Lakukan Cara Ini Merebut Hati Calon Pengunjung Website. Terutama Niche yang Sudah Banyak Pesaing

Cara Merebut Hati Pengunjung Website

CARA MEREBUT HATI PENGUNJUNG WEBSITE 

Salam #MasBro dan #MbakBro

Punya blog? Website?

Bahas tentang apa?

lalu, bagaimana caranya punya konten yang menarik dan banyak dikunjungi orang ? simak beberapa pertanyaan berikut.

sumber : pexels.com 

pertanyaan pertama  …

Kalau untuk niche yang udah banyak pesaingnya ( contoh : niche bisnis dan entrepreneurship ), faktor apa saja sih yang bikin orang mau berkunjung ke website kita ? Inovasikah , dari segi kontennyakah, atau SEO ?

Jawaban simplenya begini.

Semuanya bener inovasi penting, konten juga penting, SEO penting juga, tapi jangan fokus ke satu elemen aja perhatikan kualitas konten dan elemen lainnya dengan lebih baik lagi.

So simple kan ?

Mau yang rada panjang , simak penjelasana berikut dengan baik.

Kalo Niche yang Sudah Banyak Pesaing, Gimana Cara Merebut Hati Calon Pengunjung Website?

Growth Hacking

Ini bisa diartikan sebuah teknik atau strategi pemasaran agar jumlah konsumen yang potensial meningkat dan semakin hari semakin bertambah, dengan skill ilmu komputer tentunya.
Sebagai intermezo kita pahami dulu gimana caranya merebut dan meningkatkan traffic website dengan studi kasus.

Studi Kasus 1 : Bukalapak

sumber : Bukalapak.com 

Simak kondisi awal website Bukalapak sebelum dilakukan proses Growth Hacking;

  • Projek dimulai ketika Bukalapak masih tertinggal jauh dari Tokopedia, jika dilihat dari SEO ataupun Alexa rank.
  • Strategi social media belum diterapkan. 
  • Pada awalnya Bukalapak belum ada koneksi atau bekerjasama dengan tokoh populer atau jaringan komunitas.

Dengan melakukan beberapa cara merebut pengunjung website maka dapat terlihat bahwa traffic organic dari Bukalapak meningkat secara drastis.

growth-hack-bukalapak-deerhamsumber : deerham.com

Bisa kamu lihat kalau akselerasi pengunjung organik Bukalapak mengalami peningkatan secara signifikan. 

Poin utamanya bagi pemilik website adalah traffic dari Google. Mengapa bisa begitu? Karena sebagian besar traffic didapatkan dari channel organic visit.

Studi Kasus 2 : Hijup

sumber : antijobless.com

Setelah studi kasus pertama, pasti ada yang mengatakan; “Ah itu mah lagi untung saja”. Oke kalau begitu kita lanjut ke studi kasus yang kedua. Berikut adalah beberapa goal yang dijadikan sebagai target sebelum project dijalankan; 

  • Tujuan utama adalah meningkatkan traffic di search engine Google
  • Target selanjutnya adalah cara apa yang akan digunakan dalam merayu investor agar rank Alexa menjadi meningkat 
  • Membuat variasi kata kunci agar masuk di search engine

Kita lihat hasilnya….

 sumber : http://deerham.com

Peningkatan traffic website hijup pada semua channel

 Peningkatan alexa rank sebab meningkatnya traffic

Artinya dengan tehnik ini, hasilnya akan secara pesat meningkatkan pengunjung website. Lebih dari itu, website anda akan lebih kuat secara Organik alias SEO serta mendapatkan traffic jangka panjang yang terus meningkat.

Umumnya banyak strategi buat ningkatin jumlah pengunjung website, ada yang gratis ada juga yang harus ngeluarin modal yang tidak sedikit. Coba kita bahas cara yang gratis sama yang bayar.

sumber : economictimes.indiatimes.com

A. Meningkatkan traffic Blog atau Website dengan gratis.

Dalam meningkatkan traffic secara gratis ada bebera hal yang wajib kamu lakukan dan kuasai :

1. Wajib Konsisten

Peganglah sifat konsisten, rajinlah menulis dengan topik yang sama atau relevan. Kamu harus menulis minimal 1 minggu 1 konten, dengan kualitas yang bagus pastinya.

2. Memberikan Value Pengunjung

Kualitas Kontenlah yang bakal jadi value bagi para pengunjung. Kamu juga harus melakukan penelitian rutin. Cobalah mengenali pengunjung yang datang ke website kamu, perhatikan kebiasaan atau behavior visitor. Kalau sudah tau karakter pengunjung seperti apa, habis itu coba buat inovasi, bikin website kamu menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lainnya.

Konten adalah aset dalam sebuah web atau blog. Logikanya kalau kamu sering menulis konten dengan kualitas tinggi maka pengunjung akan berdatangan dengan sendirinya dan pasti traffic nya akan naik. Posisikanlah diri kamu sebagai pembaca atau pengunjung kalau hendak menulis sebuah konten.

3. Menggunakan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization, inilah teknik untuk merebut pengunjung dan meningkatkan traffic untuk website kamu. Kamu harus membuat konsep SEO dengan serius kalo ingin menaikan traffic di website mu. Membuat Konten yang berbobot yang sesuai dengan konsep SEO, yakin deh Google ataupun pengunjung menganggap bahwa artikel yang ditulis layak untuk dibaca. Kalau memang bagus, pengunjung pasti akan share artikel kamu, terus otomatis traffic website kamu akan naik.

4. Blog Walking

Dengan cara mengunjungi blog orang lalu menuliskan komentar dan tinggalkan URL wibsite kamu, ini yang di sebut Blog Walking. Biasakan tuliskan komentar yang baik dan berbobot dan jangan SPAM.

5. Social Bookmarking

Sama halnya kaya blog walking kita bisa menyimpan URL website kita di situs social bookmarking, dengan harapan pengunjung lain tertarik dengan berita yang kita bookmark dan bertamu ke website kita.

Beberapa social bookmarking lokal yang bisa kamu manfaatkan : lintas.me, bookmarkindonesia.com

6. Social Media

Social media juga cara ampuh buat ningkatin traffic di website kamu, secara, jaman sekarang siapa yang tidak punya social media. Banyak sekali bisnis-bisnis yang berkembang karena social media. Potensi kenaikannya tergolong sangat cepat bahkan drastis dalam mengalami kenaikan, walaupun akan drastis pula dalam mengalami penurunan. Lain halnya sama teknik SEO yang memberikan kenaikan traffic yang konsisten.

Social media yang bagus : Twitter, Instagram, Facebook, Youtube dan sebagainya.

sumber : korankaltim.com

7. Forum

Masih dengan cara titip menitip, kali ini kamu bisa minitipkan URL website kamu di sebuah forum. Di dalam thread yang kamu buat di sebuah forum, kamu bisa menyisipkannya sebagai backlink. Tapi ingat thread yang kamu buat juga harus berbobot jangan sampai karena thread kamu yang tidak berkualitas membuat reputasi web kamu menjadi jelek.

Forum populer yang saya rekomen : forum.detik.com, kaskus.co.id, bersosial.com dan forum.kompas.com

8. Guest Posting

Sekarang udah banyak blog yang ngasih para pembacanya buat bisa ikut serta mengirimkan tulisannya. Boleh juga menaruh link di tulisan yang kita buat. Yang harus di perhatikan cocokan dulu kriteria blog dengan tulisan yang ingin kamu tulis di blog tersebut agar terlihat berkualitas.

Tempatnya disini : satujam.com, nyunyu.com, kompasiana.com.

sumber : wap.mi.baca.co.id

B. Meningkatkan traffic Blog atau Website dengan berbayar.

Sekarang kita bahas gimana caranya kalau kamu bayar. Cara ini cara paling instan dan paling diminati oleh para agency digital marketing. Tapi kalo tidak mau kantong kamu jebol kamu juga harus membuat manajemen yang baik jangan ujug ujug terus terusan kamu pakai cara ini tanpa mempertimbangkan konsekuensinya, itu akan merugikan kamu juga nantinya.

1. Iklan di Social Media

Carilah jasa buat memasangkan iklan kamu di social media mereka. Biasanya mereka akan menawarkan beberapa paket yang bisa kamu pilih dan mereka juga akan menjelaskan terlebih dahulu dan memastikan benefit apa saja yang akan kamu dapatkan bila memakai jasa mereka. Di situ kamu bisa jelaskan kalo kamu ingin traffic website kamu naik malahan mungkin mereka juga sudah tahu apa yang client mereka inginkan.

2. Iklan di PPC

Memasang iklan di penyedia layanan PPC juga masih di gemari untuk meningkatkan traffic. Kamu tinggal menyesuaikan budget yang kamu punya, semua ada levelnya dari budget yang minim sampe budget yang besar.

3. Iklan di situs iklan baris online

Sebenarnya banyak situs iklan baris yang memberikan ruang iklan baris secara gratis, tapi saya cenderung merekomendasikan yang berbayar karena biasanya lebih memiliki reputasi dan jelas berdampak pada bisnis anda. Pokoknya jauh lebih baik dari yang gratisan.

Related image

sumber : dubaiinformer.com 

C. Meningkatkan Traffic Website secara non-Organik

Yang di maksud Trafiic Website secara non-organik adalah kalau website kamu di buka dari forum / blog tanpa melalui perantara search engine. Search engine yang abal-abal juga bisa di kategorikan non-organic. Terus membuka website langsung pada address bar yang ada pada web browser ini juga di sebut non organic.

Cara ini hampir sama dengan cara meningkatkan traffic secara gratis. Tapi saya akan bahas lebih detailnya lagi.

1. Kenali kebiasaan pengunjung website

Analisa kebiasaan pelanggan juga jadi fokus utama.

Misalnya untuk studi kasus Bukalapak: Ketika mengetahui tentang statistik uninstall aplikasi mobile, kemudian dipersiapkanlah strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut. Seperti pembuatan code diskon khusus bagi pengguna smartphone.

Kebiasaan analisa ini juga memungkinkan kita untuk menciptakan fitur khusus lainnya, seperti fitur widget yang memungkinkan Bukalapak menjaring 3 keuntungan sekaligus;

  1. Popularity link untuk SEO,
  2. refferal visit, dan
  3. Membantu pelapak untuk menjual produknya lebih mudah

2. Jalin hubungan dengan Komunitas

Kita ambil lagi dari studi kasus Bukalapak dan Hijup. Mereka memanfaatkan kerjasama dengan komunitas yang sejalan visi maupun jenis produknya.

Misalnya, Bukalapak identik dengan sepeda, maka jalinlah hubungan dengan komunitas sepeda.

Dan agar kesannya positif. Hati-hati sewaktu menjalin hubungan, karena kalau sampai dianggap sebagai pengganggu maka anda akan diabaikan bahkan brand yang akan anda bangun pun bisa terkena imbasnya. Artinya anda kehilangan potensi bantuan yang berharga.

3. Optimalkan Format Judul

Judul artikel merupakan faktor krusial dalam membuat orang ingin klik dan membaca artikel yang kamu tulis. Menurut data Medium, artikel yang paling banyak di baca di media online rata-rata memilik 1.600 kata. Tapi ada juga yang berpendapat kalo nulis artikel di media online jangan terlalu panjang karena para pembaca di media online lebih mudah bosan.

Tapi Menurut saya tetap kualitas konten yang harus di tonjolkan. Jadi tidak masalah kalau artikelnya panjang tapi kualitas nya bebobot, itu malah akan bikin pembaca berlama-lama di website anda. Semakin panjang artikel anda semakin banyak pula kata kunci yang dapat di temukan pembaca lewat mesin pencarian. Ini juga termasuk teknik dari SEO

Ada sedikit refrensi dari Copyblogger untuk menerapkan konsep 4U dalam menulis Judul :

  1. USEFUL – Bermanfaat bagi pembaca
  2. URGENSI – Menandakan pentingnya tulisan yang sangat mendesak
  3. UNIK – Menyajikan tulisan yang unik dengan perbedaan sudut pandang.
  4. ULTRA SPESIFIK – Judul yang menjelaskan sangat detail

5. Optimalkan Gambar

Memasukan gambar dalam artikel kamu juga gak kalah penting nih, kalau jumlah kata dalam artikel terlalu banyak pembaca juga bakalan jenuh dan bosan. Jadi kamu bisa menaruh gambar di sela sela pembahasan konten yang kamu tulis agar pembaca bisa merefresh ke foskusannya. Gambarnya juga harus unik dan menarik yang bisa membuat pembaca teralihkan sejenak ke gambar yang kita masukin. Gambar juga sifatnya wajib untuk di masukin saat kamu memposting tulisan kamu, hal ini untuk meningkatkan potensi klik bagi para pengunjung.

Image result for non organic traffic

sumber : awutar.com 

D. Meningkatkan Traffic Website secara Organik

Kebalikan non-organik, Traffic Website Organik adalah kalo website kamu di buka melalui perantara /  mesin pencarian. Bedanya, traffic non-organic memang meningkatnya jauh pesat namun dengan waktu yang singkat. Kalo traffic organic walaupung meningkatnya gak secepat non-organik tapi jangka waktunya cukup panjang.

Jadi proses meningkatkan traffic organic kaya gini :

1. Siapin Keyword dengan Search Volume Besar

Untuk website yang masih memiliki domain authority kecil tentunya berbeda dengan yang sudah memiliki popularitas. Sebagai bagian dari strategi growth hacking saya menerapkan keyword dengan search volume besar sebagai jangka panjang. Alasannya;

  1. Keyword dengan search volume besar umumnya memiliki persaingan yang berat
  2. Keyword dengan search volume bear umumnya keyword generic/general yang akan tercapai dengan sendirinya ketika keyword yang spesifik sudah terpupuk.

Tapi jangan sampai kita mentargetkan keyword yang tidak ada pembacanya, karena itu lakukan hal ini saat ingin membuat artikel baru:

  1. Tentukan topiknya
  2. Masukkan katakunci yang terkait dengan topik ke Google Keyword Planner (GKP)
  3. Temukan kombinasi kata yang volumenya paling besar dan jadikan judul maupun sub-topik.

Andaikata anda ingin membuat artikel seputar melamar kerja

Lalu kita ambil salah satu kata kuncinya, yakni “CV” dan

Masukan kata kunci tersebut ke GKP.

Meningkatkan pengunjung blog dengan Google keyword planner

Dengan GKP kita bisa mengkonfirmasi, adakah yang mencari topik tersebut dan dari data diatas pula ternyata banyak kombinasi kata yang bisa kita maksimalkan. Baik sebagai bahasan sub-topik atau hanya sebagai katakunci yang dimaksimalkan jumlahnya.

Gunakan katakunci diatas untuk;

  1. Body konten / artikel
  2. Judul artikel
  3. Meta description

2. Kumpulkan keyword spesifik

Kalau kita ambil dari contoh diatas, ada 3 keyword yang nilainya dibawah puluhan ribu. Keyword turunan tersebut bisa kita dahulukan untuk mendapatkan traffic instant, namun jika dirasa cukup berat kita bisa mencari lagi keyword yang lebih spesifik.

Misalkan kita memakai kata kunci “Cara membuat CV”

meningkatkan pengunjung blog dengan keyword spesifik

Masukan ke Google dan akan kita temukan suggestion dari Google.

meningkatkan pengunjung blog dengan keyword spesifik

Atau jika anda ingin kata kunci spesifik yang lebih banyak, anda bisa memanfaatkan tools :  Keywordresearcher

Tapi pemakaian kata kunci yang terus berulang dan melupakan makna dari kata kunci tersebut akan berdampak juga pada tulisan kamu dan bakalan membuat pengunjung jadi bosan. Kata kunci bisa juga kamu jadikan backlink tergantung konten yang kamu bahas. Jadi sebisa mungkin bangun konten yang berpotensi mendatangkan backlink.

Ibaratnya backling adalah supplement biar website kamu bisa maksimal di search engine. Bisa juga backlink jadi penting banget karena tingkat persaingan yang berat. Ada juga yang bilang kunci dari usaha biar website kamu bisa di kunjungi lewat search engine ya backlink.

Kesimpulan:

Sebelum merencanakan strategi meningkatkan pengunjung website kita perlu memahami situs kita sendiri, dengan begitu kita bisa meningkatkan traffik website secara efektif. Kedepannya bijaklah dalam memilih, mau meningkatkan pengunjung website secara gratis ataupun berbayar.

Bab 2 

#
beberapa hal memang terlihat susah dan tidak mungkin, tapi itu hanya ketika kita tidak mau mencoba dan berusaha
#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Jangan lupa bahagia hari ini.

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
deerham.com/meningkatkan-pengunjung-website-dengan-growth-hacking/
dibuka pukul 18:12 WIB pada hari Rabu tanggal 10 April 2019


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply