Jelajari Makanan Khas Ibu Kota

Jelajahi Makanan Khas Ibu Kota

Setiap kota di Indonesia memiliki makanan khas yang nikmat, termasuk Jakarta. Di tengah gempuran kuliner kekinian, Jakarta tetap bisa mempertahankan keaslian makanan khasnya. Lantas apa saja sih makanan khas ibu kota ini yang sangat popular di tengah masyarakat.

  1. Kerak Telor

Makanan tradisional khas Jakarta yang paling tersohor dan menjadi favorit warga Jakarta tentu kerak telor. Kerak telor memiliki rasa gurih dan legit.

Sebab dibuat dari bahan-bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

2. Roti Buaya

Makanan tradisional khas Jakarta ini dikenal sebagai icon pernikahan adat Betawi. Kuliner khas betawi satu ini memiliki panjang sekitar 50 cm.

Biasanya dibawa oleh mempelai laki-laki untuk diberikan kepada pengantin wanita di dalam pernikahan atau lamaran di pernikahan adat Betawi.

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi tentu menjadi makanan tradisional khas Jakarta. Hidangan ini umumnya merupakan campuran dari sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng.

Lalu semua campuran itu disiram dengan kuah bumbu kacang serta dicampur cuka dan cabai dengan kerupuk mie besar berwarna kuning.

4. Soto Betawi

Soto betawi merupakan makanan tradisional khas Jakarta dari suku Betawi. Soto Betawi merupakan soto berkuah santan campur susu dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi atau bisa juga ayam dan memiliki rasa gurih.

Banyak orang menggemari jenis soto khas Betawi ini. Penggemarnya tidak hanya orang di Jakarta, masyarakat lain di berbagai daerah di Indonesia juga gemar menyantap masakan khas Betawi ini.

5. Dodol Betawi

Betawi memang terkenal dengan dodol dengan cita rasa lezat sehingga dodol Betawi menjadi makanan tradisional khas Jakarta.

Cara membuat camilan khas betawi ini dengan cara tradisional menggunakan kuali besar sangatlah unik dan menarik.

Kuali yang bernama Kenceng ini berukuran diameter 50 cm sampai 1 meter. Dodol ini dibuat dari kelapa dan ketan menjadikannya lengket dan kenyal.

6. Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu kue atau makanan tradisional khas Jakarta tradisional yang sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di toko kue.

Kue ini juga dapat ditemui di tempat-tempat seperti di upacara pernikahan, potong rambut bayi dan lainnya.

Kue cucur ini rasanya manis dengan tekstur lembut di bagian tengahnya, serta renyah di bagian pinggirnya. Kue berbahan dasar beras dan gula merah ini dimasak dengan cara digoreng hingga berwarna coklat tua.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply