Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali Yang Populer

Hai bunda, kangen sama artikel yang memberi informasi makanan khas? Nah sekarang aku lagi mau bahas tentang makanan khas daerah juga, yaitu makanan khas Bali yang populer. Bali sebagai tempat wisata dilengkapi pula dengan makanan khas yang bisa patut masuk daftar kulineran.

Kuliner Bali menggunakan bumbu khas Bali yang punya cita rasa tersendiri. Makanan khas Bali Yang Populer adalah sebagai berikut :

1. Sate Lilit

Daging yang diolah menjadi sate lilit dilekatkan hingga menempel pada tusukan satenya yang terbuat dari tangkai bambu atau batang serai. Bahan daging satenya sendiri merupakan daging cincang berbumbu khas.

2. Nasi Campur Bali

Hidangan ini adalah hidangan nasi yang dilengkapi dengan aneka lauk pelengkap. Aneka lauknya semua berbumbu khas Bali, ada sayuran hingga protein hewani. Tidak ketinggalan ada sambal matah.

3. Nasi jinggo

Dikenal juga dengan istilah nasi jenggo, sajian ini merupakan nasi yang dibalut dengan daun pisang. Konon makanan ini baru muncul ketika krisis moneter pada 1997.

Baca juga: Kuliner Nasi Padang

4. Ayam betutu 

Makanan Bali satu ini berupa hidangan ayam dan terkadang bebek, yang dimasak utuh dan bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Ayam yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang.

5. Serombotan

Serombotan bisa dibilang merupakan hidangan mirip urap yang berbahan utama sayuran. Bedanya, sayuran pada serombotan terdiri dari bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, tauge, terong bulat, dan pare. Bumbunya juga khas Bali, antara lain kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas.

6. Bubur mengguh

Bubur mengguh terdiri dari bubur, ayam suwir, potongan ayam dengan bumbu rempah yang disiram kuah kaldu ayam kental. Bubur mengguh berasal dari Buleleng, Bali kawasan Utara.

7. Sate plecing

Hidangan sate dilengkapi dengan sambal plecing yang rasanya pedas, gurih, dan asam segar. Sate plecing merupakan hidangan khas Singaraja. Biasanya disajikan saat ada perayaan keluarga.

Terimakasih

regional.kompas.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply