MAKANAN KHAS CIREBON

Cirebon kerap dijadikan kota tujuan wisata bagi penduduk lokal yang ingin menghabiskan waktu libur bersama teman ataupun keluarga.

Kota Cirebon memang layak jika menjadi salah satu destinasi berlibur karena menawarkan banyak hal, seperti wisata sejarah mengenai kerajaan Islam, kisah para wali, situs-situs peninggalan zaman Belanda, dan tak lupa makanan khas Cirebon yang bisa membahagiakan seisi perut.

Berikut beberapa makanan khas cirebon :

  1. nasi jamblang

Untuk yang pertama ada nasi jamblang atau yang biasa disebut sega jamblang oleh warga Cirebon.

Nasi jamblang termasuk ke dalam ikon kuliner khas yang sekaligus menjadi identitas kota Cirebon.

Saat datang ke Kota Udang [julukan untuk kota Cirebon] jangan sampai melupakan kuliner satu ini. Nasi jamblang adalah kuliner nasi yang disajikan berama setidaknya 40 jenis lauk-pauk yang bisa dipilih sesuai selera penikmatnya.

2. nasi lengko

Cirebon mempunyai beragam olahan nasi yang sejatinya merupakan makanan pokok orang Indonesia. Selain nasi jamblang, Cirebon juga punya makanan khas berupa nasi lengko.

Nasi lengko adalah makanan khas Cirebon yang hampir sama dengan nasi jamblang.

Nasi putih dihidangkan bersama lauk-pauk yang cukup banyak. Bedanya, lauk yang digunakan pada nasi lengko lebih menyehatkan, seperti tempe goreng, tahu goreng, timun, tauge, dan daun kucai.

3. tahu gejrot

Bicara mengenai tahu gejrot, tentu hampir semua orang Indonesia pernah menyantapnya atau paling tidak pernah mendengar nama makanan khas Cirebon ini.

tahu gejrot  memang menjadi kuliner yang sangat terkenal yang berasal dari tanah para wali, Cirebon. Panganan satu ini sekarang tak hanya terdapat di daerah asalnya, tetapi juga bisa ditemui di kota-kota besar lain di seluruh Indonesia.

Tahu gejrot adalah makanan ringan warga Cirebon yang mempunyai bentuk penyajian sederhana.

4. empal gentong

Empal adalah makanan yang umumnya terbuat dari olahan daging sapi. Begitu pula dengan empal gentong, makanan ini juga menggunakan bahan baku daging sapi dengan tekstur yang lembut sehingga mudah diolah dalam mulut.

Empal gentong dahulu hanya tersedia di sekitaran wilayah desa Batemmbat, kecamatan Tengah Tani. Lalu dikarenakan rasanya yang lezat, empal gentong lambat laut merambah hingga ke Cirebon.

5. empal asam

Empal asam adalah makanan khas Cirebon yang masih satu keluarga dengan empal gentong. Dari segi bahan yang dipakai sama-sama menggunakan daging sapi. Daging sapi diolah dengan cara direbus hingga empuk.

Perbedaan yang terdapat pada kedua jenis makanan ini terletak pada kuahnya. Jika kuah empal gentong dicampur dengan santan, lain halnya dengan empal asam yang menggunakan kuah bening.

6. mie koclok

Saat ini mie koclok sudah dijalankan oleh generasi yang ketiga. Cita rasa yang lezat dan sulit ditandingi dari mie koclok yang membuat kuliner ini masih bertahan hingga sekarang.

Mie koclok menyajikan mie basah yang disiram dengan kuah kaldu ayam dan sejumlah bumbu serta dilengkapi dengan irisan daun bawang, kembang kol, tauge, telur rebus, suwiran ayam goreng, dan taburan bawang goreng menambah kenikmatan dalam satu porsi mie koclok.

Tak lupa dalam menyantap mie koclok harus disertai sambal cabai rawit dan emping goreng.

Comments

Leave a Reply