MAKANAN KHAS JAMBI

Oke kali ini kita jelajahi kuliner di jambi yuk

simak tulisan di bawah ini yah

berikut makanan khas jambi :

  1. gulai tepek ikan

Gulai Tepek Ikan adalah hidangan lezat asli Jambi. Sebagai masakan adat khas Jambi, Gulai Tepek Ikan sering disajikan di acara-acara adat seperti pernikahan maupun acara keagamaan.

2. tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Jambi yang juga populer di berbagai daerah di Sumatera lainnya.

Tempoyak memiliki bahan makanan berupa durian yang telah difermentasi. Umumnya, Tempoyak disajikan bersamaan dengan nasi putih.

3. nasi gemuk

Kuliner tradisional khas Jambi ini mirip dengan nasi uduk di Pulau Jawa dan nasi lemak khas Malaysia. Nasi Gemuk juga kerap dijadikan menu sarapan bagi masyarakat Jambi. Nasi Gemuk biasanya disajikan bersama tempe orek dan telur balado.

4. pempek sambal

Tentunya hampir semua orang di Indonesia tahu pempek, dengan kuah cukanya yang khas. Namun, ada yang berbeda dari varian pempek ini, yakni kuahnya menggunakan kuah sambal.

5. gulai terjun

Namanya yang unik berasal dari tekstur Gulai Terjun yang lebih cair ketimbang varian gulai lainnya.

Rasa bumbu gulai ini sangat lezat, cocok untuk digunakkan memasak berbagai jenis daging seperti Kambing dan Sapi.

6. cumi cah kangkung

Sebagai daerah pesisir pantai, tentunya Jambi juga memiliki sajian khas laut. Cumi Cah Kangkung inilah yang jadi andalan warga Jambi.

Dimasak menggunakan cumi segar dan bumbu khas menjadikan Cumi Cah Kangkung salah satu makanan tradisional favorit di Jambi!

7. mie celor

Nggak cuma di Palembang, Mie Celor juga terkenal sebagai salah satu makanan khas Jambi yang digemari. Makanan dari tepung terigu ini merupakan varian mie khas Jambi.

Nilai khas dari Mie Celor adalah kuahnya yang kental dengan padanan tauge, seledri, dan daun sop. Porsi Mie Celor ini tergolong berat karena tepung terigunya dapat menggantikan asupan protein bagi tubuh.


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply