Site icon #MENULISdapatuang

Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras | tulisIN

Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras - tulisIN-karya kekitaan - karya selesaiin masalah
karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Ngerti ga maksudnya kerja keras ga selalu hasilkan beras?
Sekarang ini kau lagi kerja keras apa nih?
Kerjaan dikantor? Usaha? Keluarga?

Salam #MasBro #MbakBro
Sering kan kita denger kerja keras biar sukses.
Sekarang coba kita ngobrol dari sudut pandang lain deh.
Soal kerja keras.
Dan beras kita maksud disini adalah hasil yang baik ya.

Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Kita coba bahas kerja keras dan istirahat ya.
Kerja keras kan katanya membawa keberhasilan.
Lalu istirahat gimana?
Apakah harus selalu kerja keras?
Lalu kapan istirahatnya?
Apakah istirahat juga harus keras?

1. Kerja Keras

a. Pengertian
Pertama kita samakan sudut pandang dulu ya soal kerja keras. Menurut KBBI persamaan kata kerja keras adalah
1. Perjuangan
2. Peperangan
3. Pergelutan
4. Pergulatan
5. Pergumulan
6. Perlawanan
7. Persabungan
8. Pertempuran

Ada 8 nih persamaan kata dari kerja keras. Kurang kebih gambaran umummya kerja keras adalah berusaha mati-matian dalam ngerjain sesuatu.

Kita ambil contoh gampang lah ya. Aku misalnya adalah orang yang perutnya membesar selama pandemi. Karna jarang keluar rumah, duduk doang depan komputer dan jadinya jarang gerak apalagi olahraga. Berarti aku harus bekerja keras menghilangkan investasi bodong di perut ini.
Lebih keras daripada biasanya.

#MasBro Thomas J. Stanley, Ph.D, meneliti 1001 responden yang 733 respondennya adalah miliuner. Dan akhirnya dia dapat 30 faktor penentu kesuksesan mereka. Kerja keras cuma ada diperingkat 5 loh. Jujur adalah juara 1 nya.

Baca Juga
1. Menunda yang Ga Seharusnya Ditunda
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

 

2. Istirahat

Istirahat menurut KBBI adalah berhenti (mengaso) sebentar dari suatu kegiatan (untuk melepas lelas) dari kerja keras tadi.
Biasanya istirahat yang biasa kita lakuin adalah tidur.

Pernah denger ato baca nasehat ini ga?
“… kau harus beribadah sama Tuhan, Allahmu. Maka Allah akan memberkati makananmu dan minumanmu. Allah akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.”

Ibadah disini artinya kita berhenti dari kerja keras. Kita beristirahat dan menjalin komunikasi sama Tuhan lewat ibadah.

Nah sekarang yok kita bahas keduanya.

3. Kerja Keras x Istirahat

a. Kerja Keras x Istirahat
Kita boleh kerja keras.
Ga ada larangan untuk itu.
Justru kalo bermalan-malasan itu salah.

Tapi…
… kita boleh lupa … kalo bukan karna kerja keras doang kita dapat berhasil, dapat berkat.
Tapi juga karna beribadah (istirahat) sama Tuhan. Jalin hubungan intim sama Tuhan.

Pas pernah dapet nasihat soal beribadah tadi.
Rasanya seperti Tuhan bilang gini…
“kau kerja keras boleh tapi ingat buat berhenti dan jalin hubungan sama Aku.”

Iya juga ya kan…
Bukan apa yang kita kerjain yang buat kita berhasil.
Tapi Tuhan kasih keberhasilan lewat apa yang kita kerjain.

Bukan semata-mata karna kita olahraga.
Maka invetasi bodong di perut jadi berkurang lemaknya.

b. Istirahat x Kerja Keras

Kerja keras akan sia-sia tanpa istirahat.
Kerja keras ga selalu hasilin beras.
Kenapa?

Kita ambil contoh tadi soal olahraga buat ngurangin investasi bodong diperut berlemak.
Bukan saat kita olahraga doang maka lemak-lemak itu berkurang.
Tapi juga karna kita beristirahat.

Saat kita menjalani kehidupan ini.
Bukan cuma saat kita sibuk menjalani kehidupan.
Bukan cuma saat kita menyibukkan diri dengan segala kegiatan yang membuat kita hidup.
Tapi saat istirahat juga.
1/3 dari kehidupan adalah istirahat.
Dan dalam istirahat itulah ada proses…
1. Pemulihan energi.
2. Pengeluaran racun-racun dalam tubuh.

Supaya besoknya tubuh bisa kembali segar dan berenergi untuk kembali kerja keras.
Kembali sibuk dengan dunia.

Nah, saat istirahat inilah kita ojo lali menjalin hubungan intim sama Tuhan.
Supaya nasehat tadi bisa kita alami.
Berkat atas makanan dan minuman serta jauh dari penyakit. 

Kesimpulan

Kalo dipikir-pikir bener juga ya.
Bahkan dari sudut pandang kesehatan dan spiritual kerja keras dan istirahat ga boleh menjomblo.
Dua-duanya harus berpasangan.
Ga baik kalo mereka sendiri-sendiri.

Dari sudut pandang kesehatan…
… tubuh bisa sakit kalo kerja terus. Kalo istirahatnya ga seimbang.
Dari sudut pandang spiritual…
… rohani bisa sakit kalo kerja terus. Kalo istirahatnya ga seimbang.
Orang sakit ga bisa menikmati berasnya.

Nah, pertanyaan kita diawal tadi.
Lalu istirahat gimana?
Apakah harus selalu kerja keras?
Lalu kapan istirahatnya?
Apakah istirahat juga harus keras?

udah terjawab ya.
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Lebih Baik Orang Miskin Bersih Daripada Kaya Berliku?

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
lektur.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
pangudiluhur.org dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras, Kerja Keras, Beras
,