Alur Cerita BoBoiBoy: The Movie 1 & 2

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️


Alur Cerita BoBoiBoy: The Movie 1 & 2

Salam #MasBro #MbakBro
Hlo MasBro dan MbkBro kalian suka nonton BoBoiBoy? Sekarang BoBoiBoy The Movie 1 & 2 sudah tayang loh,?  mau tau alur ceritanya?

BoBoiBoy: The Movie 1 & 2

BoBoiBoy: Sfera Kuasa  adalah sebuah film animasi 3D asal Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Film ini merupakan adaptasi dari serial animasi BoBoiBoy. Film ini tayang pada tanggal 3 Maret 2016 di Malaysia dan 13 April 2016 di Indonesia.

Tanggal Tayangan

Rencananya asli, film ini akan ditayangkan di bioskop pada akhir tahun 2014, tetapi telah ditunda ke bulan Maret 2015 dan ditunda lagi ke bulan November 2015 menurut Majalah Komik BoBoiBoy. Kemudian, ditunda lagi ke bulan Maret atau April 2016 menurut Facebook BoBoiBoy.

Pada 21 Desember 2015, Animonsta Studios telah mengumumkan tanggal tayangan secara resmi melalui Facebook BoBoiBoy, yaitu pada 3 Maret 2016. Pada 30 Desember 2015, Animonsta Studios telah mengumumkan pula tanggal tayangan di bioskop Indonesia yaitu pada 13 April 2016. Pada 18 Maret 2016, pihak Monsta telah mengumumkan tanggal tayangan di Singapura yaitu pada 18 Maret 2016

1.BoBoiBoy: The Movie

Karakter           Pengisi suara       Deskripsi 


Klamkabot Usamah Widiatmoko Sfera Kuasa generasi pertama. Dia sering diburu oleh alien-alien jahat yang tidak bertanggung jawab sepanjang hayatnya, dan akhirnya dia terpaksa memberikan kuasanya kepada Ochobot untuk menghidupkannya kembali.
Ying Yap Ee Jean Seorang yang ceria, tapi pemalu. Dia bisa memanipulasi waktu, membuat lingkungan menjadi lambat ataupun cepat. Dalam film ini, Ying telah menerima upgrade; Ying yang sebelumnya hanya dapat memperlambat dan mempercepat waktu saja, tetapi kini Ying dapat mengulang kembali sesuatu peristiwa lalu yang telah terjadi.
Papa Zola Nizam Razak Seorang superhero yang keluar dari permainan video pada musim pertama yang kemudian menjadi seorang guru dan mentor kepada BoBoiBoy dan kawan-kawannya.
Kiki Ta Chan Su Ling Seorang pilot yang terhebat dalam Tim Tengkotak. Dia juga merupakan seorang penembak yang tepat, semuanya adalah hasil dari latihan militer elit.
Bora Ra Azman Zulkiply Seorang pemburu Sphere Kuasa yang terkenal di Planet Ata Ta Tiga. Bora Ra menantang dirinya untuk mencari Klamkabot.
Oake Wong Pak Lin Seorang kepala yang berwibawa dan selalu gembira. Menggunakan Ukulele kekuatan yang mampu mengontrol tanaman.
Yoyo Oo Anas Abdul Aziz Seorang ahli dalam robotika dan teknologi feraS Kuasa dalam Tim Tengkotak. Dia merupakan anggota tim yang terpandai dan ahli dalam pencarian informasi.
Gopal Dzubir Mohammed Zakaria Sahabat baik kepada BoBoiBoy. Kuasanya adalah konversi molekul, memungkinkan dia mengubah dari satu objek menjadi objek yang lain. Dalam film ini, Gopal telah menerima upgrade; memungkinkan dia mengubah molekul-molekul di dalam dirinya menjadi elemen-elemen seperti emas, besi, berlian, karet, dan sebagainya sesuai selera Gopal.
Probe Anas Abdul Aziz Robot pembantu dan teman kepada Adu Du yang setia. Bisa berubah menjadi modus Super Probe yang kuat dan hebat.
Yaya Nur Sarah Alisya Zainal Rashid Peramah, tapi tegas. Kuasanya memanipulasi gravitasi yang memungkinkan dia terbang dan menjadi kuat. Dalam film ini, Yaya telah menerima upgrade; memungkinkan dia mengangkat barang-barang yang lebih berat dan mengurangi keberatan sesuatu benda dengan daya gravitasinya.
Coral Nadia Nazir Penyayang dan selalu memikirkan tentang lingkungan. Dapat mengontrol elemen air dengan tongkat kekuatan miliknya.
Ochobot Muhammad Fathi Diaz Ochobot adalah sebuah Sfera Kuasa yang memberikan kuasa kepada BoBoiBoy dan kawan-kawannya serta Sfera Kuasa generasi ke-9; Sfera Kuasa yang terakhir. Dalam film ini, Ochobot telah menerima upgradenya sendiri.
Fang Wong Wai Kay Fang adalah pesaing sengit kepada BoBoiBoy. Dia memiliki kekuatan yang dapat memanipulasi bayangan. Dalam film ini, Fang telah menerima upgrade; memungkinkan dia bergabung dengan bayang-bayangnya.
Gaga Naz Mohammad Azmir Selamat (AG) Dikenal sebagai anggota kelompok yang terkuat dalam tim Tengkotak. Karena dia ingin menjadi alien yang kuat, dia telah melakukan beberapa modifikasi sibernatik pada badannya.
Cici Ko Anas Abdul Aziz Dia hanyalah seorang pencuci kapal angkasa Tim Tengkotak. Tidak ada yang tahu tentang asal-usul dia.
Tok Aba Anas Abdul Aziz Datuk dan mentor kepada BoBoiBoy. Membuka toko “Tok Aba dan BoBoiBoy Kokotiam” yang terkenal di Pulau Rintis.
BoBoiBoy Nur Fathiah Diaz BoBoiBoy adalah karakter utama dalam film ini. Dia dapat dibagi menjadi tujuh elemen yang berbeda ketika betul-betul berada dalam kesusahan ataupun kondisi yang sangat terdesak.
Terra Muhammad Fathi Diaz Anggota tim paling muda yang energik dan berani. Dengan sarung tangan tanah kekuatan , Terra dapat mengontrol elemen tanah.
Adu Du Anas Abdul Aziz Alien yang datang dari Planet Ata Ta Tiga yang sebelumnya datang ke Bumi un

Cerita ini dimulai dengan sekelompok alien jahat bernama pasukan Tengkotak yang mencoba menangkap sfera kuasa generasi pertama, Klamkabot. Pasukan ini diketuai oleh Bora Ra dan anak-anak buahnya yaitu Gaga Naz, Yoyo Oo, Kiki Ta, serta pembantunya Cici Ko. Ia ingin menangkap Klamkabot karena ingin mengambil kekuatannya untuk kejahatan. Klamkabot mencoba melarikan diri dari kejaran pasukan Tengkotak dengan kecepatan maksimal agar ia bisa lolos. Namun ia akhirnya pun berhasil di tangkap dengan pasukan robot lebah milik pasukan Tengkotak tersebut. Bora Ra pun tertawa puas karena sekarang ia berhasil menangkap Klamkabot. Tetapi sesuatu terjadi, Kiki Ta mendeteksi adanya kekuatan teleportasi yang sangat tinggi dikesan. Klamkabot menggunakan kekuatan teleportasinya yang menyebabkan dirinya serta pulau yang di tempatinya hilang dalam sekejap.

Pada waktu yang sama seorang nelayan yang sedang menangkap ikan pada malam hari terkejut melihat sebuah objek besar keluar dari air. Ia terkejut karena objek besar yang dilihatnya adalah sebuah pulau yang terapung.

Keesokan harinya dirumahnya BoBoiBoy, BoBoiBoy yang baru saja bangun tidur dibangunkan oleh Ochobot, teman robotnya yang juga generasi kesembilan dari Sfera Kuasa, ia membangunkan BoBoiBoy karena BoBoiBoy sudah terlambat untuk pergi berkemah. Yaya dan Ying memanggil BoBoiBoy untuk mengingatkan dia bahwa hari ini hari berkemah. BoBoiBoy langsung menuju kamar mandi untuk mandi. Tapi tiba-tiba ia terkejut melihat pesan dari Gopal yang ditulis di cermin. Gopal mengingatkan BoBoiBoy agar jangan terlambat melalui jendela kamar mandi. BoBoiBoy dan Ochobot siap untuk pergi berkemah. Namun ketika sedang dalam perjalanan, mereka dikejutkan dengan perompak yang sedang dikejar-kejar oleh polisi, ​​BoBoiBoy pun mengejar perampok dan meninggalkan Ochobot begitu saja.

Adu Du yang mendengar ada perampokan di kota langsung bergerak ke lokasi bersama Probe dengan nama pasukan mereka yaitu Zero-Zero untuk membantu perampok tersebut. Namun akhirnya pun kalah oleh BoBoiBoy. BoBoiBoy akhirnya berhasil membantu polisi menemukan Serial Perampok Laundry. Setelah itu dia pergi ke kedai Tok Aba melupakan perjalanan berkemah dengan teman-temannya. Ketika Tok Aba mengingatkannya tentang berkemah, ​​ia baru ingat tentang perkemahan dan segera pergi ke halte bus di mana Ochobot dan teman-temannya menunggu. Sementara itu, Bora Ra, Ketua pasukan Tengkotak, sengaja mendengar Yoyo Oo memberikan penjelasan bahwa Klamkabot teleportasi ke Bumi tetapi gagal untuk mendapatkan lokasi yang tepat dari itu. Bora Ra menjadi marah dan mengancam untuk baik mencari atau keluar dari pesawat ruang angkasa nya. Yoyo Oo gugup mencari untuk itu, tetapi ia menemukan lagi Daya Kuasa dengan frekuensi yang lebih rendah daripada Klamkabot. Yoyo Oo memberitahu Bora Ra letak dimana Klamkabot Teleportasi walaupun itu bukan milik Klamkabot.

Di halte bus, BoBoiBoy tiba di depan teman-temannya yang marah terutama Ochobot karena tak memperdulikannya. Dia meminta maaf, tetapi teman-temannya menolak dan memilih meninggalkannya. BoBoiBoy termenung dan datanglah Cikgu Papa Zola yang memotivasi dia untuk membujuk teman-temannya. Cikgu Papa Zola kemudian mengajak BoBoiBoy untuk mencari sotong besok dan mengajak teman-teman BoBoiBoy. BoBoiBoy kemudian setuju untuk mencari sotong bersama Cikgi Papa Zola besok. Keesokan harinya, BoBoiBoy memberitahu teman-temannya tentang memancing cumi-cumi, tetapi mereka pikir itu adalah ide yang buruk. Tiba-tiba, geng Tengkotak membuat mereka masuk dan menuntut BoBoiBoy untuk memberikan Power Sphere. Bora Ra mengambil Ochobot, dan itu membuat BoBoiBoy melawan Bora Ra dan Gaga Naz. Gaga Naz berhasil mengalahkan BoBoiBoy tetapi gagal untuk mengalahkan Yaya, Ying, dan Gopal. Bora Ra menggunakan kekuatan lubang hitam untuk menghancurkan Rintis Island Park. Ochobot akan diambil oleh geng Tengkotak. Adu Du dan Probe berhasil memasuki pesawat ruang angkasa Tengokotak. Kembali di kota, Fang datang terlambat ke Tok Aba ini Kokotiam.

Papa Zola mengambil selfie sendirian di dermaga. Dia akan dikejutkan oleh kedatangan BoBoiBoy dan teman-temannya. Mereka meminta bantuan untuk menemukan Ochobot. Mereka menemukan petunjuk tentang lokasi pulau terapung, yang dekat mercusuar. Mereka mengambil naik perahu menuju lokasi mercusuar ini. Sementara itu, di pesawat ruang angkasa Tengkotak, Adu Du menemukan Kiki Ta dan jatuh cinta padanya. Probe meminta Bora Ra apakah mereka takut BoBoiBoy datang kembali untuk membantu Ochobot. Bora Ra merasa aneh ketika ia mendengar bahwa BoBoiBoy dan Ochobot teman-teman. Probe menjawab dengan mengatakan bahwa ia dan Adu Du teman-teman. Para anggota Tengkotak lainnya meletus dengan tawa, banyak kemarahan Adu Du. Adu Du dan Bora Ra berakhir di pertengkaran sengit. Namun, mereka terganggu oleh informasi yang BoBoiBoy datang dekat. Bora Ra memberikan Adu Du yang Kurita, cumi-cumi kecil yang membesar bila terkena air. Adu Du dan Probe dengan Kurita kemudian mendapatkan dikeluarkan ke laut.

Sementara itu, Papa Zola menyadari bahwa Adu Du semakin dekat. BoBoiBoy perintah Ying untuk mempercepat perahu menggunakan kekuatannya. Mereka akhirnya menemukan Adu Du dan Probe dan pertanyaan dia tentang keberadaan Ochobot ini. Kurita, terkena air laut, tumbuh dengan ukuran raksasa dan menyerang kapal dan Adu Du. Mereka mencoba untuk mengalahkan Kurita namun gagal. Perahu mempercepat lari dari Kurita, dengan Adu Du dan Probe kecanduan itu. Mereka akhirnya mendarat di pulau besar. Fang mengira dia telah mengalahkan cumi-cumi raksasa, tetapi tiba-tiba cumi-cumi menyerang mereka lagi. Yaya mengangkat perahu, tidak menemukan cumi-cumi yang tersembunyi di bawah mereka. Kurita berenang ke arah mereka. Papa Zola melempar Gopal terhadap cumi-cumi sehingga ia dapat mengubahnya ke makanan, di mana Gopal melakukannya.

Mereka melanjutkan perjalanan mereka dengan berjalan di hutan pulau, dengan Papa Zola makan cumi-cumi goreng. Mereka berkemah di hutan untuk malam. Sementara itu, Yoyo Oo memonitor pergerakan Ochobot ini. Klamkabot – Sphere Daya yang telah menjadi target dari alien – muncul entah dari mana dan serangan Ochobot, kehilangan transmisi yang terakhir. Akibatnya, Bora Ra perintah Yoyo Oo untuk melepaskan mahluk yang dijuluki ‘J-Rex’. Kembali di kamp, ​​BoBoiBoy bangun untuk menangis Ochobot ini. Dia dan teman-temannya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mereka tanpa Papa Zola, Adu Du, dan Probe.

Setelah melompat ke dan memasuki gua, Ying akhirnya menemukan Ochobot, yang terlihat sedang ‘dikendalikan’ oleh Klamkabot. BoBoiBoy buru-buru menyerang Klamkabot, mencurigai dia sebagai salah satu anggota geng Tengkotak sampai Ochobot menghentikannya. Mereka akhirnya mendengarkan cerita Klamkabot tentang dirinya dan ras alien Ata Ta Tiga. Sementara mereka dengan penuh perhatian melakukannya, Bora Ra menemukan mereka dan menyerang mereka. Anak-anak lari dengan bantuan Klamkabot ini. Sementara itu, di kamp, ​​Papa Zola menyadari bahwa ia ditinggalkan sendirian. Dia melihat Adu Du dan Probe dari jauh. Papa Zola mengejar Adu Du dan pertanyaan kepadanya. Adu Du terletak padanya, mengklaim bahwa geng Tengkotak telah menculik BoBoiBoy dan teman-temannya. Kembali di gua, Klamkabot membawa BoBoiBoy dan teman-temannya ke Power Sphere Lab, di mana Spheres diciptakan. Tapi, Bora Ra dan Gaga Naz berikut mereka juga dan menyerang mereka lagi. Setelah mereka melawan Bora Ra dan Gaga Naz, Klamkabot melemparkan mereka ke platform bergerak. Gaga Naz menyerang mereka, menghancurkan platform. Dia menduga anak-anak mati dan karyanya dilakukan. Setelah Bora Ra telah menangkap Klamkabot, mereka kembali ke angkasa mereka. Tanpa diketahui mereka, BoBoiBoy dan teman-temannya yang tersembunyi di bawah platform puing-puing.

Adu Du dan Probe bodoh Papa Zola merasa tanah untuk jejak segar anak-anak ‘. Papa Zola menjadi marah dari trik ini dan menuntut mereka di mana geng BoBoiBoy ini sedang menuju. Mereka semua mendapatkan serangan mendadak dari J-Rex, mengungkapkan sebagai hiu raksasa dengan kaki, dan melarikan diri ke tempat yang aman dari makhluk itu. Dalam perjalanan, mereka menemukan sebuah bukit untuk turun dan geser di atasnya. Pada akhir bukit, Papa Zola, Adu Du dan Probe diadakan di tepi untuk menghindari mereka dari jatuh. J-Rex juga meluncur ke bawah bukit, tetapi di ambang jatuh, tetapi Papa Zola memberikan tangannya untuk itu. J-Rex, utang untuk menyelamatkan, memutuskan untuk bergabung dengan sisi Papa Zola. Hal ini juga mengancam Adu Du dan Probe dengan musim gugur jika mereka tidak ingin bergabung dengannya juga. Mereka pergi ke pesawat ruang angkasa Tengkotak dan mencoba untuk mengganggu itu. Dengan bantuan J-Rex, mereka berhasil memaksakan itu tetapi akhirnya ditangkap oleh Gaga Naz dan Kiki Ta.

Tim BoBoiBoy tiba di depan pintu Power Sphere Lab, menganggap itu menjadi buntu. Setelah beberapa penyelidikan, namun, pintu terbuka sendiri. Mereka pergi ke laboratorium dan akan disambut oleh komputer laboratorium. Perintah lab komputer Ochobot untuk meng-upgrade. Sementara itu, Klamkabot disiksa oleh Tengkotak Gang dekatnya. Setelah upgrade, Ochobot memiliki penampilan baru. Tiba-tiba, komputer mengatakan kepada mereka bahwa kekuatan teleportasi siap untuk digunakan. Bora Ra dan Yoyo Oo terkejut pada pengetahuan bahwa tidak adanya Klamkabot untuk kekuatan teleportasi. Ochobot mengatakan kepada mereka misi sebenarnya: lari dengan kekuatan oleh teleporting ke tempat yang jauh dari Tengkotak Gang, memastikan kekuatan untuk menjadi aman. BoBoiBoy menjadi sedih dan bertanya apakah ada cara lain. Perintah komputer Ochobot untuk teleport. Namun BoBoiBoy berhenti mereka. Setelah beberapa saat, Yoyo Oo kontak BoBoiBoy. Bora Ra marah dan menuntut untuk memberikan Ochobot dan dengan Papa Zola, Adu Du, dan Probe sebagai sandera-nya. BoBoiBoy enggan memberikan Ochobot ke Tengkotak Gang. BoBoiBoy teleports ke Tengkotak Gang dan memberikan Ochobot kepada mereka. Setelah Ochobot diberikan oleh Gang Tengkotak, Bora Ra kemudian melempar Ochobot jatuh ke bawah.

 

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

2. BoBoiBoy: The Movie 2

 

Boboiboy Movie 2 menampilkan bangkitnya  Retak’ ka (Fadzli) dari kebekuan. Ratusan tahun lalu Retak’ ka bertarung dengan seseorang. Peperangan berakhir dengan kekalahan Retak’ Ka dan lenyapnya sejumlah elemen kekuatan dari tubuhnya. Setelah bangkit, Retak’ Ka berupaya memperoleh kekuatannya kembali. Dari berbagai sumber, Retak’ Ka tahu bahwa elemen kekuatan yang hilang darinya kini dimiliki Boboiboy (Nurfathiah).  

Ambisi membuat Retak’ Ka menghalalkan segala cara. Perjalanan mencari elemen kekuatan kemudian mengantar Retak’ Ka ke Bumi. Sadar bumi dalam bahaya, Boboiboy bersama Fang (Wong), Yaya (Nur), Ying (Yap), dan Gopal (Dzubir) berupaya menghentikan sepak terjang Retak’ Ka. Sayang, kekuatan Boboiboy tidak imbang saat menghadapi Retak’ Ka. Kala semangatnya terperosok ke titik nadir, saat itulah Boboiboy belajar memaknai persahabatan, kekuatan, dan kelebihan dalam diri. 

Boboiboy Movie 2 bagi kami sebuah perjalanan batin ketimbang film pahlawan super. Sineas Nizam mempertanyakan, saat pahlawan super kehilangan hampir seluruh kekuatannya, apalagi yang dapat dilakukannya? Pokok cerita kemudian dibangun berdasarkan fondasi pemikiran, di dunia ini sebenarnya tak ada penjahat.

Yang ada, orang baik yang kehilangan kendali atas ambisinya sendiri. Dari premis ini, Nizam mendirikan beberapa pokok persoalan berbasis tokoh-tokoh tertentu. Retak’ Ka tentunya menjadi poros penting di seberang Boboiboy. 

Yang lainnya, para tokoh pendukung seperti Yaya, Fang, Ying, dan Gopal yang diberi peran penting saat tokoh utama di fase terendah hingga menemukan titik balik. Ini semua dipayungi problem yang lebih besar yakni bahaya lintas planet bahkan lintas galaksi. Sehingga, apapun yang terlihat di film ini terasa penting sekaligus genting. Meski sudut pandang dan konfliknya menggunakan pendekatan film pahlawan super Hollywood, termasuk grafik konfliknya yang sangat fluktuatif, Boboiboy tak kehilangan selera humor melayu-nya.

Dari kerakusan di meja makan, jurus yang mengubah benda menjadi sesuatu yang diinginkan, hingga problem suami takut istri. Disajikan jenaka, tepat waktu, dan durasi ideal sehingga tidak menggoyang konflik utama. Drama pencarian jati diri dan keinsafan akan kekurangan maupun kelebihan tak membuat Boboiboy jilid ini terasa bertele-tele atau terlalu berat. Sempat sedikit mengkhawatirkan khususnya di adegan Boboiboy terbelenggu ajian musuh. Namun, momen ini ditebus Nizam dengan babak akhir yang mengesankan. 

Animasi Malaysia memang tak bisa dibandingkan dengan produk Disney-Pixar. Namun kecerdasan Nizam dan tim membangun merek Boboiboy hingga harum di negeri tetangga layak diacungi jempol. Plus pemilihan pengisi suara yang berhasil identik dengan karakter membuat Boboiboy 2 terasa lekat sekaligus dekat dengan audiens. Konfliknya sendiri merupakan alasan yang kuat bagi penggemar untuk beranjak sejenak dari depan layar beling ke bioskop. 

Pengisi suara: Nurfathiah Diaz, Wong wai Kay, Nur Sarah Alisya, Dzubir Mohammed Zakaria, Yap Ee Jean, Anas Abdul Azi, Fadzli Mohd Rawi

Kesimpulan

Sumber informasi

Boboiboy Movie 2: Konflik Film Terasa Penting Sekaligus Genting – ShowBiz Liputan6.com

BoBoiBoy Movie 2 – Wikipedia

BoBoiBoy: The Movie | BoBoiBoy Wiki | Fandom

BoBoiBoy: The Movie | BoBoiBoy Wiki | Fandom

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 4:28 PM WIB pada Hari Selasa tanggal 27 April 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 4: 29 WIB pada Hari Selasa  tanggal 27 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Alur Cerita BoBoiBoy: The Movie 1 & 2
BoBoiBoy: The Movie , BoBoiBoy: The Movie 2

 

Comments

Leave a Reply