Jadi Gimana Cara Tau Tujuan Hidup

Jadi Gimana Cara Tau Tujuan Hidup

Salam #MasBro / #MbakBro

Apa cita-cita mu?

Kata #MasBro Dr. Myles Munroe …

Dunia akan sangat kaya kalo kuburan digali seperti tambang emas.

Ada …

Mimpi yang ga terpenuhi

Buku yang ga tertulis

Ide yang ga terwujud

Visi yang ga tercapai

Lagu yang ga tercipta

Buku yang ga terbaca

Cerita yang ga tersampaiin

Ayo mulai kerjain apa yang bisa kita kerjain. Apapun potensi mulai tunjukin.

Kenapa orang gagal?

Menurut kita jalan kita lurus. Padahal Tuhan yang uji hati.

Yap, kegagalan dimulai dari diri sendiri. Bukan karna keadaan ato orang lain.

Kita merasa …

Aku tau tujuan ku vs Tuhan tau tujuanku.

Nah …

Pernah ga berdoa, “Tuhan tunjukin tujuan hidupku”.

Waktu kita berdoa dan tanya sama Tuhan apa tujuan hidupku. Jawaban seperti apa yang kita harapin?

Ada beberapa jawaban

  1. Pengen yang keren;

     

  2. Pengen yang jelas dan rinci;

  3. Apapun asal buat aku tenang.

Kita kebanyakan berharap ada to do list dari Tuhan. Kita pengen ada daftar yang jelas dari garis start sampe finish.

Kita sadar keputusan ditentuin sama Tuhan.

Nah …

Kita ga sadar untuk berubah dulu baru bisa tau apa tujuan hidup.

Jangan serupa kayak dunia tapi berubah … biar bisa bedain manakah kemauan Tuhan.

Jadi tujuan ga akan pernah kasih format to do list. Tuhan bukan boss. Tuhan bukan manager. Tuhan bukan kepala proyek.

Kita akhirnya mengerti apa tujuan kita. Kalo kita udah punya kemampuan untuk itu. Saat berubah itu lah kita akhirnya punya kemampuan untuk mengerti tujuan hidup.

Dulu ada seorang pembunuh tapi ahli agama. Dia dicap pembunuh karna siapapun yang ga sesuai sama ajarannya dibunuh.

Sampe akhirnya dia tiba-tiba buta dan mendengar suara, “kenapa kau sakiti Aku”. Dia takut dan akhirnya sejak momen itu dia berubah.

Dia ga membunuh lagi justru dia sebarin berita baik sambil ngakuin kesalahannya.

Pembunuh itu ga dapat tujuan hidupnya tiba-tiba. Justru setelah dia berubah.

Karna

Tuhan lebih peduli sama perubahan kita daripada tujuan hidup.

Tuhan ga pake manusia tapi merubah manusia.

Jadi keberhasilan Tuhan bukan sama apa yang kita capai. Tapi sama perubahan hidup kita.

Itulah pola pikir yang bener.

Nah … proses dapatin tujuan hidup kita masing-masing. Cuma kita sendiri yang bisa imajinasiin.

Tau ga?

Imajinasi itu muncul darimana, ga bisa dijelasin secara sains. Itu kehebatan ciptaan Tuhan. Kita serupa dan segambar dengan Dia.

Karna itu sah lah kalo kita bilang …

Apa yang ga pernah kita liat, ga pernah kita denger, ga pernah timbul di hati … semua itu disediain Tuhan.

Itulah kenapa manusia dibilang, diciptain serupa dan segambar dengan Tuhan. Proses itu yang harus kita lakuin terus, terus, dan terus.

Jadi gimana cara tau Tujuan Hidup?

Perubahan dimulai dari berserah.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate

Sumber Tulisan

Pengalaman Penulis

unsplash.com


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply