Kuliner Gudeg

Kuliner Gudeg

Kuliner Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Apa kalian tahu bahwa perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini loh. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Kuliner Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.Sejarah gudeg dimulai kala abad ke-16 kala prajurit Kerajaan Mataram membongkar hutan belantara untuk membangun peradaban. Lokasinya sekarang ada di kawasan Kotagede.

Ternyata hutan tersebut terdapat banyak pohon nangka dan kelapa. “Para prajurit yang jumlahnya ratusan itu kemudian berusaha memasak nangka dan kelapa.
Ada berbagai varian gudeg loh, antara lain:
• Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
• Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
• Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Ada sebuah cerita yang beredar di masyarakat yang mengisukan bahwa warna coklat pada gudeg dihasilkan dari darah ayam yang ditambahkan pada masakan. Mitos ini tidak benar, karena warna coklat dihasilkan dari daun kelor.

Baca juga: Kuliner Seblak

Asal Usul Gudeg

Kuliner Yogyakarta Pantas Dikenang Sepanjang Masa yang ditulis Murdijati Gardjito Dkk dijelaskan jika gudeg telah dikenal sejak masa lampau. Tepatnya pada pembangunan Kota Yogyakarta saat prajurit menebang Hutan Mentaok sekitar tahun 1756. Kala itu prajurit yang sedang menebang di hutan menemukan banyak pohon nangka dan kelapa.

Karena jumlah prajurit cukup banyak, maka nangka dan kelapa yang ditemukan mereka masak. Untuk memasak nangka dan kelapa yang jumlahnya sangat banyak, mereka memasaknya dengan menggunakan sendok sebesar dayung perahu agar masakannya tercampur rata.

Karena itu namanya disebut hanggudeg yang artinya mengaduk. Lalu makanan tersebut populer dengan nama gudeg.

Terimakasih
regional.kompas.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply