MAKANAN KHAS MANADO

MANADO merupakan kota yang berada di teluk Manado, salah satu kota terbesar di Sulawesi setelah makasar. Menurut legenda, nama Manado berasal dari “Wanua Wenang” sebutan penduduk asli Minahasa. Wanua Wenang sendiri telah ada sekitar abad ke-8 dan didirikan oleh Ruru Ares yang bergelar Dotulolong Lasut yang saat itu menjabat sebagai Kepala Walak Ares, dikenal sebagai Tokoh pendiri Wanua Wenang.

Selain kekayaan akan budaya dan sejarah yang panjang, Manado juga memiliki ragam kuliner khas yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa makanan tradisional khas Manado bahkan telah dikenal secara luas di berbagai wilayah Indonesia lainnya. Berikut beberapa pilihan kuliner tradisional Manado yang bisa kalian cicipi saat singgah ke ibu kota sulawesi utara. 

  1. dabu dabu 

Dabu-dabu merupakan salah satu makanan khas Manado paling populer, bahkan banyak dikatakan sebagai ikon dari kuliner di Manado. Dabu-dabu sendiri merupakan olahan sambal khas Manado dimana potongan cabau dipadupadankan dengan potongan tomat segar, bawang merah dan berbagai bahan lainnya, menciptakan rasa pedas yang sangat menyegarkan.

2. sambal roa 

Manado memang surganya para pecinta kuliner pedas. Selain Dabu-dabu, masih ada sambal khas Manado lainnya yang bisa kalian cicipi yaitu sambal roa. Kuliner tradisional Manado ini diolah dari daging ikan roa yang diasapkan, kemudian dicamburkan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi sangat gurih. Saking populernya, sambal ini kerap dijadikan oleh oleh dari manado  oleh para wisatawan.

3. tinutua 

Makanan khas Manado selanjutnya adalah Tinutuan, olahan sayur-sayuran yang dimasak bersama bubur dan juga buah labu kuning. Kuliner asal Manado ini juga sering disebut sebagai “bubur Manado” dan sangat umum disajikan sebagai menu sarapan baik oleh masyarakat ataupun di restaurant-restaurant dan hotel.

4. ayam tuturuga 

Sekilas, penampilan dari makanan khas Manado satu ini terlihat seperti opor ayam. Bahan-bahan untuk membuat Tuturuga memang tak begitu jauh berbeda dengan kuliner opor ayam. Diolah dari daging ayam bersama kuah santan kekuningan yang dibumbui berbagai rempah-rempah, kuliner khas Manado satu ini terkenal akan cita rasa gurih yang lezat.

5. paniki 

Untuk Toppers pecinta kuliner unik, pilihan makanan asal Manado selanjutnya ini mungkin bisa kaliancicipi. Meskipun terbilang ekstrim, Paniki yang berbahan dasar Kelelawar merupakan kuliner khas Manado yang cukup banyak di cari, lho. Daging kelelawar yang diolah bersama santan dan rempah yang kaya membuat kuliner ini memiliki rasa pedas dan hangat yang sangat khas.

6. papare

Kuliner khas Manado lainnya yang wajib kalian cicipi adalah Papare. Papare merupakan kuliner berbahan dasar Ikan Tongkol. Namun, yang menjadikan masakan khas Manado ini unik adalah penyajiannya yang dibunkus kedalam buah pare dan kemudian digoreng. Tak perlu takut akan rasa pahit dari pare, berbagai rempah dan bumbu pada ikan tongkol membuat kuliner ini tetap gurih dan lezat saat dikonsumsi.

Comments

Leave a Reply