Kenapa Hujan Bisa Bikin Sakit Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kenapa Hujan Bisa Bikin Sakit?

Terkadang kita tidak bisa memprediksi kapan hujan akan turun. Seringkali hujan turun secara tiba-tiba dan pada akhirnya kita yang sedang berada di tengah perjalanan pun menjadi kehujanan. Tidak jarang kita juga nekat menerobos hujan demi sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Lalu, kenapa kehujanan bisa menyebabkan kita sakit?

Pada umumnya hal tersebut disebabkan oleh paparan suhu dingin yang mendadak sehingga sistem kekebalan tubuh menurun dan penyempitan pembuluh darah. Pada saat hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang mudah terserang penyakit.

Beberapa penyakit yang biasanya akan menyerang jika kamu kehujanan diantaranya seperti demam, flu, atau pilek. Nah, agar kamu tidak terserang penyakit setelah kehujanan, lakukanlah hal-hal berikut ini.

 

1. Segera Lepas Pakaian Yang Basah

Salah satu penyebab kenapa hujan bisa bikin kamu sakit adalah suhu tubuh yang menurun akibat kehujanan dan kedinginan sehingga sistem imun tubuh menjadi lemah. Jika imun tubuhmu melemah tentu kamu akan mudah terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, segeralah melepas pakaianmu yang basah setelah kehujanan.

 

Baca Juga
1. 6 Tips Bermain Smartphone Yang Aman Agar Tidak Merusak Mata
2. Jangan Diabaikan! Alasan Pentingnya Sarapan di Pagi Hari

 

2. Mandi Air Hangat Dan Keringkan Tubuh

Setelah kamu melepaskan pakaian yang basah, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan diri. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kuman yang menempel di kulit, baik yang berasal dari genangan air hujan atau jalan berlumpur.

Selain itu, kamu juga harus mandi dengan menggunakan air hangat untuk membantu meningkatkan suhu tubuhmu. Perlu diingat agar tidak terlalu lama mandi air hangat karena itu akan menyebabkan kulit menjadi kering. Kamu bisa mandi air hangat selama 10-15 menit saja.

 

3. Pakai Baju Yang Cukup Hangat

Setelah hujan, pasti suhu ruangan pun akan menjadi turun. Lebih baik kamu menggunakan pakaian yang cukup tebal agar kamu tidak kedinginan. Tentu pakaian yang tebal ini bisa menghangatkan tubuh dan juga mencegah agar tidak terserang penyakit.

 

4. Makan Makanan Yang Hangat dan Istirahat

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan makan atau minum minuman yang hangat dan beristirahat. Menghirup udara yang kering dan dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di saluran pernapasan bagian atas menyempit.

Untuk itu sebaiknya kamu membuat minuman hangat seperti teh hangat dan coba menghirupnya beberapa kali sebelum diminum agar jalan pernapasan lebih lancar. Jangan lupa untuk beristirahat secukupnya supaya sistem imun kamu menjadi lebih kuat.

 

Kesimpulan

Itu dia penjelasannya. Saat musim hujan jangan lupa untuk menyiapkan payung dan gunakanlah pakaian yang hangat. Jaga terus kesehatan ya! Terima kasih.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
health.detik.com dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Selasa tanggal 15 Juni 2021
hellosehat.com dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Selasa tanggal 15 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Kenapa Hujan Bisa Bikin Sakit Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?, Langkah Agar Tidak Terserang Penyakit Setelah Kehujanan


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply