Kuliner Nasi Padang

Kuliner Nasi Padang

Siapa yang tidak kenal dengan Kuliner nasi Padang? Kuliner Nasi Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari kawasan Minangkabau, provinsi Sumatra Barat, Indonesia.
Semua jenis masakan ini lebih populer dengan sebutan masakan Padang. Meskipun sesungguhnya berbagai resep masakan Sumatra Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang, misalnya kota Bukittinggi, Solok, Padang Pariaman, Payakumbuh, dan sebagainya juga dikenal memiliki tradisi kuliner yang kaya.

Rumah makan Padang atau rumah makan urang awak adalah sebutan untuk usaha rumah makan yang khusus menyajikan masakan Padang di luar daerah. Masakan Padang termasuk jenis masakan yang dapat dihidangkan kapan pun. Rumah makan Padang menawarkan keanekaragaman jenis masakan seperti rendang, gulai tunjang, gulai gajebo, soto Padang, dendeng balado, ayam pop, dan gulai kepala ikan kakap disertai Samba Lado (dikenal sebagai Sambal Balado di daerah jawa).

1. Rendang

Nasi Padang disajikan tanpa rendang. rendang pantas untuk dijadikan urutan pertama menu favorit dalam nasi Padang.

Rendang yang juga merupakan makanan tradisional dari Sumatera Barat biasanya dibuat dengan daging sapi dengan kuah khas yang mengandung santan dalam jumlah yang tinggi.

2. Ayam Pop

Menu favorit nasi Padang berikutnya yang juga terkenal, yaitu ayam pop. Lembut dan gurih membuat ayam pop berbeda dengan ayam goreng, ayam bakar, atau ayam gulai yang biasanya juga disajikan dalam nasi Padang.

3. Kalio

Kalio sering juga disebut rendang setengah jadi, karena masih berwarna kecokelatan dibandingkan rendang yang berwarna cokelat kehitaman.

Selain itu, perbedaan lainnya karena tektur kalio lebih lengket dan basah, dagingnya juga lebih alot, dengan aroma karamel yang kuat.

Baca juga: Kuliner Seblak

4. Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan juga menjadi menu favorit nasi Padang yang tidak di lewatkan.

Jenis ikan yang biasanya digunakan, yaitu ikan kakap. Nah, kelebihan dari gulai kepala ikan ini tentunya berasal dari kuahnya yang kental, gurih, dan nikmat.

5. Dendeng Batokok

Arti dari ‘batokok’ adalah memukul. Dendeng batokok berisidaging sapi yang sudah direbus dengan bumbu, lalu dipukul-pukul sehingga dagingnya menjadi pipih. Dendeng batokok paling nikmat apabila disajikan bersama sambal cabai hijau.

Terimakasih
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply