MAKANAN KHAS KEDIRI

Kediri adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tmur. Kota Kediri tercatat sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Kota yang berada 130 km sebelah barat daya Surabaya ini dikenal akan produksi gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Selain itu, Kediri juga dikenal sebagai kota yang paling kondusif dan cukup banyak menyimpan kekayaan alam, religi, dan kuliner.

berikut beberapa kuliner berasal dari kediri :

  1. soto kediri

Soto kediri merupakan masakan berkuah santan yang menggunakan beragam isian seperti potongan ayam, tauge, mie, dan bahan pelengkap lainnya. Makanan khas Kediri yang satu ini tak boleh kamu lewatkan apabila lagi berada di kota yang juga menjadi tujuan investasi bagi para pengusaha.

2. sate bekicot

Bagi mereka yang melek kuliner, mungkin akan terkejut apabila mengetahui keberadaan sate bekicot di kabupaten Kediri. Pasalnya, olahan dari bekicot ini paling terkenal di Perancis yang mempunyai nama Escargot.

Sate bekicot khas kota Kediri juga biasa dipanggil dengan sebutan sate nol dua (02). Makanan khas Kediri satu ini bisa kamu temui di desa Djengkol yang berada 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

3. stik tahu

Dijuluki sebagai kota Tahu sudah pasti banyak ditemui berbagai makanan yang berasal dari bahan baku utama tahu. Seperti stik tahu, makanan khas Kediri yang digemari banyak orang, baik warga asli Kediri maupun para wisatawan.

Stik tahu pada umumnya dijual dalam bentuk kemasan karena makanan ini tergolong sebagai makanan ringan atau snack.

Stik tahu asal Kediri menggunakan bahan dasar tahu berkualitas yang terbuat dari kedelai pilihan. Proses pengolahan stik tahu dilakukan dengan cara tradisional agar bumbu rempah alami yang digunakan bisa terpadu dengan sempurna sehingga menghasilkan makanan ringan yang lezat dan sehat.

4. tahu takwa

Bagi sebagian orang, nama makanan khas Kediri ini terdengar sedikit lucu dan unik, tahu takwa. Tahu berwarna kuning yang menjadi ciri khas kota Kediri ini wajib kamu coba ketika jalan-jalan ke kota Kediri.

Tahu takwa yang merupakan hasil olah tahu khas Kediri mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal saat di makan. Bentuk dari tahu takwa kotak segi empat dan bertubuh ramping.

Tahu takwa mempunyai rasa yang sangat gurih dan tidak sedikit pun timbul rasa asam seperti tahu-tahu di daerah lain. Kuliner satu ini selalu menjadi buruan warga lokal ataupun bukan.

Para penikmatnya akan dibuat ketagihan dengan renyah tahu di bagian luar dan tekstur lembut di bagian dalamnya. Tahu takwa bisa diolah bersama makanan lain seperti tauge dan kucai. Sekadar diketahui, warna kuning pada tahu takwa merupakan hasil dari penggunaan pewarna alami yakni kunyit.

5. nasi goreng arang

Nasi goreng arang menjadi santapan kuliner yang disukai banyak orang. Di Kediri, salah satu penjual nasi goreng terkenal adalah nasi goreng Mbah Man. Nasi goreng yang disajikan diproses menggunakan bara arang dan nasinya pun tidak diberi bahan penyedap.

Comments

Leave a Reply