Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia

Game Buatan Orang Indonesia Ada yang Udah Diakui di Dunia Internasional

Tupai melompat-lompat di antara pohon kenari
Mencari biji untuk dimakan bersama anak-anaknya
Jangan cuma main game-game buatan luar negeri
Mainkan juga game yang dibuat oleh orang Indonesia

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah tau belum ada #GameIndonesia ada yang #GoInternasional?

Saat ini rasanya akan sulit menemukan laptop yang hanya dipake untuk ngetik aja. Laptop juga menjadi alat hiburan bagi pemiliknya. Salah satun hiburan para pengguna laptop adalah bermain game. Dari mulai game laptop gratisan sampe game notebook berbayar untuk bisa memainkannya.

Perkembangan industri game di Indonesia tampaknya memang semakin semarak. Indikasinya adalah semakin banyak bermunculkan pengembang game lokal yang potensial. Menurut data MCVUK.com, pada 2012 aja ada lebih dari 100 pengembang game asal Indonesia. Sebagian besar punya kemampaun buat muncul jadipengembang besar di masa depan. Pasalnya, game-game buatan mereka udah banyak yang dapat apresiasi baik dari dunia internasional.

Baca Juga
1. 
Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita
2.  
Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia?

Sekarang coba lihat game yang terinstall dalam laptopmu itu buatan mana? Adakah game untuk laptop yang buatan orang Indonesia? Jangan meremehkan kemampuan saudara setanah air. Udah banyak kok yang saat ini mampu merancang dan membangun game untuk laptop yang menarik dan mendapat apresiasi tinggi di dunia internasional.

Di bawah ini ada sejumlah game yang merupakan hasil karya orang Indonesia asli. Adakah dari game-game tersebut yang pernah ato masih kamu mainkan?

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - kidalang.com
Sumber Gambar kidalang.com

1.An Octave Higher

Buat para laptop gamers yang doyan dengan genre visual novel seharusnya udah pernah memainkan game An Octave Higher. Cerita yang disajikan An Octave Higher cukup menarik dan punya alur dengan variasi yang bikin penasaran. Didukung dengan kualitas grafis yang ciamik dan musik yang mengesankan sebuah dunia yang berbeda dengan dunia yang kita tinggali saat ini.

Game yang sudah dirilis sejak 27 Maret 2105 merupakan salah satu hasil karya Kidalang Studio dari Bandung. Hanya bisa dimainkan dengan cara membeli, baru kemudian mengunduhnya. Ada dua situs yang menyediakan game ini. Pertama Steampowered.com dengan harga Rp99.000, dan kedua playism-games.com yang memasang banderol 11.99 dolar Amerika atau sekitar 150 ribu rupiah. Game ini bisa dimainkan untuk laptop dengan OS Windows, Mac, maupun Linux.

 

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - indieDB.com
Sumber Gambar indieDB.com

2.Motte Island

Game Motte Island merupakan game bergenre horror adventure. Petualangan dalam game ini dimulai ketika Maxi sukses melarikan diri dari penjara ketika mobil yang membawanya pindah ke penjara lain mengalami kecelakaan. Maxi pun kemudian memutuskan untuk pulang ke kampungnya. Dan cerita misteri berbumbu horor dari game ini terus berlanjut.

Dalam perjalanan menuju kampung halamannya aja udah banyak menemui keanehan-keanehan. Suasana semakin mencekam ketika Maxi sampe di kampungnya. Ada banyak perubahan yang dilihat Maxi. Perubahan itulah yang membuat dia penasaran dan bertemu dengan sosok-sosok menyeramkan.

Grafis dari game Motte Island ini bisa dibilang agak berbeda. Game yang dirilis pada 8 April 2014 ini mengandalkan grafis 2D dengan nuansa suram dan warna yang ditampilkan seperti sapuan kuas cat air. Game hasil karya Gamebell Studio ini sudah bisa diunduh di Steampowered.com dengan harga hanya Rp45.999 aja.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - steampowered.com
Sumber Gambar steampowered.com

3.Infectonator: Survivors

Proses pembuatan game “Infectonator: Survivors” terbilang cukup lama. Game ini udah mulai proses pembuatannya sejak 2012. Pada 2013 berbagai situs review game udah mulai menulis preview game yang menceritakan tentang upaya manusia dalam mempertahankan hidup dari serangan zombie.

Pada 2014 perjalanan “Infectonator: Survivors” memasuki tahap yang cukup penting. Saat itu game ini sudah bisa menembus dalam program Early Access di steampowered.com.  Setelah sebelumnya meraih penghargaan Best Desktop Game Indie Prize Asia 2014. Penghargan tersebut menjadi bukti bahwa “Infectonator: Survivors” memang menjadi game yang punya potensi dan patut diperhitungkan.

Dan pada 8 Agustus 2016, Toge Productions sebagai pengembang dari game ini akhirnya merilis versi penuh. Toge Productions menyebut game ini sebagai paduan dari beberapa genre Seperti RTS, Tower Defense, Rogue-like, sampe elemen simulasi. Campuran genre yang membuat game ini selalu menarik untuk dimainkan. Kamu bisa membeli game ini di steampowered.com seharga Rp99.000.

 

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - youtube.com
Sumber Gambar youtube.com

4.Majapahit Online Kshatriya Varna

Ketika game-game buatan pengembang Indonesia memilih untuk membuat cerita dan grafis yang bernuansa impor, Anantarupa Studio berani berbeda. Mereka membuat game Majapahit Online Kshatriya Varna yang penuh dengan nuansa lokal. Dalam game ini kamu akan belajar tentang sejarah kerajaan Majapahit. Baik sosok maupun latar belakang sangat kental dengan nuansa kerajaan zaman dahulu.

Saat melakukan pertarungan dalam game yang dirilis pada 2013 ini mungkin ada di antara kamu yang teringat dengan game bergenre RPG seperti Final Fantasy Tactics. Tapi tetap ada perbedaan. Karna game ini sangat penuh dengan muatan lokal yang dimasukkan ke setiap sesi. Untuk memainkannya kamu harus masuk ke kongregate.com terlebih dahulu. Baru setelahnya bisa memainkan game ini tanpa harus membayar alias gratis. Karna game ini tersedia dalam bentuk flash yang bisa dimainkan jika kalian terhubung dengan internet.

 

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - duniaku.net
Sumber Gambar duniaku.net

5.Winterflame : The Other Side

Pada awalnya, game Winterflame : The Other Side hanya dibuat versi mobile aja. Tapi dalam perkembangannya, terkait pendanaan yang diraih melalui kickstarter.com, game ini akhirnya dibuat untuk versi PC dan laptop. Cerita dari Winterflame : The Other Side diambil berdasarkan novel Vandaria Saga karya Fachrul Razi.

Perjalanan tokoh dalam game ini, Lev, dalam menyelamatkan seseorang yang ia cintai penuh rintangan dengan unsur puzzle yang menarik. Grafis yang ditampilkan dalam game ini sangat menarik dan futuristik. Seperti grafis hutan yang menakjubkan, seperti berada di negeri para peri. Lev yang mempunyai kekuatan sihir memanfaatkannya untuk menghadapi semua rintangan yang mengadang.

Sayang, hingga saat ini proses pengembangan gamenya belum selesai sepenuhnya. Baru ada preorder di kickstarter.com seharga 12 dolar Kanada. Padahal, Artoncode Indonesia selaku pengembang dari Winterflame : The Other Side telah yang meraup dana sekitar 750 juta rupiah dari hasil kampanye melalui kickstarter.com. Meski demikian, jika melihat versi demo yang telah dirilis, game hasil karya anak Indonesia ini sangat patut untuk ditunggu.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - valthirianarc.com
Sumber Gambar valthirianarc.com

6.Valthirian Arc : Red Covenant

Valthirian Arc : Red Covenant merupakan game ketiga dari serial Valthirian Arc. Seperti halnya dua seri sebelumnya, latar belakang game ini juga sebuah sekolah khusus penyihir, pendekar, dan profesi lain yang akan digunakan dalam sebuah pertempuran real time. Selain menggunakan kekuatan pasukan sendiri, kamu bisa melakukan aliansi dengan kerajaan lain.

Game bergenre JRPG ini juga merupakan game hasil karya anak bangsa.Agate Studio yang menjadi pengembang sudah mulai mengerjakan game ini sejak beberapa tahun lalu. Khusus game seri ketiga ini, Agate Studio masih menggalang kampanye melalui Steam Greenlight dan Kickstarter. Namun, tampaknya kampanye mereka belum mampu mencapai target yang diharapkan. Butuh dukungan dari masyarakat Indonesia agar game ini bisa segera rilis secara penuh di dua platform game tersebut.

 

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - karyasadam.blogspot.com
Sumber Gambar karyasadam.blogspot.com

7.Angkot the Game: Ku Datang Lagi

Pingin main game yang santai tapi Indonesia banget, coba deh mainkan Angkot the Game. Game hasil kreasi Oray Studio dan Inmotion Digital ini benar-benar menyajikan kendaraan umum khas Indonesia, angkot. Dalam game ini kamu akan merasakan jadi sopir angkot yang dikejar target setoran dalam waktu tertentu.

Pada awalnya game ini dimainkan melalui Facebook, tapi karna satu masalah akhirnya game model flash ini ditutup. Kini muncul sekuel kedua Angkot the Game: Ku Datang Lagi yang dikhususkan bagi pengguna PC dan laptop. Sejumlah perbaikan telah dilakukan di sekuel kedua ini. Grafis yang ditampilkan pun sudah lebih menarik. Meski kondisi jalan terlalu sepi untuk ukuran kota besar seperti Bandung.

Game yang telah dirilis sejak 2013 ini bisa kamu mainkan secara gratis. Tapi untuk bisa mengunduhnya, kamu harus “membayar” dulu dengan membagikan informasi mengenai game ini melalui status di media sosial, yaitu Facebook dan Twitter. Setelah itu barulah kalian akan mendapatkan link untuk mengunduh game ini secara gratis.

Saat mulai narik angkot perhatikan setiap orang yang ada di pinggir jalan. Jika di atas kepalanya ada tulisan “angkot” maka kamu harus menghentikan mobil agar orang tersebut naik. Begitu pula ketika ada yang mau turun,maka akan muncul tulisan “kiri” di atas angkot. Game ini semakin realistik dengan adanya indikator bensin. Ketika indikator menunjukkan bensin akan segera habis segera cari pom bensin terdekat agar angkot bisa tetap narik.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - idtechinasia.com
Sumber Gambar idtechinasia.com

8.Orbiz

Game yang mempertemukan manusia kontra zombie memang selalu menarik untuk dibikin. Seperti Orbiz yang merupakan game buatan pengembang lokal, Anoman Studio. Game yang resmi dirilis pada 17 Februari 2017 ini mengisahkan empat remaja yang terjebak dalam dunia paralel yang berisi zombie. Untuk bisa bermain di level berikutnya, kamu harus bisa menyelesaikan tiga tahap pertarungan melawan zombie.

Bisa dimainkan satu orang aja, atau bekerja sama antara empat pemain sekaligus dengan menggunakan kontroler berbeda. Untuk bisa memainkan game ini dengan nyaman, butuh spesifikasi laptop yang cukup tinggi. Minimal  prosesor 2 GHz, RAM 4 GB, dan kartu grafis ATI HD5650 512 MB. Bisa didapat di steampowered.com dengan harga Rp115.900.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - steampowered.com
Sumber Gambar steampowered.com

9.Celestian Tales : Old North

Buat kamu yang menggandrungi game bergenre JRPG klasik, harus memainkan game Celestian Tales: Old North. Game hasil karya pengembang asal Bandung, Ekuator Games, ini menyajikan gameplay dan grafis seperti yang ada di Suikoden I dan II. Bedanya, Celestian Tales: Old North sangat kuat di unsur cerita. Rangkaian cerita yang tersusun dalam game ini dijamin selalu bikin penasaran.

Ketika mulai memainkan game ini, kamu akan dihadapkan pada 6 pilihan karakter. Tiap karakter mempunyai plot cerita yang berbeda-beda. Untuk memahami isi cerita game ini secara keseluruhan mau ga mau kamu harus memainkan semua karakter sampe tuntas. Setiap pilihan yang kamu ambil nantinya akan memengaruhi  terhadap cerita game ini. Termasuk perkembangan karakter yang dipilih.

Ekuator Games udah merilis game ini sejak 10 Agustus 2015. Buat kamu yang penasaran dengan game ini bisa membelinya melalui steampowered.com dengan harga Rp109.999.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - jurnalotaku.com
Sumber Gambar jurnalotaku.com

10.Just Deserts

Bertempur di medan peperangan dengan ditemani seorang prajurit cantik dan seksi boleh jadi merupakan khayalan kelas tinggi. Vifth Floor mampu mewujudkan khayalan tersebut ke dalam sebuah game berjudul “Just Desserts”. Dalam game yang udah dirilis pada 26 Juli 2016 ini, tugas kamu adalah menyelamatkan seluruh umat manusia dari serangan makhluk asing yang misterius, sekaligus menaklukkan hati prajurit perempuan yang menjadi pilihanmu.

Ada lima prajurit yang bisa dipilih. Masing-masing memiliki karakter dan kelebihan yang berbeda. Salah satunya adalah Yumi Wulandari, seorang sersan blasteran Jepang-Indonesia yang bekerja di belakang meja.

Visual yang ditampilkan Vifth Floor terbilang cantik dan kental dengan unsur Manga, gambar kartun khas Jepang. Untuk susunan cerita, ada 7 ending berbeda yang bisa dijajal tergantung statusmu dengan prajurit wanita yang dipilih. Satu jalan cerita biasanya menghabiskan waktu sampe 7 jam. Untuk bisa memainkan Just Desserts, kamu harus mengunduhnya melalui steampowered.com setelah membayar Rp89.999.

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - microsoft.com
Sumber Gambar microsoft.com

11.Save The Hamster

Siapa yang ga kenal dengan hewan imut bernama hamster? Popularitas hewan yang masih bersaudara dengan tikus rumah ini akhirnya menginspirasi Solitude Studio untuk membuat game dengan judul “Save The Hamster”. Awalnya game ini dibuat untuk platform Windows Phone. Dalam perkembangannya bisa juga dimainkan di laptop yang tentu aja menggunakan OS Windows.

Game ini sebenarnya terbilang sederhana. Kamu hanya membantu 4 ekor hamster yang tersesat. Untuk menemukan jalan pulang  para hamster ini harus bisa menyelesaikan puzzle dan rintangan yang ada. Proses penyelesaian teka-teki yang dihadapi para hamster ini yang justru membuat yang memainkannya dilanda kepenasaran.

Ujungnya, mereka pun akan ketagihan dan terus memainkan Save The Hamster. Ada 30 level yang bisa dimainkan. Cukup banyak untuk membuat kamu semakin penasaran setiap menyelesaikan satu level permainan.

Meski terkesan sederhana, game yang udah dirilis pada 2012 ini ternyata mampu menyabet prestasi di ajang internasional. Tepatnya saat menjadi pemenang dalam kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 di Rusia. Menyingkirkan para pengembang game yang lebih hebat dari Amerika Serikat dan Jepang. Game ini bisa diunduh secara gratis, loh.

 

Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia - duniaku.net
Sumber Gambar duniaku.net

12.Elventales: A Path Foreseen

Buat yang pernah memainkan game Elventales: The Arcanery pada 2014, pasti akan lebih mudah memahami pola RPG yang ada pada game Elventales: A Path Foreseen. Sebagai sebuah sekuel kedua, game ini menyajikan gameplay yang ga jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Tentu aja dengan diimbuhi konflik yang lebih rumit.

Dalam game ini kamu akan menjadi August, elf muda yang punya mimpi bisa menjadi tentara kerajaan. Dalam perjalanan meraih mimpinya, August pun melakukan perjalanan ke seluruh negeri. Perjalanan August inilah yang menjadi inti cerita dari Elventales: A Pah Foreseen.

Meski demikian, game ini belum sepenuhnya selesai. Pihak Elven Games selalu pengembang game ini masih berupaya menggalang dana untuk menyelesaikan game ini. Padahal, kampanye di Steam udah berjalan lancar dan mendapat Greenlit. Sayang, saat melakukan hal yang sama di Kickstarter kurang sesuai dengan yang diharapkan. Semoga dalam waktu dekat, versi demo yang playable bisa segera muncul sehingga proses penyelesaian game ini bisa lebih cepat.

Baca Juga
1. Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

2.  27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Wah, ternyata orang Indonesia ga kalah hebat dalam membuat game-game seru. Ayo dukung mereka dengan membelinya secara legal. Jangan mengunduh yang bajakan. Sehingga para pengembang game asal Indonesia ini bisa terus berkreasi dan menciptakan game-game baru yang akan membawa nama harum Indonesia di kancah internasional.

Obrolan kita kali ini soal game laptop buatan orang Indonesia pasti memberi inspirasi. Maka itu, mari kita sebarkan hal-hal yang bisa memberi inspirasi positif ini melalui medsos Mas Bro dan Mbak Bro.

Kalo memang ada yang pingin ditanyakan, jangan malu untuk langsung menulis di kolom komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi.

Ada banyak tanah kosong ditanam pohon jati
Kalo mau naik bisa berangkatnya dari terminal
Kalo kamu memang penggemar game sejati
Pastikan selalu mengunduh yang orisinal

Cinere, Depok
Pukul 21.21 WIB, Minggu 26 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan
Bobbyafif. 2016. 6 Game Buatan Indonesia Coba Mainkan erasluar.com/6-game-buatan-indonesia-coba-mainkan/ diakses pukul 22:12 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017
Dwi Andi Susanto. 2013. 3 Game Bertemakan Horor Buatan Indonesia merdeka.com/teknologi/3-game-bertemakan-horor-buatan-indonesia.html  diakses pukul 21:59 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017
Lis Adikarta. 2016. 7 Game Asli Buatan Orang Indonesia yang Sudah Dirilis di Steam gamebrott.com/7-game-asli-buatan-orang-indonesia-yang-sudah-dirilis-di-steam/ diakses pukul 22:04 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017
Regi Pranata. 2016. WOW !! Game Keren Asli Buatan Orang Indonesia regipranatablog.wordpress.com/2016/08/30/wow-game-keren-asli-buatan-orang-indonesia/ diakses pukul 22:21 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017
Sherina daffa. 2014. 2 Game PC Terkenal Buatan Indonesia thewoodenrollercoaster.blogspot.co.id/2014/10/2-game-pc-terkenal-buatan-indonesia.html diakses pukul 21:50 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017
Syarif Baraqbah. 2015. Ini Dia 17 Game Buatan Indonesia sakulo17.blogspot.co.id/2015/08/ini-dia-17-game-buatan-indonesia.html  diakses pukul 22:01 WIB pada hari Sabtu, 25 Februari 2017

Sumber Gambar
Duniaku.net diakses pukul 16:03 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Idtechinasia.com diakses pukul 14:41 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
IndieDB.com diakses pukul 15:31 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Jurnalotaku.com diakses pukul 21:02 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Karyasadam.blogspot.com diakses pukul 14:21 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Kidalang.com diakses pukul 15:25 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Manado.tribunnews.com diakses pukul 22:44 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Microsoft.com diakses pukul 14:47 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Steamepowered.com diakses pukul 16:01 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Valthirianarc.com diakses pukul 15:06 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017
Youtube.com diakses pukul 14:30 WIB pada hari Minggu, 26 Februari 2017

Comments

Leave a Reply