Kata-Kata Bijak Ga Cukup Buat Kita Aman Dari Ragu, Bingung, dan Takut : #BelajarHidup

karya serge kutuzov

Gimana Caranya Hidup Aman?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Merasa aman ga hidup ini?

Merasa nyaman ga dengan keadaan mu sekarang?

Banyak hal baik dan buruk terjadi dilingkungan kita. Ga kita sadari hal baik dan buruk itu pun mempengaruhi emosi dan mental. Pelan-pelan pengaruh baik dan buruk membentuk kepribadian kita. Semangat hidup seolah tergantung sama rasa aman itu Pengaruh ini bisa datang dari lingkungan langsung bisa juga lewat interaksi sama orang lain.

Kalo pengaruhnya baik sih ga masalah ya. Lalu gimana cara kita menanggapi pengaruh buruk dari lingkungan dan orang lain?

Gimana cara menghilangkan rasa takut?

Kita sepakat kalo sekalipun kondisi disekeliling kita jahat, kita harusnya tetep dalam keadaan aman. Tapi kan rasa aman itu ga muncul gitu aja. Perasaan aman itu  kan memang bukan sekedar merasa aman ya. Namanya aman ya aman. Tapi ciptain rasa aman itu ga mudah dan ga datang gitu aja.

Baca Juga : Kadang Kita Lupa, Bukan. Sering Kita Lupa Bukan Karna Kuat dan Hebat Kita

karya nathaniel dahan

Gimana Caranya Hidup Aman?

Kalo kita cari di mesin pencari Mas Bro dan Mbak Bro. Kata-kata bijak, kata bijak kehidupan, kata mutiara kehidupan, kata-kata penyemangat, kata-kata semangat,  kata motivasi hidup, dan kata-kata inspirasi sangat tinggi pencariannya. Bisa mencapai 600rb-700rb pencarian tiap bulan.

Ini nunjukin kalo di dunia nyata motivasi hidup itu kurang. Kata-kata motivasi hidup jarang kita terima. Kita jarang saling memberikan kata-kata nyaman untuk saling nguatin. Kita jarang saling memberi semangat hidup.

Kata-kata bijak dan kawan-kawannya itu penting. Menjalani hidup ini memang butuh dorongan kata-kata bijak. Tapi hidup ga cukup didorong sama nasehat kata- kata bijak tadi dong?

Gimana caranya hidup aman?

Gimana cara menghilangkan rasa takut?

1.Mulailah Hidup Aman dari Diri Sendiri

Cara aman yang paling aman adalah merasa aman dulu. Gimana cara menghilangkan rasa takut?

Rasa aman dan nyaman mulai dari diri sendiri. Takut kehilangan ga buat kita lebih baik. Jadi awali dengan mengakui kita takut tapi kita akui juga ga mau takut lagi.

Tuhan kasih kebebasan untuk manusia nentuin keputusan sendiri. Aku, kau, dia, mereka, dan kita semua punya kehendak bebas. Bebasnya kita ya sebebas-bebasnya orang lain. Ada benturan antara rasa aman kita dan orang lain. Jadi sebelum berharap orang lain membuat keadaan lingkungan aman. Mulailah hidup aman dari diri sendiri. Mulailah dengan ilangin rasa takut kehilangan dari diri sendiri dulu.

Kadang bigung sama logika kita sehari-hari. Kita bandingin sesuatu sama hal yang ga sebanding. Kita suka bandingin kurangnya kita sama lebihnya orang lain. Di Indonesia merasa ga aman sama bom-bom yang ada. Gimana dengan keadaan di negara timur tengah yang lagi perang. Bukannya kita harusnya merasa lebih aman?

Jangan bandingin sama negara yang lagi aman dong.

Orang-orang di Jakarta merasa gendut. Lari pagi lari sore biar kurus. Eh orang-orang di papua merasa kurus. Lari pagi-pagi dan lari sore-sore untuk cari makanan.

Rasa nyaman, ragu, bingung, dan ketakutan itu dimulai dari sikap dan pikiran kita. Biar lingkungan dan orang lain merasa nyaman, ga ragu, ga bingung, dan ga ketakutan sama hadirnya kita. Hadirlah dengan merasa aman lebih dulu. Ucapin kata-kata nyaman dan kata-kata motivasi hidup untuk nguatin diri sendiri. Motivasi kerja itu bisa lahir dari diri sendiri tanpa harus menunggu orang lain.

2.Terpengaruhlah Sama Pengaruh Baik dari Orang Lain dan Lingkungan

Gimana cara menghilangkan rasa takut orang lain?

Saat kita merasa ga aman dengan keadaan kita. Bukan cuma kita yang terpengaruh. Pengaruh yang membuat kita terpengaruh akan buat orang lain terpengaruh. Ketika kita merasa aman duluan. Kita akan mempengaruhi orang lain merasa aman. Seminimalnya kita kasih pengaruh bingung sama orang lain. Mereka akan bertanya kenapa saat yang lain merasa takut. Kita malah merasa aman.

Hidup kita berasal dari Tuhan bukan dari dunia. Ibarat coretan diatas kertas. Kita hanya akan terfokus sama coretan diatas kertas. Kita ga terlalu peduli sama bagian putih lainnya. Begitu juga dengan pengaruh dunia. Motivasi kerja akan ilang kalo kita tergantung sama dunia.

Jangan terpengaruh sama dunia. Karna hanya hal buruknya yang akan kita liat. Tuhan ciptain banyak hal indah dan baik disekitar kita.

Seburuk-buruknya oranglain dan lingkungan disekitar kita. Jangan ikut terpengaruh. Ciptain kata-kata nyaman dan kata-kata motivasi hidup yang bisa nguatin diri sendiri.

Sebuah kisah nyata Mas Bro dan Mbak Bro

#

Disebuah kampung antar lintas Sumatera Utara. Ada anak gadis, sebut aja mawar ya. Dia hidup dikeluarga yang dibesarin sama seorang Bapak aja. Mawar adalah anak paling besar dan ada 2 adiknya, 1 perempuan dan 1 laki-laki. Entah masalah apa yang pernah dialami Bapaknya Mawar. Tapi sejak kita tau Mamanya pergi. Bapaknya mawar jarang keluar rumah. Dalam 1 tahun kita bisa hitunglah. Kita juga tau kalo Bapaknya jarang ngobrol. Jangankan sama tamu sama ketiga anaknya juga jarang.

Lalu mawar dan kedua adiknya tinggal bersama Bapak dirumah yang menjadi tempat judi. Sering kali anak-anak sekolah cabut dan main judi disitu. Bahkan ga jarang Bapaknya ikut main bersama mereka. Bahkan kalopun anak-anak sekolah itu main dan ribut dalam rumah si Bapak akan biasa aja.

Begitulah kurang lebih prosesnya selama 3 tahun tinggal deket rumah mawar.

Tapi mau tau gimana keadaan Mawar dan adik-adiknya?

Mawar lulus SMA dengan menjadi juara umum.

#

Entah apapun motivasi Mawar tapi yang jelas keadaannya menjadi motivasi terbalik untuknya.

3.Pengaruhi Orang Lain dan Lingkungan

Saat liat Mawar bisa kayak gitu. Dia menjadi inspirasi buat anak-anak lain dikampung itu. Dia ga takut kehilangan apa-apa karna bisa dibilang dia ga punya apa-apa. Tapi justru perasaan ga takut itu yang buat dia bisa jalani “kurang” nya semua itu.

Termasuk dalam terbuatnya tulisan ini. Entah kenapa muncul bayangan soal dia lagi untuk memperkuat data dalam obrolan kali ini. Tapi yang jelas motivasi kerja nya mawar menjadi contoh baik untuk obrolan kali ini.

Saat ini didunia maya banyak sekali berita buruk yang bisa mempengaruhi kita dan lingkungan. Jadi terang yang lebih berpengaruh daripada gelap. Karna meski gelap selalu ada dimanapun. Dan gelap bisa punya pengaruh sama segala. Demikian juga terang selalu akan mempengaruhi gelap. Ini perlu jadi kata motivasi hidup buat kita.

Baca Juga : Pergaulan yang Buruk Merusak Kebiasaan Baik

karya jake thacker

Kata-Kata Bijak Ga Cukup Buat Kita Aman Dari Ragu, Bingung, dan Takut

Sama seperti hubungan Bapanya sama anaknya. Bapak boleh ngarahin anaknya buat lakuin sesuatu. Bapak juga bisa maksa anaknya. Tapi kan pilihan kembali pada si anak. Anak yang berhak mutusin lakuin ato ga.  Selanjutnya apapun yang dilakuin anak adalah apa yang diliatnya dilakuin sama Bapak Mamanya. Siapa Bapak itulah anaknya.

Nah, meski kita butuh percikan kata-kata bijak dalam menjalani hidup. Tapi kata-kata bijak ga cukup buat kita aman dari ragu, bingung, dan takut.

Apalah arti kata-kata bijak tanpa perbuatan bijak. Sia-sia semua kata bijak kehidupan, kata mutiara kehidupan, kata-kata penyemangat, kata-kata semangat, dan kata-kata inspirasi kalo ga bisa jadi perbuatan.

Kita ga bisa berlindung sama keadaan disekitar kita. Kita harus berlindung sama yang Besar bukan yang buat hal besar itu. Kita juga ga bisa mencintai hal yang salah. Kita harus mencintaiNya sebagai kekuatan kita. Kalo kita berseru sama Dia saat kesesakan, sesuai janjiNya kita akan ditolongNya.

Ini kebenaran yang harus kita ungkapin dan terima.

Waktu kebenaran diungkapin dan kebenaran terjadi. Saat itulah kita bisa rasa hadiratNya ada. Ga perlu rasa-rasa kehadiranNya. Dalam keadaan apapun dalam hidup. Saat baik dan buruk yang kita jalani dalam hidup. Dia perhatiin kita semua. Kita aja yang kepekaannya udah butaSemangat hidup kurang.

Kalo kita bicara soal ketakutan, ketakutan yang datang. Kalo kita bicara soal masalah, masalah yang datang. Itu karna apa yang kita pikiran dan apa yang kita lakuin adalah ketakutan dan masalah. Sama kayak kenapa orang abis nonton film horor, kita takut. Begitu jugalah hari-hari kita. Kata-kata bijak memang penting. Tapi kata-kata bijak perlu tindakan bijak.

Seperti tadi kita singgung. Apalah arti semua kata bijak kehidupan, kata mutiara kehidupan, kata-kata penyemangat, kata-kata semangat, dan kata-kata inspirasi tanpa perbuatan.

#

Kasihilah musuhmu.
Pengaruh yang membuat kita terpengaruh akan buat orang lain terpengaruh.

#

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi.

Mauliate

Rumah Syahdan, Kemanggisan
20180716 0604WIB Senin
Tulisan Kita

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 09:01 WIB pada Hari Minggu tanggal 22 Juli 2018

Comments

Leave a Reply