Kuliner Indonesia Ini Sangat Unik, Yuk Kita Cari Tau!!

Jadi negara Indonesia ini sangat banyak sekallli kulinernya, nah di sini saya akan memberikan informasi seputar kuliner yang ada di Indonesia.

yuk kita  simak sama sama bir kita menambah wawasan seputar kuliner yang ada di negara kita ini yaitu Indonesia.

Ternyata Indonesia ini memiliki kulier kuliner yang sangat unik .

kuliner Indonesia cukup banyak sekali macam-nya. Sebagai negara yang memiliki beragam suku dan budaya tentu hal ini juga membuat kuliner Nusantara semakin beragam dan berbeda-beda di setiap daerahnya .

Cita rasa yang berbeda-beda berasal dari aneka rempah-rempah yang memberikan keunikan tersendiri pada setiap kuliner khas Nusantara. Keunikan kuliner-kuliner ini menjadi tanda kalau orang Indonesia pandai dan kreatif dalam mengolah makanankarena apa pun yang ada di Indonesia bisa dijadikan makanan.

Berikut ini adalah makanan khas Indonesia yang cukup unik dan menarik.

1. Botok Tawon

Botok tawon merupakan makanan yang biasa diolah oleh masyarakat di beberapa daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Botok tawon terbuat dari sarang tawon yang berisi lebah muda atau larva yang masih ada di dalam sarangnya.
Sarang tawon yang berisi larva akan dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibumbui dengan cabai, asam, tomat, gula merah, dan bawang merah yang kemudian di kukus bersama.
Selain lezat, botok tawon juga dipercaya mampu menyehatkan tubuh serta meningkatkan stamina. Di daerah Banyuwangi, ada sebuah warung botok tawon yang cukup terkenal.

2. Gulai Siput


Gulai Siput merupakan makana unik selanjutnya yang menjadi andalan terlebih pada bulan Ramadhan di Riau. Tentu saja, hidangan ini menggunakan bahan baku siput dalam pembuatannya.

Proses memasaknya pun hampir sama seperti gulai pada umumnya yakni menggunakan rempah, kunyit, santan, dan lain sebagainya. Hanya saja dagingnya diganti menggunakan daging siput. Dalam bahasa melayu dialek Kuantan Singingi, Gulai Siput disebut dengan ‘Gulai Cipuik’, sedang dalam bahasa melayu Rokan disebut dengan ‘Lengkitang.


3. Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan yang populer di daerah Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Palembang. Makanan ini berasan dari buah durian yang difermentasi. Meski terbuat dari fermentasi durian, tempoyak biasanya dinikmati bersama nasi sebagai lauk.

Tempoyak dibuat menggunakan bahan dasar durian yang sudah matang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup sambil diberi garam. Lalu, difermentasi selama 3 sampai 5 hari. Tempoyak yang sudah difermentasi bisa diolah menjadi sambal tempoyak dan dicampur dengan daging ayam atau menjadi sambal tempoyak udang.

Tempoyak sendiri memiliki cita rasa unik yang asam berasal dari proses fermentasi yang dilakukan.

4. Mandai

Mandai sangat populer di kalangan masyarakat Kalimantan. Hidangan ini terbuat dari proses fermentasi dari kulit cempedak. Mandai dibuat dari kulit bagian dalam cempedak yang sudah matang yang kemudian di potong dan direndan dalam air garam selama 3 hari sampai sebulan.

Setelah difermentasi, tekstur mandai juga tergantung dari lamanya proses fermentasi. Setelah jadi, mandai biasanya disajikan hanya dengan digoreng saja ataupun dimasak menjadi tumisan dengan tambahan bumbu dan bahan lain.

5. Ampiang Dadiah


Ampiang dadiah merupakan hidangan kombinasi antara ampiang atau emping yang terbuat dari beras ketan dengan dadiah yang merupakan makanan mirip seperti yoghurt tetapi diolah dengan cara tradisional khas Minangkabau.

Kudapan ini sangat populer oleh masyarakat Sumatera Barat. Dadiah yang mirip seperti yoghurt dibuat menggunakan susu kerbau yang disimpan dalam potongan bambu, yang kemudian dituutp dengan daun pisang lalu disimpan selama dua malam.

Hasilnya, susu kerbau akan berubah teksturnya mirip seperti yoghurt. Hal inilah yang membuat dadiah disebut sebagai yoghurt tradisional-nya Indonesia.

Cara penyajian ampiang dadiah sendiri dengan mengkombinasikan emping, dadiah, santan, gula merah cair, serutan kelapa, dan serutan es dalam satu mangkuk.

6. Papeda


Untuk makanan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Papeda atau bubur sagu merupakan makanan khas yang banyak ditemudia di daerah Maluku, Papua, Sulawesi Selatan. Meski begitu, hidangan ini sudah banyak ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Papeda atau bubur sagu disajikan dengan cara disiram dengan air panas lalu diaduk hingga mengembang. Papeda biasanya dinikmati dengan lauk pendamping berupa ikan tongkol atau mubara yang dimasak semacam gulai dengan bumbu kuning yang pedas. Papeda lebih baik jika disajikan panas-panas dan cara memakannya, bisa diseruput atau disedot langsung.

7. Pipis Kopyor


Kudapan pipis kopyor merupakan makanan ringan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa muda, roti tawar, dan santan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Pipis kopyor bisa ditemukan dengan tekstur padat atau berkuah santan. Isianya pun ada yang hanya berisi roti tawar dan kelapa muda, dan ada juga yang menambahkan isian lain seperti pisang.

Pipis kopyor sendiri memiliki citarasa yang manis dan gurih sehingga cocok dinikmati sebagai makanan ringan atau makanan penutup.

Tulisan Izyan Lainnya
1. 6++ Masakan Batak yang Sayang Dilewatkan, Mulai Ikan Mas Arsik Sampe Itak Gurgur
2. Cara Masak Manuk Napinadar, Resep Makanan Khas Batak
3. Hotel Legendaris di pinggiran Danau Toba, Nuansa Belanda Sejak 1911
4. Siapa Itu Siregar?
5. https://tulisin.kekitaan.com/kuliner-indonesia-ini-sangat-unik-mari-kita-cari-tau/
Makanan Batak yang terkait
1. …
2. …
Makanan Lainnya
1. Gong Xi Fa Cai?? 27++ Makanan Khas yang Cocok untuk Tahun Baru Imlek
2. …

Google mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya
Disini #MasBro #MbakBro bisa meminta dicariin informasi apapun … hmm yang positif
Silahkan ngobrol sama kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
10 Makanan Unik yang Merupakan Kuliner Khas Indonesia Halaman 8 | merdeka.com

Kata kunci lain yang sering dicari…

Botok tawon, gulai siput, tempoyok, mandai, amping dadiah, papeda, pipis kopyor

 

Comments

Leave a Reply