Ga Banyak yang Tau!? 27++ Kota Terbesar di Indonesia

Kota Apa Aja Sih yang Termasuk Kota Terbesar di Indonesia?
Lalu Kota Apa yang Termasuk 5 Kota Terbesar Di Indonesia?

Jalan-jalan ke kota-kota Indonesia
Udah sering denger pantun itu kan
Kayak buat pantun aja udah sia-sia
Kalo ga pernah bener menjalankan

Salam #MasBro #MbakBro

Asalnya darimana?

Masuk ga dalam kota terbesar di Indonesia?

Selama ini mungkin kita cuma tau beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan kota-kota lainnya. Tapi tau ga Mas Bro dan Mbak Bro, apa aja sih 27 Kota terbesar di Indonesia?

Dari pada penasaran, kita bakalan kasih tau kota-kota terbesar di Indonesia

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar garudamagazine.com
Sumber Gambar garudamagazine.com

1.Tidore Kepulauan

Kota Tidore Kepulauan ternyata merupakan  salah satu kota  di Maluku Utara loh. Kota ini punya luas wilayah 9.564,7 km² dan termasuk kota terbesar di indonesia. Dan punya penduduk sebanyak 111.000 jiwa. Kota ini sekarang dipimpin oleh wali kota Kapten Ali Ibrahim dan Muhammad Senin (2016 – 2021)

Ternyata kota ini sudah terkenal sejak zaman penjajahan dulu loh. Karna kota ini salah satu penghasil cengkeh dan pala. Menurut sejarah bangsa eropa yang pertama kali menginjakan kakinya di Tidore adalah pelaut dari Spanyol. Mereka menginjakan kaki ke Tidore pada tahun 1512.  Dan ternyata kota ini juga pernah jadi ibukota provinsi Irian Barat loh.

Dan saat itu Sultan Tidore diangkat menjadi gubernur pertamanya. Karna Tidore ga punya bandara. Maka kita harus mendarat di Bandara Babullah, Pulau Ternate. Dan melanjutkan perjalanan darat menuju ke pelabuhan Bastiong selama 10 menit. Kita memilih menggunakan feri ato speed boat untuk menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore.

Kita harus membayar tarif feri sebesar Rp. 5.000 dan mobil Rp. 60.000.  Waktu penyeberangan membutuhkan sekitar 30 menit. Sementara dengan speed boat kita perlu biaya Rp. 8.000.  Ato mencarter speed boat seharga Rp. 70.000.  Dan lama penyeberangan memakan waktu 5 menit saja.

Dari Pelabuhan kita bisa pake angkutan kota seharga  Rp. 9.000 menuju kota Soasio. Soasio merupakan ibu kota Tidore Kepulauan. Lama perjalanan menuju soadio membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dan selama di Soasio, kita bisa menggunakan bentor ato becak motor, dengan harga Rp. 4.000.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

2.Yogyakarta

Yogyakarta ato yang biasa disebut dengan Jogja ternyata merupakan ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini sangat terkenal dengan batiknya loh dan termasuk kota terbesar di indonesia ke-2.

Kota dengan populasi penduduk sekitar 366.827 jiwa ini masih dipimpin murni oleh seorang raja. Selain itu Jogja masih memiliki unsur budaya yang kuat selain pulau bali. Sehingga ga heran kalau Jogja menjadi kota tujuan wisatawan domestik maupun internasional.

Selain itu, Jogja juga sangat terkenal dengan kulinernya seperti Gudeg dan Angkringan. Jogja memiliki luas 3.185,80 km2 yang terdiri atas empat kabupaten. Dan terbagi menjadi 78 kecamatan serta 438 desa/ kelurahan. Kota ini punya populasi sebanyak 3.452.390 jiwa loh. Untuk pergi ke Jogja kita bisa menggunakan transportasi udara maupun darat.

Soal penginapan kita ga perlu khawatir karna kota ini menyediakan banyak hotel dan homestay. Harganya pun mulai dari Rp. 100.000an kok. Untuk makanannya sendiri kita cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp. RP. 5.000 aja. Untuk transportasi, kita bisa menggunakan becak ato andong/delman.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar upload.wikimedia.org
Sumber Gambar upload.wikimedia.org

3.Palangka Raya

Mas Bro dan Mbak Bro tau ga?

Kalo Kota Palangka Raya ato Palangkaraya merupakan sebuah kota dan merupakan ibu kota dari  Provinsi Kalimantan Tengah. Palangka raya memiliki luas wilayah 2.400 km² dan termasuk kota terbesar di Indonesia ke-3. Kota memiliki populasi sebanyak 220.962 jiwa. Dengan kepadatan penduduk sebanyak 92.067 jiwa tiap km². Kota ini memiliki 5 kecamatan, yaitu Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sebangau, dan Rakumpit.

Kota ini berniat dijadikan ibu kota Indonesia menggantikan Indonesia loh. Tapi hingga sekarang berita ini masih dalam tahap perbincangan aja. Hal ini karna luas Palangkaraya setara 3,6 x luas Jakarta. Kalo pengen berkunjung ke kota ini kita bisa menggunakan jalur udara. Sedangkan untuk transportasi didalam kota kita bisa menggunakan taksi seharga Rp. 50.000 sampe Rp. 80.000.

Kalo pengen menekan pengeluaran kita bisa menggunakan angkot seharga Rp. 3.000. Untuk tarif ojek kita harus pinter-pinter nawar ya. Tarif negosiasi pada umumnya berkisar Rp. 10.000 untuk perjalanan 1-2 kilometer. Untuk harga makanannya kita bisa kenyang dengan harga mulai dari Rp. 5.000an kok.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar lancangkuning.com
Sumber Gambar lancangkuning.com

4.Dumai

Ternyata Kota Dumai merupakan salah satu kota di Provinsi Riau loh. Kota dengan luas 1.772 km2 berjarak 188 km dari Kota Pekanbaru. Kota ini termasuk kota termaju di Indonesia. Pada awal kota ini Mas Bro dan Mbak Bro ada 3 kecamatan, 13 kelurahan dan juga 9 desa. Sedangkan jumlah manusianya yang tinggal disini hanya 15.699 jiwa. Untuktingkat kepadatan 83,85 jiwa/km2. Tapi sekarang kota ini mulai berkembang dan populasinya mulai meningkat.

Untuk transportasi kesana kita bisa pake jalur udara, darat hingga laut. Untuk harga tiket pesawat kita perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 800.000. Untuk harga tiket laut dari batam ke dubai kita perlu menyiapkan mulai dari Rp. 380.000. Sedangkan harga bus dari medan ke dumai kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 145.000. Untuk harga makanannnya terbilang cukup murah kok, mulai dari Rp.  10.000an aja.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar tripadvisor.com
Sumber Gambar tripadvisor.com

5.Manokwari

Tau ga Mas Bro dan Mbak Bro?

Kalo Manokwari merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat. Kota ini termasuk kota terpadat di Indonesia. Manokwari juga menjadi ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota dengan luas 1.556,94 km² punya jumlah penduduk kurang lebih 210.488 jiwa.

Kota ini terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini juga punya objek wisata yang terkenal yaitu wisata bawah laut teluk doreri serta pegunungan arfak. Bahkan kota ini punya makanan khas bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang merupakan pecinta pedas. Makanan itu adalah ikan bakar manokwari yang menggunakan ikan tongkol.  Kalo pengen kesana kita perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 1.500.000an.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar brilio.net
Sumber Gambar brilio.net

Kota Terbesar Lainnya Di Indonesia

Selain 5 kota besar diatas serta punya ciri khasnya masing-masing. Indonesia masih punya banyak-banyak kota terbesar lainnya yang memenuhi Indonesia. Penasaran, simak terus artikel ini ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar farm4.staticflickr.com
Sumber Gambar farm4.staticflickr.com

6.Sorong

Ternyata Kota Sorong merupakan salah satu kota di Provinsi Papua Barat loh. Kota ini terkenal sebagai Kota Minyak. Kota seluas 1.105 km2 ini punya penduduk kurang lebih 255.100 jiwa. Kota ini terbilang sangat strategis karna merupakan pintu keluar masuk serta transit ke Provinsi Papua Barat. Kota ini juga terkenal sebagai kota industri, perdagangan dan jasa.

Karna Kota ini dikelilingi oleh kabupaten lain dan kaya akan sumber alam. Sehingga ga jarang investor dalam maupun luar negeri berlomba-lomba menanamkan modalnya ke kota ini. Tempat ini juga terkenal dengan Raja Ampatnya loh. Tempat ini merupakan salah satu surga dunia bagi penggemar snorkeling dan diving.

Jika pengen kesana, kita bisa menggunakan jalur udara. Untuk harga tiket pesawat sendiri kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 1.500.000an.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

7.Batam

Ternyata Batam merupakan salah satu kota terbesar di provinsi kepulauan riau loh Mas Bro dan Mbak Bro. Dengan luas 960,25 Km2, kota ini punya penduduk sekitar 944.285 jiwa. Kota ini juga terkenal sebagai kota industri loh, karna kita bisa menemukan banyak pabrik di kota ini. Kota ini memiliki letak yang sangat strategis karna berbatasan langsung dengan singapura. Dan kita hanya butuh waktu 20 menit  untuk menyebrang ke Singapore.

Kota batam juga terkenal sebagai kota belanja, karna banyak barang branded berharga miring yang memenuhi kota ini. Selain itu, kota ini terkenal dengan online shop yang menjual tas-tas branded KW. Kita bisa menggunakan pesawat untuk ke kota batam, kita perlu menyiapakn uang mulai dari Rp. 580.000an.

Untuk transportasi di kota ini, kita perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 3.000 sampe Rp. 8.000 jika pengen naik angkot. Sedangkan harga untuk naik ojek mulai dari Rp. 5.000, tergantung hasil negoisasi. Sedangkan bus disana masih terbilang jarang dan kita perlu menyiapkan biaya sebesar Rp. 4.000.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

8.Samarinda

Tau ga Mas Bro dan Mbak Bro? Kalo Samarinda ternyata merupakan ibukota Kalimantan Timur. Serta merupakan kota terbesar ke-2 di Kalimantan Timur. Kota dengan penduduk sekitar 727.500 jiwa ini punya luas 708  Km2. Kota ini juga sering dijuluki sebagai Kota Tepian. Mengingat posisi kota ini berada di tepian laut serta di tepian hilir sungai mahakam. Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Kota ini terkenal sebagai kota tambang di Indonesia. Ga cuma itu, bangunan Masjid Islamic Center yang merupakan Masjid termegah di Asia Tenggara berada di kota ini loh. Untuk oleh-oleh yang terkenal di kota ini adalah sarungnya. Karna sarung dari kota ini punya kualitas yang tinggi. Kalo pengen ke kota ini kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 350.000 untuk tiket pesawat.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

9.Padang

Tau ga kalian? Kalo Padang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat. Serta menjadi kota terbesar di sepanjang pesisir Sumatera. Kota ini sangat terkenal dengan rumah Gadangnya yang berciri khas unik.  Dengan jumlah penduduk sekitar 866.628 jiwa kota ini punya luas 694,96 km². Padang juga sangat terkenal dengan kulinernya salah satunya adalah Rendang. Makanan ini bahkan sudah diakui oleh dunia sebagai makanan terenak.

Kota ini juga sangat terkenal dengan sejarah dongengnya yaitu Malin Kundang. Cerita ini mengisahkan anak yang dikutuk oleh ibunya akibat durhaka. Kota ini juga punya hasil bumi yang terkenal yaitu bengkuang padang. Untuk kesana, kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 390.000 untuk tiket pesawat. Sedangkan harga tiket kapal ke padang dari Jakarta kita perlu menyiapkan mulai Rp. 700.000an.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

10.Jakarta

Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia, ternyata punya tingkat modernisasi paling tinggi di Indonesia loh. Karna semua hal bisa kita temukan di jakarta. Jakarta sering diibaratkan sebagai “little Indonesia”. Kota ini juga punya julukan Internasional The Big Durian karna keberagaman di dalamannya.  Kota ini juga punya sebuah ikon paling terkenal yaitu Monumen Nasional.

Di kota ini kita bisa menemukan Masjid Istiqlal (kemerdekaan) yang merupakan masjid terbesar di Asia tenggara. Serta masjid terbesar ke-4 di Dunia.  Dengan jumlah penduduk sebanyak 9.992.842 jiwa kota ini punya luas 664.01 km2. 7.659,02 km2 . Kota ini juga terkenal dengan ondel-ondel yang merupakan ciri khas orang betawi yang merupakan penduduk asli kota ini.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

11.Pagaralam

Tau ga Mas Bro dan Mbak Bro? Kalo Kota Pagar Alam merupakan sebuah kota di provinsi Sumatera Selatan. Dulu kota Pagar Alam merupakan kota administratif di Kabupaten Lahat. Kota dengan luas sekitar 633,66 km² punya jumlah penduduk 126.181 jiwa. Dengan kepadatan penduduk sekitar 199 jiwa per km².

Kota yang berjarak sekitar 298 km dari kota Palembang ini sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu Nasi Ibat Daun, Pindang Besemah, dan Pindang Kuah Kuning. Kota ini juga berjarak sekitar 60 km dari Kabupaten Lahat. Untuk ke kota ini kita bisa menggunakan pesawat. Kita perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 900.000. Kota ini juga menyimpan keindahan alam yang indah yaitu danau merah rimba candi dan air terjun curup embun.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

12.Pekanbaru

Pekanbaru ternyata merupakan ibukota provinsi riau, dengan luas 632,27 km2 loh. Serta memiliki jumlah penduduk sekitar 897.700 jiwa. Kota ini ternyata terkenal dengan ikan selaisnya loh. Bahkan ikan ini dijadikan sebagai ikon kota ini yaitu tugu ikan selais. Kota ini juga pernah berhasil menjadi tuan rumah Acara Pekan Olahraga Nasional 2010 (PON 2010).

Negeri Lancang Kuning ini merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia ini. Kota ini memiliki satu bandar udara internasional. Serta dua pelabuhan yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Kota ini merupakan salah satu kota metropolitan dengan nama Pekansikawan, (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan).

Perekonomian di kota ini sangat dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan minyak, pabrik pulp serta kertas. Ga ketinggalan perkebunan kelapa sawit beserta pabrik pengolahannya yang banyak menghiasi kota ini. Kalo pengen ke kota ini kita bisa merogoh kocek mulai dari Rp. 158.000.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

13.Singkawang

Kota Singkawang ato San Keuw Jong merupakan sebuah kota  di Kalimantan Barat. Kota  dengan luas 504 km2 ini terletak 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak.  Kota singkawang ternyata dikelilingi pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok. Ternyata Singkawang awaknya adalah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas.  Dulu tempat ini dijadikan tempat singgah para pedagang serta penambang emas dari Monterado.

Para penambang dan pedagang hampir semuanya berasal dari negeri China. Karna perkembangan kota ini yang dinilai mereka cukup menjanjikan. Membuat penambang beralih profesi menjadi petani ato pedagang di Singkawang. Dan mereka memutuskan untuk menetap di kota singkawang. Kota ini punya makanan khas yaitu bubur padas serta mie tauw. Tempat ini juga punya tempat wisata yang ga kalah menarik yaitu air terjun sibohe dan hangmoy.

Kalo untuk harga tiket pesawat kita perlu menyiapkan sebanyak Rp. 450.000an. Sedangkan untuk tiket kapal kita perlu menyiapkan Rp. 800.000an. Sedangkan untuk transportasi selama disana kita bisa menyewa transportasi seperti motor dan mobil. Karna kota ini minim angkutan umum.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

14.Balikpapan

Balikpapan ternyata merupakan kota terbesar di Kalimantan Timur dan punya jumlah penduduk sekitar 557.579 jiwa. Balikpapan merupakan salah satu kota terpenting di Indonesia. Karna kota ini punya banyak tambang minyak bumi & batu bara. Selain itu kota ini punya bandar udara Sepinggan yang merupakan bandara termegah di Kalimantan.

Tapi sekarang bandara itu telah berganti nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Kota ini juga merupakan salah satu kota di Indonesia dengan pendapatan daerah tertinggi. Kota Balikpapan punya luas 503,3 km² dan sangat terkenal dengan hutan bakau margomulya. Kalo berkunjung ke kota ini jangan lupa membeli oleh-oleh kepiting dan mantau ya.

Kalo pengen berkunjung ke kota ini kita bisa menggunakan pesawat ato kapal laut. Untuk harga pesawat kita harus menyiapkan dana mulai dari Rp. 200.000an. Dan harga tiket kapal ke kota ini mulai dari Rp. 500.000an.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

15.Semarang

Semarang yang merupakan ibukota dari provinsi Jawa tengah. Ternyata merupakan kota terbesar di Jawa Tengah dan punya penduduk sebanyak 1.5 juta jiwa. Kota ini terkenal dengan Masjid Agung Semarang yang punyaarsitektur yang indah. Mereka ternyata menggunakan teknologi payung untuk melindungi jama’ah dari panas berlebih & hujan.
Kota ini juga sangat terkenal dengan peninggalan-peninggalan penjajahan seperti Lawang Sewu. Kota dengan luas 373,78 km2 ini sangat terkenal dengan lumpia semarangnya. Kota ini juga punya pelabuhan terbesar keempat seindonesia. Kalo ke kota ini kita bisa menggunakan jalur darat seperti bus dan kereta api. Untuk harga bus kita perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 200.000an. Serta harga kereta api yang mulai dari Rp. 65.000.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

16.Palembang

Mas Bro dan Mbak Bro tau ga? Kalo Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Serta merupakan kota terbesar ke-2 di pulau Sumatera dengan jumlah penduduk lebih dari 1.4 juta jiwa. Palembang ternyata punya sebuah sport center megah yakni Jakabaring Sport center. Bahkan telah sering menjadi tuan rumah untuk event sekelas Internasional. Kota ini memiliki ikon yang terkenal yaitu Jembatan Ampera. Bahkan sejarah kerajaan Sriwajaya berasal dari kota ini.

Sungai Musi merupakan urat nadi bagi penduduk palembang, di sungai inilah penduduk Palembang melakukan aktivitasnya. Kota ini punya luas 358,55 Km² dan dilalui oleh jalan Lintas Sumatera. Orang mancanegara mengenal kota Palembang dengan julukan Venice of the East (“Venesia dari Timur”).

Ga cuma ini Mas Bro dan Mbak Bro pasti sering banget denger yang namanya empek-empek palembang. Hampir disetiap kota kita bisa menjumpai makanan khas Palembang ini. Kalo pengen naik pesawat kita perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 170.000an. Serta harga tiket kapal laut yang mulai dari Rp. 180.000an loh.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

17.Surabaya

Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa timur ternyata dikenal juga sebagai kota pahlawan loh. Dan sangat  identik dengan Bung Tomo melawan penjajahan Belanda. Kota ini juga merupakan salah satu kota terbesar se-Asia tenggara. Dengan total penduduk lebih dari 3.1 juta jiwa, kota ini punya luas 350.54 km2. Ga cuma itu aja, Surabaya juga terkenal dengan Taman Bungkunya. Taman ini disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah seIndonesia.  Jembatan SURAMADU (Surabaya – Madura), juga menjadi ikon terkenal dari kota ini.

Kota Surabaya juga menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, serta pendidikan di Jawa Timur. Kota ini terletak di tepi pantai utara Pulau Jawa serta punya dua pelabuhan loh. Yaitu Pelabuhan Tanjung Perak serta Pelabuhan Ujung yang terkenal bahkan punya nyanyiannya. Untuk makanan khas kita harus mencicipi rujak cingur khas Surabaya. Kita bisa menggunakan jalur darat yaitu kereta api dan bus kalo pengen mengunjungi kota ini. Kita harus menyiapkan biaya mulai dari Rp. 75.000 untuk tiket kereta. Dan biaya mulai dari Rp. 250.000 untuk harga tiket bus.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

18.Medan

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, ternyata merupakan kota terbesar di pulau sumatera loh. Kota ini punya luas 265.00 km2 serta jumlah penduduk yang  lebih dari 2 juta jiwa. Medan juga sangat terkenal dengan buah duriannya yang sangat tersohor. Di kota ini telah berdiri kokoh Masjid Raya Medan yang berada tepat di jantung kota.  Serta Istana Maimun yang berdiri megah yang juga menghiasi kota ini.  Serta menjadi salah satu ikon utama di kota medan.

Kota Medan juga menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia untuk bagian barat. Serta pintu gerbang kalo kita pengen mengunjungi wisata Brastagi di Karo. Kita juga bisa mengunjungi Danau Toba yang sudah sangat tersohor hingga ke luar negeri. Untuk biaya tiket kita perlu merogoh kocek mulai dari Rp. 150.000an.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

19.Makassar

Makassar merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Barat. Dan ternyata kota ini terkenal sebagai kota terbesar. Serta merupakan pintu gerbang Indonesia bagian timur. Kota ini sangat terkenal dengan Kapal Phinisinya bahkan di dunia. Ini menunjukan bahwa nenek moyang orang Makassar merupakan pelaut yang tangguh.

Salah satu ikon di kota ini adalah wisata Pantai Losari. Serta Trans Studio Makassar yang merupakan indoor theme park terbesar pertama di Indonesia. Kota seluas  199,26 km2 tergolong kota metropolitan di Indonesia. Punya jumlah penduduk lebih dari 1,6 juta jiwa. Membuat kota ini menduduki peringkat kelima berpenduduk terbesar di Indonesia.

Kalo kita kesana jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Makassar. Contohnya seperti Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro. Bahkan makanan ini bisa kita temui di kota kita masing-masing saking terkenalnya. Kalo pengen kesana kita harus menyiapkan biaya mulai dari Rp. 459.000 untuk harga tiketnya.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

20.Bandar Lampung

Mas Bro dan Mbak Bro tau ga? Kalo Bandar Lampung merupakan ibukota provinsi Lampung.  Kota ini punya  jumlah penduduk sekitar 881.801 jiwa dan luas 169,21 km2. Kota ini merupakan salah satu kota penting di pulau Sumatera. Karna kota Bandar lampung merupakan pintu gerbang utama pulau Sumatera dari pulau Jawa.

Suku asli kota ini adalah suku lampung, tapi ternyata mayoritas penduduknya merupakan  suku jawa loh. Kota Bandar Lampung juga sangat terkenal dengan kain tapisnya yang unik. Ga cuma itu, kota ini juga terkenal sebagai  Kota Pisang.  Karna kota ini mengahsilkan banyak sekali buah pisang. Ga cuma itu kota ini juga sangat terkenal dengan Gajah Lampung.  Gajah ini dikembangkan serta dilatih di pusat pelatihan Way Kambas.

Ga ketinggalan kopi robusta yang cocok dijadikan oleh-oleh jika berkunjung kesana. Kita cukup merogoh kocek Rp. 50.000 untuk perbungkusnya. Untuk harga tiket pesawat kalian harus menyiapkan biaya mulai dari Rp. 178.000.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

21.Bandung

Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk lebih dari 8.6 juta jiwa. Bandung dikenal sebagai kota fashion Indonesia dan mendapat julukan sebagai Paris Van Java. Kota ini juga terkenal sebagai kota penghasil para  artis, ga heran kalo banyak artis yang berasal dari sana. Suhu kota yang sejuk serta banyaknya pegunungan membuat kota ini kerap kali dikunjungi wisatawan.

Kota ini punya ikon utama yaitu Jembatan Pasupati dan Gedung Sate. Banyak sekali muda-mudi nongkrong disana saat sore hari.  Hanya untuk bersantai aja di depan gedung sate. Kota ini juga  punya indoor themepark terbesar di dunia, yaitu Trans Studio Bandung.  Dengan luas 167,67 km2 kota ini termasuk kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Kalo kesana kita wajib mencoba siomay khas bandung. Serta bandros, nasi tutuk oncom dan peuyeum. Kalo pengen kesana kita bisa menggunakan jalur darat maupun udara. Untuk harga tiket pesawat kita perlu merogoh kocek sebesar Rp. 257.000. Serta menyiapkan biaya mulai dari Rp. 36.000 untuk tiket kereta api.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

22.Manado

Manado ternyata merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara. Kota ini merupakan kota terbesar ke-2 di pulau Sulawesi. Kota ini juga punya jumlah penduduk sekitar 410.481 jiwa. Kota Manado sangat terkenal akan wisata air Bunakennya. Bahkan  sudah terkenal hingga dunia Internasional. Untuk kuliner khas manado punya ciri khas berbumbu pedas loh. Penggemar makanan khas dari kota ini juga digemari hingga ke mancanegara.
Kalo berkunjung ke kota ini jangan lupa menikmati pemandangan pesisir pantainya. Apalagi kota ini terkenal dengan berbagai olahan seafood. Kalo kesana jangan lupa mencicipi olahan sefoodnya juga ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

23.Malang

Mas Bro dan Mbak Bro tau ga? Kalo Malang merupakan kota terbesar ke-2 di Jawa Timur. Kota ini  punya jumlah penduduk sekitar 820.243 jiwa. Kota ini berada di dataran tinggi jadi ga heran kalo hawa dingin meliputi kota ini. Kota ini juga sering banget kok dijadiin destinasi wisata.

Kota Malang juga merupakan pintu gerbang utama jika kita pengen  ke gunung Bromo & gunung Semeru. Selain itu kota ini juga terkenal dengan buah apelnya yang berwarna ijo. Di Malang banyak banget nih museum. Mulai dari museum sejarah sampe museum modern.

Salah satu museum terkenalnya adalah museum angkut.  Museum ini dibilang merupakan museum alat transportasi terlengkap di dunia loh. Disini kita bisa menemukan banyak alat transportasi dari jaman dulu sampe jaman sekarang dari berbagai belahan dunia loh. Kota ini memiliki luas 145,28 km2. Dan  terletak 90 km sebelah selatan Surabaya.
Kalo kita pengen kekota ini kalian bisa membeli tiket kereta dengan harga mulai dari Rp. 50.000an. Ato ga kita bisa naik bus dengan harga mulai dari Rp. 100.000an. Tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

24.Denpasar

Siapa sih yang ga kenal sama kota ini? Denpasar ternyata merupakan ibu kota dari Provinsi Bali. Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 788.589 jiwa. Kota ini juga terkenal dengan keindahan pantainya loh. Contoh ya kayak pantai sanur. Tak hanya itu, Kota denpasar juga memiliki Tanah Lot. Tempat ini memiliki keindahan pura & pantai yang ga duanya deh.

Kota ini juga paling banyak dikunjungi wisatawan Mancanegara yang pengen berlibur di pulau Bali. Jadi tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro, mulai nabung yuk biar bisa berkunjung ke pulau ini. Dijamin ga bakalan nyesel deh Mas Bro dan Mbak Bro. Jika ingin berkunjung ke kota ini kalian harus nyiapin biaya mulai dari 300.000an untuk tiket pesawat. Itu kalo lagi promo ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

25.Pontianak

Pontianak ternyata ibukota provinsi Kalimantan Barat loh. Kota ini juga merupakan kota terbesar ke-4 di tanah Borneo. Kota ini juga punya jumlah penduduk sekitar 554.764 jiwa. Kota Pontianak ternyata punya kondisi perekonomian yang terbilang mapan. Karna banyak banget penduduknya yang melakukan Perdagangan, Jasa, dan Industri.

Ikon utama kota ini adalah tugu Khatulistiwnya. Karna kota ini merupakan satu-satunya kota di dunia yang dilewati garis Khatulistiwa. Selain itu, kota ini dilintasi sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.  Di kota ini juga berdiri masjid megah yaitu Masjid Raya Mujahidin (Masjid Agung Pontianak Masjid ini merupakan masjid terbesar ke-2 di Indonesia.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasiin di Sumatera Utara

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

26.Banjarmasin

Mas Bro dan Mbak Bro tau ga? Kalo Banjarmasin ternyata merupakan ibukota Kalimantan Selatan. Dengan  luas 72 km2 kota ini punya jumlah penduduk sekitar 625.41 jiwa. Suku asli kota ini adalah suku Banjar. Kota Banjarmasin sangat terkenal dengan julukannya sebagai kota seribu sungai. Karna di kota ini banyak banget dilintasi sama sungai-sungai.

Jadi ga heran kalo dikota ini terkenal banget sama pasar terapungnya.  Bahkan katanya pasar ini merupakan pasar terapung terbesar di Indonesial loh. Untuk masalah kuliner khas Banjarmasin kita harus nih nyicipin soto Banjarnya. Makanan ini uda sangat terkenal diseluruh indonesi kok.  Ayo Mas Bro dan Mbak Bro, buruan cicipi makanan khas kota ini.

Baca Juga : 27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan

27 Kota Terbesar di Indonesia - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

27.Solo

Ternyata kota Solo merupakan kota terbesar ke-2 di Jawa Tengah.  Kota ini  terkenal juga  akan produsen Batiknya loh. Dengan luas 42 km2 kota ini punya jumlah penduduk sekitar 499.330 jiwa. Solo juga dikenal sebagai Spirit of Java (Kekuatan Pulau Jawa). Karna ternyata dikota ini bermula banyak kebudayaan jawa yang terkenal sampe sekarang. Mas Bro dan Mbak Bro kenal ga sama lawak Srimulat?

Ternyata mereka berasal dari kota ini loh. Jadi ga heran kalo kota ini dikenal juga sebagai penghasil budayawan jawa yang berpengaruh.

Beras dari kota ini juga sangat termahsyur loh apalagi dengan tekstur serta rasanya yang pulen. Solo juga ternyata masih dipimpin oleh seorang sultan dan tinggal di Keraton Solo. Selain itu orang solo juga terkenal sangat ramah serta lemah lembut. Apalagi serabi dari kota ini juga sangat enak, kalo berkunjung ke kota ini jangan lupa nyicipin ya. Kalo pengen kesana kita bisa menggunakan kereta pramex dengan harga Rp. 8.000.

Udah siap berangkat ke kota-kota itu?

Sebarin ke sosial media ya.

Oh ya, kalo ada pertanyaan. Silahkan isi kolom komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
Kamis, 23:54 WIB 29 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – EF

Sumber Tulisan
Indonesia Info. 2016. 20 Kota Besar di Indonesia. indonesiainfo70.blogspot.co.id/p/20-kota-besar-di-indonesia-telah.html diakses pukul 23.00 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Kompas. 2015. Tips Melancong ke Tidore.Travel. kompas.com /read/2013/05/ 14/16265915/ tips.melancong.ke.tidore diakses pukul 23.10 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Wikipedia. 2013. Manokwari. Id.wikipedia.org/wiki/Manokwari_(kota). diakses pukul 23.20 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016. diakses pukul 23.150 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Wikipedia. 2013. Palangkaraya Kota. id.wikipedia.org/wiki/Kota_Palangka_Raya. diakses pukul 23.30 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Wikipedia.2015. Kota Sorong .id.wikipedia.org/wiki/Kota_Sorong. diakses pukul 23.45 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Wikipedia. 2014. Kota Singkawang. id.wikipedia.org/wiki/Kota_Singkawang. diakses pukul 23.53 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Wikipedia. 2013. Kota Tidore Kepulauan. id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tidore_Kepulauan. diakses pukul 01.26 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.
Kompas. 2015. Tips Melancong ke Tidore.Travel. kompas.com /read/2013/05/ 14/16265915/ tips.melancong.ke.tidore. diakses pukul 02.10 WIB, pada hari Senin 18 Desember 2016.

Sumber Gambar
bp.blogspot.com diakses pukul 01.00 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
brilio.net diakses pukul 02.55 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
farm4.staticflickr.com diakses pukul 02.15 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
garudamagazine.com diakses pukul 02.12 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
indonesiainfo70.blogspot.co.id diakses pukul 03.12 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
lancangkuning.com diakses pukul 02.00 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016.
tripadvisor.com diakses pukul 02.30 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016
upload.wikimedia.org diakses pukul 02.14 WIB, pada hari Selasa 19 Desember 2016

Comments

Leave a Reply