Kondisi Perekonomian Indonesia Selama Masa Pandemi

👁️1x   💬0 🕗00:27 menit

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Halo teman-teman semuanya! Hari ini tepatnya Rabu, 21 April 2021, seperti biasa saya melakukan sekolah online dimulai dari jam 08:00 sampai 11:15. Nah, pada jam pertama, saya diberikan tugas UH Pengetahuan dan UH Keterampilan mata pelajaran Ekonomi Bisnis nih teman-teman. UH Keterampilannya itu membuat artikel di kekitaan mengenai pandangan saya terhadap perekonomian Indonesia selama masa pandemi. Untuk itu, saya akan menjabarkan sedikit pandangan saya. Yuk!

Pandangan saya, perekonomian Indonesia selama masa pandemi mengalami penurunan drastis. Mengapa demikian? Karena saat pandemi seperti ini, banyak pegawai yang mengalami PHK karena perusahaan mengalami penurunan produksi serta laba yang mengharuskan sebagian pegawai diberhentikan sehingga banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Selain itu juga, kesusahan dalam mencari lapangan pekerjaan sehingga semakin banyak orang mengalami pengangguran. Hal tersebut menyebabkan banyak sekali warga Indonesia yang sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan harus menghemat biaya dengan hidup berkecukupan. Banyak dari mereka yang beralih profesi menjadi penjual atau seorang pedagang.

Tidak hanya itu saja, banyak juga pengusaha yang mengalami kerugian karena berkurangnya jumlah permintaan barang yang mereka produksi akibat saat ini banyak orang hidup hemat dan hanya membeli barang pokok saja. Banyak juga terjadi kenaikan harga atau inflasi pada barang dan jasa yang berlangsung secara terus menerus. Hal tersebut akibat kondisi perekonomian Indonesia yang mengalami penurunan pada saat pandemi ini. Para pedangang biasa juga terkena dampaknya, tidak banyak barang yang mereka jual itu terjual habis dan saat ini kerumunan pun tidak dibolehkan sehingga para pedagang mengalami sepi pembeli setiap harinya. Apalagi selama masa pandemi ini, kebanyakan orang lebih menyukai berbelanja online sehingga banyak pedagang di pasar atau pedagang biasa mengalami kerugian akibat kurangnya pembeli yang bisa memberikan mereka keuntungan.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Kemudian negara Indonesia mengalami kerugian besar akibat selama pandemi ini banyak orang di dunia tidak bisa berpergian kemana pun. Warga saat ini tidak diperbolehkan untuk mudik bahkan berpergian antarkota saja itu sulit karena takut virus menyebar semakin banyak. Akibatnya, tidak ada pemasukan untuk negara Indonesia dari keberangkatan pesawat, kereta dan alat transportasi lainnya.

Selain itu juga, biasanya banyak sekali wisatawan yang datang untuk berlibur ke Indonesia karena Indonesia sangat indah dan mempesona. Tetapi karena pandemi ini, wisatawan asing sudah jarang untuk mengunjungi Indonesia sehingga Indonesia tidak mendapatkan pemasukan dari pariwisata yang bisa membantu perekonomian Indonesia. Hotel dan tempat wisata juga mengalami penurunan ekonomi akibat sepi pengunjung.

Para penduduk lokal yang berada di daerah area wisata juga tidak mendapatkan penghasilan yang banyak seperti biasanya karena barang atau souvenir yang biasa mereka jual kepada wisatawan asing tidak terjual. Para penduduk lokal menjadikan itu sebuah pekerjaan bagi mereka untuk menghasilkan uang terutama untuk biaya hidup mereka sehari-hari.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai pandangan saya terhadap perekonomian Indonesia selama masa pandemi. Mungkin banyak pandangan saya yang salah atau mungkin kurang tepat. Akan tetapi, saya hanya menyampaikan pendapat saya. Bila rasa ada kesalahan atau ada kekurangan, boleh teman-teman komen di bawah ini ya?

Komentar yang diberikan akan membuat saya menjadi lebih baik lagi.

Terima Kasih atas perhatian kalian semua!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN,
Rabu, 21 April 2021, Rabu 21 April 2021, Karya Siswa SMK Wikrama Bogor & Garut,
Kondisi Perekonomian Indonesia Selama Masa Pandemi, Kondisi, Perekonomian Indonesia, Masa Pandemi, Perekonomian, Indonesia, Masa, Pandemi,

Comments

Leave a Reply