Kuliner Mie Goreng Aceh

Kuliner Mie Goreng Aceh

Kuliner Mie Goreng Aceh

Kalian Tau Mie Aceh? Udah Pernah nyobain belum?

Mie Goreng Aceh adalah salah satu kuliner khas dari Aceh. yang memiliki cita rasa yang sangat pedas. Hidangan ini menggunakan bahan utama mie, dengan jenis mie yaitu mie kuning tebal, yang dicampur dengan bumbu-bumbu spesial khas Aceh. Mie Goreng Aceh biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti udang dan cumi, dengan kuah sup sejenis kari yang gurih dan pedas. 

Mie aceh menunjukkan sejarah budaya masyarakat Aceh dengan yang mendapat banyak pengaruh budaya asing yang membentuk wilayah Aceh. Kuah berbahan dasar kari adalah pengaruh masakan India, sedangkan mi adalah pengaruh masakan Tionghoa. Preferensi pada daging kambing dan daging sapi menunjukkan nilai Islam yang mengharuskan memakan makanan yang halal.

Baca juga: Kuliner Seblak

Cara Penyajian Kuliner Mie Goreng Aceh 

1.Dibuat dengan Menggunakan Mie yang Khas

Mie Aceh menggunakan mie yang khas dengan bentuk yang tebal dan pipih. Tidak seperti mie yang lainnya, warna Mie Aceh cenderung berwarna kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada hidangan tersebut.

2. Kaya Cita Rasa Bumbu Rempah

Mie goreng Aceh dari hidangan mie dari daerah-daerah lain terletak pada racikan bumbu yang lebih tajam dan kaya rempah. Komposisi utama dari bumbu halus hidangan ini adalah cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica dan bawang putih. Takaran penggunaan racikan bumbu halus yang relatif lebih banyak di dalam setiap porsi Mie Aceh, membuat rasa bumbu-bumbu ini memiliki nuansa saat di mulut. 

3. Mie Goreng Aceh Super Pedas

Mie goreng Aceh memang kaya akan cita rasa rempah-rempah asli Indonesia. Tak heran kalau hidangan ini juga dibuat sesuai dengan lidah masyarakat setempat yang hampir seluruhnya suka makan makanan pedas.

Buat yang berkunjung ke Daerah Istimewa Aceh, udah dipastikan tidak akan menemukan pedagang yang menjual Mie Aceh. Pasalnya, seluruh pedagang mie baik kaki lima ataupun restoran bintang lima menjajakan mie dengan cara penyajian dan bumbu yang sama. 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Terimakasih
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply