Tempat Terdingin di Indonesia? Ini Dia 5 Daftar Kota Terdingin di Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kota Terdingin di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Di mana Indonesia memiliki suhu udara sekitar 25°C – 36°C.

Namun, tahukah kamu? Ada beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki suhu udara yang sangat dingin. Bahkan, suhu udara tersebut bisa mencapai 9°C. Wah, mau tahu di mana saja? Simak terus ya!

 

1. Mulia, Puncak Jaya (Papua)

Pernah dengar tentang kota yang satu ini? Kota Mulia adalah kota yang berada di daerah Puncak Jaya Wijaya, Papua. Saat ini Kota tersebut dinobatkan sebagai kota terdingin di Indonesia lho.

Diketahui pada siang hari suhu di kota mulia ini mencapai 15°C. bahkan pada saat malam hari, suhu udara di sana bisa mencapai 9°C. wah.. dingin banget, ya. Selain suhu udaranya yang rendah, ternyata Kota ini juga memiliki curah hujan yang tinggi.

Gimana? Apa kalian tertarik untuk berkunjung ke sini?

 

Baca Juga
1. Waw! 7 Tempat Wisata Ini Menyajikan Pemandangan Seperti Di Negeri Dongeng
2. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan! Ini Dampaknya Pada Kesehatan

 

2. Berastagi, Karo (Sumatra Utara)

Kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Kota Berastagi. Berastagi adalah salah satu kota di Sumatra Utara yang berhawa sejuk. Kota ini berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, Berastagi juga merupakan salah satu kota wisata yang populer di Sumatra Utara, lho. Di sini kamu bisa menemukan banyak tempat unik dan menarik untuk dikunjungi.

 

3. Mamasa (Sulawesi Barat)

Mamasa adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Barat. Mamasa masuk ke dalam kawasan terdingin di Indonesia karena mempunyai suhu yang dapat mencapai angka 16 derajat celcius.

Nah, kamu harus coba nih berkunjung ke sini. Karena di sini kamu bisa menemukan beberapa objek wisata juga lho, salah satunya adalah agrowisata dan perkampungan tradisional.

 

4. Ruteng, Manggarai (Nusa Tenggara Timur)

Ruteng adalah sebuah Kecamatan yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kota kecil yang terletak di Kabupaten Manggarai ini dikenal sebagai kota paling indah dengan desain bangunan kebanyakan bergaya Eropa. 

Banyak orang menyebutkan bahwa kota Ruteng ini adalah Praha-nya Indonesia karena penampilannya yang mirip seperti kota Praha. Nah, kota yang satu ini masuk ke dalam kota terdingin di Indonesia karena suhu udaranya yang pernah mencapai hingga 10°C.

 

5. Gayo Lues (Aceh)

Gayo Lues merupakan salah satu kabupaten paling terisolasi di daerah Aceh. Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Daerah ini juga memiliki pesona yang luar biasa seperti jalur pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung. 

Karena suhu udaranya yang dingin, Gayo Lues menjadi penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Salah satu yang paling terkenal dari daerah ini adalah kopinya, yaitu kopi Gayo yang sudah mendunia.

 

https://youtu.be/rrh1r7NpeKg

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa kota terdingin di Indonesia. Mungkin bagi kita yang tinggal di tempat yang memiliki suhu panas tidak akan terbiasa ya kalau mengunjungi beberapa tempat tersebut. Karena memiliki suhu yang sangat dingin.

Tapi jika kamu penasaran atau suka dengan udara yang sejuk boleh banget nih mengunjungi tempat-tempat ini untuk menyegarkan diri.

 

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Boombastis.com dibuka pukul 11:28 WIB pada Hari Jum’at tanggal 4 Juni 2021
goodnewsfromindonesia.id dibuka pukul 11:28 WIB pada Hari Jum’at tanggal 4 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
kota terdingin di indonesia, mulia, berastagi, mamasa, ruteng, gayo lues


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply