MAKANAN KHAS MOJOKERTO

Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di tanah air adalah daerah Mojokerto. Daerah Mojokerto terletak di Provinsi Jawa Timur. Di kawasan Mojokerto terdapat berbagai macam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keadaan inilah yang membuat kota ternama di ujung timur Pulau Jawa tersebut selalu ramai oleh para pelancong. Selain memiliki pesona wisata, ternyata daerah ini memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik itu terletak pada masakan khas Mojokerto. Masakan asli daerah Mojokerto ini terkenal lezat dan berbeda dengan kawasan lainnya.

berikut beberapa makanan khas mojokerto :

  1. sambel wader khas mojokerto 

Bagi penggemar olahan daging ikan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba masakan sambel wader. Sesuai dengan namanya, sambel wader merupakan hidangan dengan bahan utama ikan wader. Untuk membuat kuliner asli mojokerto ini pun tidak begitu sulit. Pada awalnya daging dari ikan wader dibersihkan. Setelah itu, daging dari ikan air tawar itu dicampurkan dengan bumbu sambel. Kemudian, bahan yang telah tercampur tadi digoreng sampai matang dan dihaluskan.

2. sate keong 

Nama masakan sate keong termasuk dalam jajaran kuliner asli Mojokerto yang memiliki rasa lezat. Olahan daging keong ini begitu populer di daerah Mojokerto. Bahan baku untuk membuat masakan ini berasal dari keong yang ada di persawahan. Proses pembuatan hidangan lezat bernama sate keong diperlukan ketelatenan yang tinggi. Tahapan pertama keong dipisahkan dari cangkangnya. Setelah itu, daging keong dicampurkan dengan bumbu tertentu dan diolah menjadi hidangan sate yang lezat.

3. kerupuk memble 

Makanan khas Mojokerto berikutnya adalah krupuk memble. Nama hidangan khas ini tergolong unik. Selain namanya yang unik, ternyata proses pembuatan krupuk memble juga lain dari umumnya. Pada waktu penggorengan akan disediakan dua macam wajan yang berisi minyak. Wajan pertama berisi minyak yang panas dan kedua bersuhu sedang. Makanan asli dari Mojokerto ini sering dijadikan oleh – oleh atau buah tangan.

4. gulai menthok 

Jika anda menyukai olahan daging unggas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba masakan gulai menthok. Sesuai dengan namanya, masakan ini dibuat dari bahan dasar berupa daging menthok. Di daerah mojokerto sendiri, hewan menthok dibudidayakan oleh hampir setiap warga. Masakan ini sering dicari para wisatawan yang berkunjung ke mojokerto. Selain karena rasanya yang enak. gulai menthok juga dijual dengan harga terjangkau.

5. es gronjongan majapahit 

Pada saat mengunjungi Mojokerto terasa kurang lengkap jika belum mencicipi minuman es gronjongan majapahit. Minuman jenis ini sudah sangat populer di Daerah Mojokerto Jawa Timur. Bahan untuk membuat minuman segar dan lezat ini berasal dari es batu, agar – agar, sirup, daun pandan dan santan. Hidangan bernama es gronjongan ini sering dijadikan sebagai sebuah menu makanan penutup.

 


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply