan dasar berupa ayam maupun daging sapi. Perbedaan antara soto padang dengna soto dari kota lain adalah soto khas padang ini disajikan bersamaan dengan potongan perkedel kentang yang sangat istimewa.

Soto padang ini memiliki kuah yang cenderung bening. Mungkin tidak ada bedanya dengan kuah soto betawi yang bening.

5. gulai gajeboh

Makanan khas Padang Bukittinggi berikutnya adalah gulai gajeboh. Pernah dengar nama gulai ini? Gulai ini memiliki rasa yang istimewa, bahkan bisa dikatakan bahwa gulai ini merupakan makanan surga bagi penikmat kuliner.

Makanan yang menggunakan bahan utama dari daging sapi ini memiliki rasa yang sangat istimewa.

Bagaimana tidak istimewa, bumbu yang diracik khusus ini mampu meresap sempurna sampai ke bagian terdalam dari daging.

Comments

Leave a Reply