Kata-Kata Bijak Jerome Polin Sijabat

Siapa sih yang ga kenal dengan Jerome Polin?

Jerome Polin termasuk content creator yang seringkali membuat konten-konten memotivasi di media sosial.

Pemilik channel YouTube Nihongo Mantappu ini tidak hanya berpretasi dan ahli di bidang matematika, namun telah memberikan inspirasi positif untuk banyak orang termasuk anak-anak.

Berikut ada beberapa kata-kata bijak Jerome Polin :

  1. Tidak Perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

“Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Nggak bakal ada abisnya. Perlu kita ingat bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Setiap orang itu unik karena memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, sehingga penting sekali mengajarkan kepada anak bahwa dirinya sangatlah berharga.”

Tak jarang, anak remaja seringkali membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Padahal ini hanya akan membuat anak menjadi kurang percaya diri dan tidak bersyukur terhadap kemampuannya.

  1. Jadikan masa lalu sebagai sebuah pembelajaran hidup

“Lakukanlah yang kita bisa lakukan di masa kini dengan sebaik-baiknya, karena mungkin kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya. Jangan sampai menyesal,” tulis Jerome pada salah satu unggahannya.

Kegagalan di masa lalu memang memberikan dampak duruk untuk seseorang, termasuk anak-anak. Anak remaja yang sedang berada di masa transisi seolah merasa tidak percaya diri saat menemukan sebuah kegagalan.

  1. Kegagalan menjadi bukti bahwa diri kita sudah berani

Setiap orang di dalam hidupnya pasti akan bertemu dengan kegagalan.

Menurut Jerome, lebih baik mencoba meski gagal. Daripada sama sekali tidak mencoba.

“Di balik setiap kegagalan, pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Pelajaran itulah yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” tulisnya.

  1. Hadapilah masa depan dengan penuh harapan

“Masa lalu adalah pelajaran. Masa kini adalah kesempatan. Masa depan adalah tantangan.

Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi masa depan. Tidak ada yang tahu tentang hari esok. Yang pasti, ada kesempatan tetapi ada juga tantangan.”

  1. Percayalah bahwa Tuhan selalu memiliki rencana yang indah

“Apa yang di masa lalu terlihat sebagai suatu kegagalan, ternyata sekarang kalau dilihat-lihat lagi merupakan berkat dari Tuhan.

Ketika Tuhan tidak memberikan sesuatu yang kita harapkan, bukan berarti Tuhan tidak baik, tetapi Tuhan punya rencana yang lebih baik.”

  1. Bijaksana lah dalam berkata-kata atau menulis komentar

“Bijaksanalah dalam berkata-kata dan berkomentar. Sebelum mengetik sesuatu, pikirkan baik-baik dampak ‘apakah yang akan terjadi ketika tulisan kita dibaca oleh orang-orang?’.

Yuk kita gunakan komentar kita untuk hal-hal positif! Let’s spread positivity!”

  1. Menikmati setiap proses yang dilalui saat ingin meraih cita-cita

“Terkadang, kita mungkin terlalu fokus dengan “jauhnya” perjalanan yang harus kita tempuh, “susahnya” ujian yang harus kita hadapi, sehingga kita menjadi patah semangat dan ingin menyerah.

Tapi, ketika kita memutuskan untuk memulai dan “menikmati” prosesnya, tanpa kita sadari kita sudah “sampai” di tempat tujuan.”

  1. Memakai konsep membentuk rasa percaya diri bersama Jerome

Menurut Jerome, salah satu kunci untuk dapat percaya diri yakni menerima dan berteman dengan diri sendiri. Menerima bahwa setiap manusia memang diciptakan Tuhan unik dan berbeda.

“Kita tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang pasti ada aja yang nggak suka sama kita. Maka dari itu, nggak perlu nge-down karena perkataan dari mereka yang tidak suka dengan kita karena ya memang beda frekuensi,” kata Jerome.

Comments

Leave a Reply